Follow Us

Jawaban Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam Kelas 4 Tema 9

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 02 April 2022 | 23:54
Ini jawaban hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 9 halaman 75 - 77.
Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels

Ini jawaban hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 9 halaman 75 - 77.

Fotokita.net - Berikut jawaban hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 9 halaman 75 - 77.

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Misalnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air.

Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.

Baca Juga: Jawaban Contoh Perubahan Energi yang Terjadi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.

2. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest