Follow Us

Cara Foto Produk yang Keren, Ini Trik Mujarab Bisa Langsung Dicoba

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 28 Desember 2022 | 22:25
Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

Fotokita.net - Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Mudah saja kok.

Foto produk yang keren akan menentukan calon pembeli terhadap minat barang dijajakan. Dengan kehebatan foto produk, tanpa banyak berkata, tapi punya daya untuk mengajak yang luar biasa.

Fotografi produk atau sering disebut foto produk adalah salah satu bentuk fotografi komersial. Tujuan utamanya untuk menghadirkan tampilan produk berupa foto yang sebaik mungkin.

Foto produk diperlukan untuk memberi deskripsi produk dengan lebih jelas secara visual kepada konsumen mengenai bentuk fisik dan fungsi dari produk tersebut.

Dalam dunia digital marketing, foto produk adalah tentara garda paling depan dalam proses pemasarannya. Jika sebuah foto produk sudah menarik perhatian, secara otomatis konsumen menjadi lebih mengetahui dan mengenal produk yang kamu branding.

Fungsi Foto Produk

Sebelum kita mengupas mengenai hal teknis dalam pembuatan foto produk, yuk, pahami dulu seberapa penting sih foto produk untuk para pelaku UMKM. Berikut ini fungsi foto produk dalam sebuah brand:

1. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Foto yang diolah dengan baik dan menarik akan membuat konsumen beranggapan produk yang kamu jual memang dikelola dengan serius.

Seiring dengan itu, konsumen juga akan menilai bahwa kamu adalah produsen yang dipercaya memiliki produk berkualitas. Di saat yang sama, kamu juga menawarkan keunikan yang tidak dimiliki oleh pesaing.

Baca Juga: Cara Foto Produk yang Bagus dan Tidak Blur untuk Konten Jualan Online

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

2. Melejitkan Nilai Jual

Nilai rasa yang sampai pada benak konsumen akan berbeda ketika melihat foto yang diolah dengan baik dengan yang asal ada atau asal jadi.

Foto yang profesional membuat produk menjadi lebih elegan dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

3. Identitas yang Melekat

Pentingnya foto produk bagi UMKM atau pun bisnis yang lebih besar adalah untuk membuat identitas atau karakter yang khas dan diingat oleh konsumen.

Apapun yang terlihat secara visual di foto produk dari brand milikmu akan melekat. Akan diingat. Tentu saja harapan ke depannya menjadi daya pikat.

4. Meningkatkan Engagement

Terlebih untuk kamu yang memfokuskan kanal pemasarannya melalui platform digital, foto produk adalah “tenaga pemasaran” tanpa suara dan kata.

Terutama di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya serta Instagram, foto adalah ‘nyawa’ dari pemasaran produk.

Tampilan yang menarik dan out of the box menjadi magnet bagi konsumen dan meningkatkan engagement pada algoritma pada social media marketing. Pengguna media sosial tidak ragu untuk memberi komentar, like, atau share foto tersebut pada teman-temannya.

Baca Juga: Langkah Mudah Cara Foto Produk, Bisa Langsung Coba Sendiri di Rumah

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

5. Membantu Brand Awareness

Foto produk penting untuk menciptakan brand awareness dan membangun hubungan baik dengan pelanggan setiap saat.

Terlebih karena foto produk yang baik dapat memudahkan konsumen dalam mengenal brand milikmu beserta produk yang ditawarkan.

6. Meningkatkan Omzet

Seiring dengan naiknya kepercayaan konsumen dan brand awareness terhadap produk karena foto produkmu yang keren, biasanya akan diikuti dengan meningkatnya omzet melalui proses konversi.

Ya, foto yang menarik dan menjanjikan membuat konsumen tak ragu-ragu memasukkan produkmu ke keranjang belanjanya.

Jenis-Jenis Foto Produk

Nah, jika kamu sudah benar-benar tertarik untuk membuat foto produk dari bisnismu, kenali dulu beberapa jenis foto produk berikut ini.

1. White Background Shoot

Jenis dan teknik memotret dengan latar belakan putih atau polos ini dapat digunakan untuk beragam produk. Kelebihannya adalah memperlihatkan produk dengan detail dan fokus pada produk karena kontras dengan latar belakangnya.

Baca Juga: Begini Cara Memotret Foto yang Bagus Menggunakan Kamera HP Kita

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

2. Lifestyle Shot

Teknis pemotretan yang menggambarkan produk ketika digunakan. Misalnya produk camilan yang tersaji di ruang santai, produk tenda yang ditampilkan di area perkemahan, dan lain-lain.

3. Flat Lay Shoot

Jenis foto ini menempatkan produk pada bidang datar dan difoto dari atas dengan posisi kamera lurus. Biasanya ditambahkan properti lain yang memperkuat citra produk.

4. Scale Shoot

Foto produk jenis ini menampilkan penjelasan ukuran melalui obyek pembanding yang diatur dengan luwes. Misalnya konsumen jadi tahu skala ukuran pewarna kuku ketika difoto dengan cara sedang digenggam oleh model.

5. Detailed Shoot

Foto dengan detail ini membuat konsumen melihat produkmu dengan lebih jelas. Pemotretan dilakukan secara close-up yang menonjolkan keunggulan dari produkmu. Misalnya jahitan tepi pada produk jilbab, foto bagian dalam tas wanita, dan sebagainya.

6. Individual Shoot

Pernah lihat foto dalam katalog produk? Nah, itu merupakan jenis foto produk individual shot. Jadi sebuah foto benar-benar hanya produk tersebut.

Baca Juga: Cara Foto Produk dengan Kamera HP Agar Hasilnya Terlihat Aesthetic

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

7. Product Grouping

Sebaliknya, product grouping justru terdiri atas beberapa produk dalam satu foto. Misalnya rangkaian skincare anti jerawat yang berisikan pembersih wajah, toner, seru, dan pelembap.

8. Packaging Shoot

Jenis foto produk ini berfokus pada produk beserta kemasannya. Penting bagi konsumen untuk tahu bentuk kemasannya agar terhindar dari pemalsuan barang. Selain itu, banyak konsumen yang tertarik untuk membeli karena pengemasannya yang menarik dan aman.

9. Ghost Mannequin

Jenis foto produk ini biasanya digunakan dalam produk pakaian. Memperlihatkan produk pakaian yang sedang digunakan, namun bagian tubuh pemakai disunting dan dihilangkan melalui aplikasi edit foto.

10. Foto Fashion

Kebalikan dari ghost mannequin, jenis foto produk yang satu ini memotret produk dengan modelnya. Lokasi pemotretan bisa di dalam studio ataupun di luar studio sesuai dengan tema dan skenario dari keunggulan produk yang ingin ditonjolkan.

Ciri Foto Produk Yang Baik dan Menarik

Pertanyaannya sekarang, memangnya seperti apa, sih, foto produk yang bagus itu? Ini nih, ciri dan karakter foto produk yang baik:

Foto yang mempertimbangkan dengan cermat alat pencahayaan (lighting) yang tepat.

Baca Juga: 9 Cara Foto Landscape yang Aesthetic dengan Kamera HP, Mudah!

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

Pemilihan bahan latar belakang yang cocok dengan produk Fokus kamera yang tajam dengan kedalaman bidang yang tepat.

Sudut pengambilan gambar kamera yang menonjolkan kelebihan produk. Pengeditan yang cermat dan detail.

Cara Membuat Foto Produk

Nah, sekarang waktunya belajar langkah-langkah membuat foto produk agar menghasilkan foto seperti ciri-ciri di atas.

1. Buat moodboard

Ini adalah gambaran utama alias skenario pembuatan dan peletakkan produk dalam foto.

Menentukan ‘cerita’ yang disampaikan dalam sebuah foto produkmu. Hal ini membantu mengarahkan mengenai apa yang harus disiapkan dan dilakukan saat sesi foto.

2. Buat daftar sudut pengambilan gambar

Ya, rinci angle/sudut kamera dari arah tertentu agar menghasilkan foto yang sesuai dengan moodboard. Ini memudahkan fotografer dalam membidik produkmu saat pemotretan.

3. Waktunya mendekorasi!

Setelah memilih tempat dan waktu yang tepat. Atur props yang sudah disiapkan beserta sumber cahaya yang dibutuhkan.

Baca Juga: Gaya Keren, Ini 13 Cara Foto Sendiri yang Hits, Hasilnya Banjir Likes

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.
Istimewa

Begini cara foto produk yang keren. Inilah trik mujarab yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah. Yuk, kita coba.

4. Ambil sebanyak-banyaknya

Tak perlu ragu, ambillah foto sebanyak-banyaknya. Kita tak pernah tahu bidikan yang menghasilkan foto dengan angle dan detail sempurna ada di foto ke berapa, kan?

5. Koreksi, koreksi, koreksi!

Amati seluruh foto yang berhasil diambil, pilih yang terbaik, lalu sunting agar lebih detail dan menarik.

6. Sesuaikan

Optimalkan hasil foto yang sudah kamu edit. Misalnya dengan menyesuaikan resolusi, rasio, ukuran, dan tone warna sesuai dengan platform yang kamu pilih untuk mengunggahnya.

Tips Foto Produk Yang Menarik

Untuk bisa mendapatkan foto produk yang keren, bagaimana caranya? Nih, simak ya tips cara membuat foto produk yang memikat.

1. Kunci utama: kamera!

Semakin canggih spesifikasi kamera, makin bagus juga hasilnya. ISO tinggi, auto focus cepat, dan sensor gambar baik adalah keunggulan dari kamera DSLR. Namun kamu jangan sedih, banyak juga foto produk yang keren hasil dari bidikan ponsel pintar. Pelajari tekniknya, ya.

Baca Juga: Langkah Mudah Cara Foto Produk, Bisa Langsung Coba Sendiri di Rumah

2. Jeli memilih sumber dan sudut cahaya.

Cahaya matahari alami paling bagus. Jika tidak ada, gunakan lampu tidur atau ring light jika lokasi foto minim cahaya.

3. Pilih background yang menonjolkan produk.

Jangan sebaliknya, ya. Pilih yang polos agar fokus konsumen hanya pada produk.

4. Ambil foto dari beragam sudut.

Untuk memperoleh dimensi yang sempurna dan konsumen melihatnya dari sudut yang paling bagus. Lakukan eksperimen sampai dapat sudut yang paling tepat. rimen sampai mendapatkan sudut yang sesuai dengan produk Anda.

5. Minim modal, gunakan flat lay.

Selain memang sedang populer, teknik ini juga cocok untuk beragam produk. Mudah juga persiapannya, hanya dengan meja, cahaya, dan sedikit props.

6. Ikuti teknik yang sedang trending.

Agar citra produkmu terlihat mengikuti zaman, pilih teknik foto yang sedang populer. Misalnya dengan cermin dan menggunakan wallpaper laptop. Foto jadi estetik dan konsumen merasa lebih ‘relate’.

Baca Juga: Cara Pilih Lensa Kamera Foto Buat Liburan, Tipsnya Gampang Aja Kok!

7. Foto dengan model, mengapa tidak?

Dengan model, calon konsumen jadi dapat membayangkan seperti apa detail produk tersebut ketika dikenakan.

Terlebih jika produkmu punya desain yang tidak umum dan belum banyak yang memakainya.

8. Lakukan editing.

Proses ini sangat bermanfaat untuk memberikan efek sempurna pada foto-foto produkmu. Misalnya mencerahkannya, memberi kontras, dan lain-lain.

Namun jangan berlebihan, ya. Apalagi sampai mengubah jauh dari foto asli produknya.

Baca Juga: Cara Foto Profil WhatsApp Tak Buram, Ikuti 5 Triknya Tanpa Aplikasi

(*)

Editor : Fotokita

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular