Follow Us

Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Foto Tampak Tak Tajam

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 29 Januari 2023 | 18:15
Kenapa foto hasil jepretan kita terlihat tidak tajam atau blur? Ternyata ini penyebabnya.
Istimewa

Kenapa foto hasil jepretan kita terlihat tidak tajam atau blur? Ternyata ini penyebabnya.

Fotokita.net - Banyak pengguna kamera yang bertanya-tanya kenapa foto hasil jepretannya tampak tak tajam. Ternyata ini alasannya.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, memotret bukan lagi pekerjaan sulit. Pakai kamera apapun, mirrorless atau HP, siapa saja bisa menghasilkan foto dalam sekejap.

Namun, di antara kemudahan itu, ternyata masih banyak yang belum tahu, apa alasan kenapa foto hasil jepretan tak tajam alias blur.

Dengan hasil foto yang tidak tajam tersebut pastinya kita akan sangat kecewa apabila foto tersebut merupakan moment penting atau berharga dalam hidupmu.

Hal ini lah yang membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai alasan kenapa gambar yang ada tidak tajam.

Dengan mengetahui penyebab foto tidak tajam, tentu kita akan dapat mengatasinya agar hal tersebut tidak terulang lagi dikemudian hari.

Pasalnya, tidak jarang para fotografer pemula yang kerap mengalami hasil foto tidak tajam namun tidak mau mencari penyebabnya sehingga hal tersebut terus berulang.

Pada kesempatan kali ini, kami mencoba untuk menjelaskan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab foto tak tajam. Berikut ulasannya secara lengkap!!

1. Shutter Speed Kurang Cepat

Hasil potret yang tak tajam berkaitan dengan shutter speed. Jika kita memegang kamera maka pastikan bahwa kita tidak menggunakan shutter speed yang lebih lambat dibandingkan 1/panjang focal.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular