Follow Us

Jawaban Contoh Pelaksanaan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara dalam Kehidupan Sehari-hari

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 28 Maret 2022 | 23:59
Beberapa akibat dari tidak melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab.
Pixabay

Beberapa akibat dari tidak melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab.

Fotokita.net - Berikut jawaban contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 6 halaman 84 - 89.

Kamis pagi tanggal 17 Agustus 2018, Udin beserta teman-temannya mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah. Kegiatan upacara diikuti oleh Bapak Ibu guru, karyawan, serta seluruh siswa. Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah bertugas sebagai pembina upacara.

Upacara tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta jiwa patriotisme pada seluruh peserta didik. Dalam upacara tersebut, Kepala Sekolah menegaskan bahwa kita sebagai warga negara harus mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan baik. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau Proklamasi Kemerdekaan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara.

Dengan mengikuti upacara tersebut, akan tumbuh rasa cinta pada negara. Selain itu kamu akan mengingat perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa para pahlawan. Sebagai manusia, kamu harus mampu menjalankan tanggung jawabmu kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? coba, diskusikan bersama satu orang temanmu. Tuliskan yang kalian ketahui mengenai tanggung jawab pada kolom berikut.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan melaksanakan kewajiban.

Baca Juga: Jawaban Membandingkan Infromasi Judul Teks Pentingnya Kerja Sama

Tanggung jawab adalah keadaan seseorang menanggung perbuatan yang dilakukan

Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest