Follow Us

Jatuh di Blora, Pilot Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle Ternyata Pemilik Gelar Mentereng, Foto Lawasnya Beredar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 19 Juli 2022 | 11:26
Pilot pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 Lettu Pnb Allan Syafitra Indra Wahyudi ernyata pemilik gelar mentereng ini. Foto lawasnya beredar.
Facebook

Pilot pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 Lettu Pnb Allan Syafitra Indra Wahyudi ernyata pemilik gelar mentereng ini. Foto lawasnya beredar.

Fotokita.net - Pilot pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 Lettu Pnb Allan Syafitra Indra Wahyudi dilaporkan meninggal dunia. Allan dikabarkan gugur dalam tugas setelah pesawat tempur yang dipilotinya jatuh di wilayah Blora, Jawa Tengah.

Sebelum ditemukan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 dilaporkan hilang kontak pukul 19.25 WIB. Sebelumnya, pesawat ini sempat terbang latihan malam selama 1 jam bersama 3 skuadron Lanud Iswahjudi.

Pilot pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 yang ditemukan meninggal dunia sudah membuat TNI AU berduka. Sebab, pilot Allan Syafitra Indra Wahyudi ternyata pemilik gelar mentereng ini. Foto lawasnya beredar di media sosial.

Pada Senin (18/7/2022) malam, warga melaporkan sebuah pesawat jatuh di area hutan yang masuk Desa Nginggil, Kradenan, Blora. Tak berapa lama kemudian, Polda Jateng membenarkan peristiwa jatuhnya pesawat tersebut, namun tidak memberikan keterangan rinci.

"Benar ada pesawat jatuh di Desa Nggil (Nginggil, red) Kecamatan Kradenan. Selanjutnya dari TNI AU yang akan memberikan statemen ya," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iqbal Alqudusy kepada wartawan, Senin malam.

Setelah itu, pihak TNI AU memberikan konfirmasi bahwa pesawat tempur T-50i Golden Eagle milik TNI AU hilang kontak saat melakukan latihan penerbangan dari Lanud Iswahjudi Madiun.

Pesawat tersebut jatuh di area kawasan hutan di Kradenan, Blora. Lokasi jatuhnya pesawat berada di area hutan yang jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga: Bukan Cuma di Blora, Pesawat Tempur TNI AU T-50i Golden Eagle Pernah Jatuh Saat Solo Aerobatik, Warga Unggah Foto Puing-puingnya

Pada Selasa (19/7/2022), puing-puing bekas pesawat masih terlihat di lokasi jatuhnya pesawat. Di lokasi kejadian terdapat dua zona yang terbatasi garis polisi.

Zona pertama yakni terbentang garis polisi dengan luasan sekitar 150 meter persegi dan hanya petugas SAR gabungan yang boleh masuk. Sedangkan zona dua yakni wilayah dengan luasan sekitar 100.000 meter persegi yang bisa dimasuki tim SAR, tim relawan dan jurnalis.

"Warga tidak boleh masuk ke zona terlingkari garis polisi. Warga hanya bisa menyaksikan dari jauh," ujar Babinkamtibmas setempat, Maskin, yang mengamankan zona dua.

Sementara itu warga di lokasi menceritakan bahwa semalam hingga pagi ini sejumlah petugas telah melakukan evakuasi korban dan memastikan puing-puing pesawat tersebut.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest