Follow Us

Ditembak Selagi Pidato, Kondisi Terkini Mantan PM Jepang Shinzo Abe Bikin Warga Berduka, Foto Sosoknya Terkapar di Jalan Disebarkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 08 Juli 2022 | 12:06
Mantan PM Jepang Shinzo Abe ditembak selagi pidato. Kondisi terkini Shinzo Abe bikin warga berduka. Foto sosoknya disebarkan.
Kyodo

Mantan PM Jepang Shinzo Abe ditembak selagi pidato. Kondisi terkini Shinzo Abe bikin warga berduka. Foto sosoknya disebarkan.

Fotokita.net - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe ditembak di bagian dadanya selagi berpidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Kondisi terkini mantan PM Jepang yang bikin warga berduka. Foto sosoknya terkapar di jalan disebarkan.

Kabar mengejutkan mengenai penembakan itu disampaikan lembaga penyiaran setempat, NHK. NHK melaporkan, Abe langsung jatuh dan tak sadarkan diri. Abe telah dilarikan ke rumah sakit, menurut keterangan salah satu anggota fraksi Partai Liberal Demokrat Jepang.

Pelaku penembakan telah ditahan menurut laporan NHK. Lokasi sekitar lokasi segera diamankan. Warga diminta menghindari lokasi sekitar. Kondisi terkini mantan PM Jepang Shinzo Abe bikin warga berduka. Foto sosoknya terkapar di jalan disebarkan.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak pada hari Jumat saat berkampanye di kota Nara, kata seorang juru bicara pemerintah, dengan penyiar publik NHK mengatakan dia tampaknya telah ditembak dari belakang oleh seorang pria dengan senapan.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan dia tidak tahu kondisi Abe. Pihak berwenang telah menangkap seorang pria berusia 42 tahun yang tampaknya telah menembak Abe, lapor media.

Kantor berita Kyodo dan NHK mengatakan Abe, 67, tampak dalam keadaan serangan jantung ketika dibawa ke rumah sakit, setelah awalnya sadar dan responsif.

NHK menunjukkan video Abe membuat pidato kampanye pemilihan di luar stasiun kereta api ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan kemudian pejabat keamanan terlihat menangani seorang pria di tanah. Kepulan asap di belakang Abe terlihat dalam video terpisah yang ditayangkan di NHK.

Baca Juga: Rayakan Anniversary Pernikahan dengan Tradisi Jepang, Ternyata Suami Syahrini Dapat Warisan Berharga dari Sosok yang Jarang Tersorot Kamera Ini

Matsuno mengatakan pada briefing Abe telah ditembak sekitar pukul 11:30 waktu setempat. "Tindakan barbar seperti itu tidak bisa ditoleransi," katanya.

TBS Television melaporkan bahwa Abe telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher. Dikutip dari CNBC, NHK melaporkan departemen pemadam kebakaran setempat mengungkap Abe dalam keadaan henti jantung. Tersangka penembak kini telah ditangkap.

Kekerasan politik jarang terjadi di Jepang, negara dengan peraturan senjata yang ketat.

Editor : Fotokita

Latest