Follow Us

Rasanya Seperti Kiamat! Ini Kronologi Gempa Turki yang Tewaskan 3.800 Orang, Fotonya Bikin Miris

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 07 Februari 2023 | 08:28
Foto miris korban gempa Turki dan Suriah yang menewaskan lebih dari 3.800 orang. Begini kronologinya.
CNN

Foto miris korban gempa Turki dan Suriah yang menewaskan lebih dari 3.800 orang. Begini kronologinya.

Fotokita.net - Seorang wartawan sekaligus produser di kantor berita CNN, Eyad Kourdi menceritakan kronologi gempa yang meluluhlantakkan Turki dan Suriah. Saat ini, korban tewas tercatat lebih dari 3.800 orang tewas dalam kejadian ini.

Gempa pertama Senin (6/2/2023) terjadi pada pukul 04.17 (01 17 GMT) di kedalaman sekitar 18 kilometer (11 mil) di dekat kota Gaziantep, Turki, kata Survei Geologi AS. Lembaga geologi Denmark mengatakan getaran mencapai pantai timur Greenland sekitar delapan menit setelah gempa utama melanda Turki.

Eyad Kourdi tinggal di Gaziantep. Dia sedang bersama orang tuanya ketika gempa melanda Senin pagi, mengatakan “rasanya tidak akan pernah berakhir.”

Saat guncangan berhenti, Kourdi dan orang tuanya berjalan keluar rumah dengan masih mengenakan piyama, katanya.

Eyad menceritakan kronologi Gempa Turki yang rasanya seperti kiamat itu. Cerita yang dibagikan melalui situs web CNN begitu menyentuh. Berikut petikannya:

Orangtua saya terbangun ketakutan, berteriak saat tanah berguncang di bawah kami. Saya berteriak pada mereka untuk berlindung. “Ini akan segera berakhir, ini akan segera berakhir,” teriakku, meski rasanya tidak akan pernah berakhir.

Saat itu tepat setelah pukul 04:15 dan saya berada di rumah orang tua saya di Gaziantep, Turki selatan. Lingkungan itu diliputi kegelapan ketika saya merasakan goncangan pertama.

Saya tidak terlalu khawatir pada awalnya. Ini hanya gempa kecil lainnya, seperti yang kami rasakan setiap beberapa bulan di sekitar sini, pikirku. Tapi kemudian gemetar semakin kuat dan kuat.

Hanya beberapa detik kemudian, menjadi sangat goyah sehingga furnitur berjatuhan dan saya bisa mendengar benda-benda pecah. Orangtuaku berteriak. “Tetap di bawah kusen pintu,” teriakku, memohon agar mereka tetap tenang.

Kekuatannya terasa seperti seseorang mencoba menjatuhkanku, aku bisa merasakan gema keras di dadaku. Saya jatuh ke tanah. Getaran terus terjadi. Itu beberapa menit sebelum akhirnya berhenti.

Baca Juga: 10 Foto Kondisi Terkini Gempa Cianjur Bikin Syok, BMKG Ungkap Alasan Gempa Hari Ini Sangat Merusak Bangunan

Upaya penyelamatan korban Gempa Turki yang masih terjebak di rumahnya.
CNN

Upaya penyelamatan korban Gempa Turki yang masih terjebak di rumahnya.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular