Follow Us

Jawaban Berikanlah Contoh Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 31 Agustus 2022 | 23:58
Ini jawaban berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui kelas 4 SD tema 2.
Freepik

Ini jawaban berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui kelas 4 SD tema 2.

Fotokita.net - Berikut ini jawaban berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 2 halaman 7.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Sumber daya alam terbagi dua.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

Baca Juga: Jawaban Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung Teks Bacaan Suku Minang

Konstruksi (pembangunan perumahan). Ketika membangun rumah kita membutuhkan semen, pasir, lantai keramik, rangka besi, baja ringan dan kabel listrik. Sumber daya alam di atas adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Bila batu kapur sebagai bahan semen, bijih besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita tidak bisa lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini. Membangun rumah juga memerlukan kayu untuk pintu dan jendela.

Berbeda dengan jenis sumber daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita bisa menanam kembali pohon baru sebagai sumber kayu yang digunakan.

Pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman, mengolah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperi bibit padi dan benih ikan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest