Follow Us

Innalillahi! Terowongan Mina Mati Lampu, Jamaah Indonesia Ditemukan dalam Kondisi Begini, Foto Terkininya Diunggah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 14 Juli 2022 | 13:06
Jamaah Haji Indonesia ditemukan dalam kondisi begini saat terowongan Mina mendadak mati lampu. Foto terkininya diunggah.
Facebook

Jamaah Haji Indonesia ditemukan dalam kondisi begini saat terowongan Mina mendadak mati lampu. Foto terkininya diunggah.

Fotokita.net - Terowongan Wina di Arab Saudi mendadak mengalami mengalami mati lampu. Peristiwa tak diduga itu terjadi pada Minggu (10/7/2022) pukul pukul 05.15-06.10 waktu Arab Saudi. Ketika terowongan Mina mati lampu, jamaah Indonesia ditemukan dalam kondisi begini. Foto terkininya diunggah di media sosial.

Akibat terowongan Mina mati lampu, media sosial sempat diramaikan dengan adanya video yang merekam kondisi yang terjadi pada saat itu. Netizen Tanah Air makin gaduh lantaran video itu disandingkan dengan tragedi Mina tahun 2015.

Dalam video lawas itu terlihat korban meninggal dunia akibat berjejalan, terhimpit dan kesulitan bernapas di dekat lokasi lempar jumroh di Mina. Saat terowongan Mina mati lampu tahun 2022 ini, jamaah Indonesia ditemukan dalam kondisi begini. Foto terkininya sudah diunggah di media sosial.

Insiden desak-desakan di Terowongan Mina 2015 terjadi ketika jutaan jamaah haji berjalan berarak menuju jembatan Jamarat di Mina untuk melempar jumrah sebagai rangkaian ibadah haji. Insiden yang terjadi pada 24 September 2015 ini menewaskan 769 orang dan melukai 934 orang lainnya.

"Seorang saksi yang berhasil selamat dari insiden itu mengatakan bahwa yang sebenarnya terjadi adalah keamanan Saudi menutup salah satu jalan menuju Jamarat (tempat lempar jumroh)," kata Yusuf Ibrahim Yakasai yang bekerja untuk BBC Hausa Service.

"Hal ini terjadi ketika ribuan jemaah dari berbagai negara seperti Iran, Kamerun, Ghana, dan Niger akan melempar jumroh. Maka, mereka yang baru selesai melempar batu kembali ke arah yang sama, beradu dengan jemaah yang baru akan melempar batu.

"Ada tabrakan antara dua kelompok yang bergerak ke arah berlawanan di jalan yang sama. Mereka yang terjebak di tengahlah yang paling terkena," papar Yusuf ketika itu.

Baca Juga: Ceramah Bom Bunuh Diri Diviralkan, Ustaz Abdul Somad Cerita Dipaksa Masuk Ruangan Seperti Liang Lahat, Jamaah Unggah Foto Sang Ulama Dikerumuni

Saksi lainnya, seorang dokter Inggris yang enggan disebut namanya bercerita, "Semalam, saya baru kembali dari Muzdalifa ke Jamarat bersama keluarga saya naik kereta.

Kami tiba di stasiun lebih dulu daripada yang lain dan keretanya tertunda. Akhirnya ada banyak orang berkumpul di stasiun. Ketika kereta tiba pada jam 2 pagi, terjadi kekacauan saat jemaah yang lelah berusaha naik.

"Dalam perjalanan, kereta berhenti di suatu tempat, entah di mana, selama setengah jam. Orang-orang mulai resah dan beberapa berusaha membuka gerbang darurat karena semua sesak napas karena panas dan kelelahan. Akhirnya kami sampai di Jamarat dan setelah melempar batu, kami pergi, dan mendengar beberapa jam kemudian bahwa tragedi ini terjadi.

"Saya kemudian mengetahui kenapa kereta tertunda. Yaitu karena Raja Saudi melakukan ibadah haji dan mereka tidak mau ada orang lain masuk ke Mekah. Mereka menghentikan kereta dan menutup jalan. Dan ketika dia selesai, semua orang berusaha masuk bersamaan," papar sang dokter panjang lebar.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest