Follow Us

Jawaban Bentuk Perjuangan Fisik dan Diplomasi dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 10 Maret 2022 | 23:59
Pertemuan tokoh perwakilan negara yang terlibat Perjanjian Linggarjati. Paling kanan, Sutan Sjahrir, wakil Indonesia yang tandatangani isi Perjanjian Linggarjati.
Wikimedia Commons

Pertemuan tokoh perwakilan negara yang terlibat Perjanjian Linggarjati. Paling kanan, Sutan Sjahrir, wakil Indonesia yang tandatangani isi Perjanjian Linggarjati.

Fotokita.net - Berikut jawaban bentuk perjuangan fisik dan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 134.

Dikutip dari jurnal Perjuangan Lasykar Rakyat dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Lampung Selatan tahun 1945, karya Dany Lapeba, dkk, disebutkan bahwa perjuangan fisik merupakan perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan senjata atau mengandalkan kekuatan militer.

Selain itu, biasanya perjuangan fisik dapat menimbulkan banyak korban yang berjatuhan.

Perjuangan para pahlawan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perjuangan fisik dan diplomasi.

Perjuangan fisik dilakukan dengan mengandalkan kontak senjata, sementara perjuangan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.

Perjuangan diplomasi adalah kebalikan dari perjuangan fisik.

Perjuangan diplomasi merupakan perjuangan yang lebih mengutamakan perundingan, menarik simpati dunia internasional, serta menghasilkan kesepakatan.

Baca Juga: Jawaban Unsur Pembeda Suku Bangsa Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 55

Perjuangan diplomasi sama sekali tidak menggunakan senjata sehingga tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan.

Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan dari perundingan satu keperundingan yang lain.

Berikut ini contoh perjuangan fisik, dikutip dari Materi Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan:

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest