Follow Us

Jawaban Apa Manfaat yang Dirasakan Ketika Batik Semakin Dikenal

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 24 Mei 2022 | 23:51
(ilustrasi) Dalam proses pemalaman batik diperlukan alat untuk membuat motif  yang disebut dengan canting.
Pixabay

(ilustrasi) Dalam proses pemalaman batik diperlukan alat untuk membuat motif yang disebut dengan canting.

Fotokita.net - Berikut jawaban apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 4.

Secara berpasangan, tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan.Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Apa tujuan awal pembuatan batik?

Jawaban: Tujuan awal pembuatan batik adalah untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.

Jawaban: Ragam motif batik di Indonesia dibedakan berdasarkan area pembuatannya terbagi menjadi dua yaitu Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. 3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?

Baca Juga: Jawaban Contoh Pelaksanaan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara dalam Kehidupan Sehari-hari

Jawaban: Upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik ke dunia nternasional adalah melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri.4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Jawaban: Sebagai warga negara Indonesi kita merasa bangga karena seni tradisional Indonesia ini telah mendunia dan diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia. Hal tersebut janganlah membuat kita langsung berpuas diri, namun kita harus berpikir bagaimana agar batik semakin dikenal di dunia.5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.

Jawaban: Seni batik berawal dari seni tradisional yang telah menduni. Melalui berbagai pameran seni tradisional batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Kelestarian batik harus terus dikembangkan dan dipelihara.6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.

Jawaban: Mendunia berarti terkenal (meluas) ke seluruh dunia

Baca Juga: Jawaban Tuliskan Gagasan Utama Pada Setiap Paragraf Bacaan Manfaat Pemenuhan Hak Sebagai Warga Negara Indonesia

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest