Follow Us

Meninggal Karena Diabetes dan Kanker, Mieke Wijaya Ternyata Pernah Lakukan Ini Bareng Bung Karno, Jejak Foto Jadul Jadi Buktinya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 04 Mei 2022 | 10:04
Mieke Wijaya ibunda Nia Zulkarnaen meninggal dunia karena diabetes dan kanker. Mieke Wijaya (tengah) pernah lakukan ini bareng Bung Karno.
Facebook

Mieke Wijaya ibunda Nia Zulkarnaen meninggal dunia karena diabetes dan kanker. Mieke Wijaya (tengah) pernah lakukan ini bareng Bung Karno.

Fotokita.net - Artis lawas Mieke Wijaya meninggal dunia karena penyakit diabetes dan kanker. Ibunda Nia Zulkarnaen ini mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (3/4/2022) di rumah. Ternyata Mieke Wijaya pernah lakukan ini bareng Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Jejak foto jadul jadi buktinya.

Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) pukul 19.30 WIB, di rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Mieke wafat dalam usia 82 tahun dan meninggalkan empat anak, tujuh cucu, dan tiga cicit.

Nia Zulkarnaen, salah satu anak Mieke Wijaya, mengatakan kalau ibundanya tutup usia karena sakit. "Awalnya sakit diabetes. Pas dirawat baru diketahui ada kanker," kata Nia Zulkarnaen di rumah duka, Rabu (4/5/2022) dini hari.

Nia menambahkan, sebelum meninggal, Mieke sempat mendapat perawatan intensif di RSPAD, Senen, Jakarta Pusat. "Sebulan lah selama puasa. Cuma Rabu kemarin pulang karena mau lebaran di rumah," ucapnya.

Sebelum wafat, Mieke sempat di rawat di RS Mayapada selama 10 hari dan di RSPAD 35 hari. Menurut Nia Zulkarnaen, Mieke baru pulang dari RS Rabu (27/4/2022) karena ingin berlebaran di rumah. "Ya lebarannya jadi kumpul semua," sambungnya.

Pada hari kedua Lebaran, seluruh keluarganya kumpul. Dan, itulah pertemuan penghabisan keluarga dengan Mieke.

Setelah kembali ke rumah, Nia menyebutkan kondisi Mieke Wijaya terus menurun. Puncaknya pada malam takbiran, dimana kondisi sang mamah mulai tidak stabil. "Kemarin alhamdulillah kita bisa cium tangan mamah berlebaran," ungkapnya.

Baca Juga: Innalillahi, Foto Penyanyi Betawi Kesayangan Bung Karno Bikin Pilu, Umi Elvy Sukaesih Kirim Doa Terbaik

"Kondisi Mama memang semakin drop. Terakhir diperiksa dokter jam 7.30 malam, Mama dinyatakan sudah tiada", cerita Nia yang bersama suami, Arie Sihasale serta serta seluruh keluarga melepas almarhumah dengan ikhlas. "Saya menuntun syahadat Mama, " kisah Nia.

Mieke pertama kali dirawat di RS Mayapada dengan keluhan kondisi lemas karena dehidrasi. Setelah itu dirujuk ke RSPAD. Di RS inilah Mieke terdeteksi mengidap cancer stadium empat.

Menurut rencana Rabu siang, ba'da Dzuhur, jenazah almarhumah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Dikebumikan satu lahat dengan almarhum suaminya, Dicky Zulkarnaen. " Itu wasiat Papa kepada kami dulu," ungkap Nia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest