Follow Us

Lebaran Jatuh Pada 2 Mei, Ini 7 Link Template Video Ucapan Selamat Idul Fitri, Bisa Pakai Foto dan Nama Kita

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 01 Mei 2022 | 20:16
Pemerintah menetapkan lebaran jatuh pada 2 Mei 2022. Berikut ini 7 link download tamplate video ucapan Idul Fitri 2022.
Instagram

Pemerintah menetapkan lebaran jatuh pada 2 Mei 2022. Berikut ini 7 link download tamplate video ucapan Idul Fitri 2022.

Fotokita.net - Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah sudah ditetapkan pemerintah jatuh pada 2 Mei 2022. Keputusan ini diambil pemerintah berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag).

Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat menjadi tempat sidang isbat yang digelar pada Minggu (1/5/2022). Karena masih dalam kondisi pandemi Corona, sidang isbat dihadiri terbatas secara fisik. Sejumlah undangan mengikuti sidang isbat secara online.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat. Dalam pertemuan penting ini juga dihadiri oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal sudah terlihat. Secara mufakat tadi 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi," ujar Yaqut.

Keputusan itu diambil setelah mendengarkan paparan dari tim Tim Unifikasi Kalender Hijriah serta laporan rukyat dari seluruh Indonesia. Rukyat sendiri digunakan untuk konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan.

Sebagai informasi, penentuan awal Syawal kini mengikuti kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Baca Juga: Gempi Jadi Model di Foto Baju Lebaran, Gisel Bicara Jujur ke Anak Kesayangan Gading Marten

Guna menyambut hari kemenangan, banyak masyarakat yang saling memberi ucapan selamat Idul Fitri melalui teks dan foto.

Selain itu, ada pula yang membagikan ucapan Idul Fitri 2022 dalam bentuk video.

Ucapan Idul Fitri 2022 dalam bentuk video dinilai lebih interaktif dan estetis bagi sebagian masyarakat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest