Follow Us

Satu Eropa Syok! Foto Api Melalap PLTN Terbesar di Benua Biru Viral, Presiden Ukraina Merasa Dapat Angin Segar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 04 Maret 2022 | 11:33
Foto api melalap PLTN Zaporizhia, yang terbesar di Eropa bikin syok. Presiden Ukraina merasa dapat angin segar dalam perang lawan Rusia.
Facebook

Foto api melalap PLTN Zaporizhia, yang terbesar di Eropa bikin syok. Presiden Ukraina merasa dapat angin segar dalam perang lawan Rusia.

Fotokita.net - Rakyat Eropa syok usai melihat foto kebakaran besar di Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhia di Ukraina. Maklum, foto api yang melalap di PLTN terbesar di benua biru itu membuat cemas Eropa. Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy merasa dapat angin segar.

Tingkat radiasi di pembangkit nuklir Zaporizhzhia tidak meningkat, kata IAEA setelah kebakaran terjadi di sana selama penembakan Rusia. Presiden Ukraina mengatakan Rusia menghasilkan "teror nuklir."

Kedutaan Besar Ukraina di Berlin telah meminta pemerintah Jerman untuk memberikan tank dan kapal perang kepada mereka untuk menghadapi invasi Rusia.

Item tambahan dalam daftar permintaan Ukraina termasuk kendaraan tempur infanteri, sistem artileri, seperti howitzer self-propelled, sistem pertahanan udara, helikopter tempur dan pendukung, drone pengintai dan tempur serta pesawat angkut.

Permintaan resmi Ukraina kepada Kanselir, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan sebagian berbunyi, "Mengingat situasi keamanan yang sangat tegang karena agresi Rusia yang sedang berlangsung, pemerintah Ukraina berusaha agar permintaan ini diproses dan ditinjau dengan baik secepat mungkin. ."

Catatan itu menambahkan bahwa Putin memulai "perang pemusnahan" melawan Ukraina.

Berlin membalikkan kebijakan pertahanan dan Rusia selama beberapa dekade tampaknya dalam semalam setelah invasi Rusia ke Ukraina. Jerman telah menyediakan 1.000 senjata anti-tank dan 500 rudal permukaan-ke-udara Stinger setelah awalnya hanya menjanjikan 5.000 helm.

Baca Juga: Viral! Foto Prajurit Azov Ukraina Lumuri Peluru Pakai Lemak Babi, Targetnya Tentara Muslim Chechnya

"Eropa perlu bangun," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam sebuah video yang diposting ke Telegram setelah pasukan Rusia menembaki pembangkit nuklir Zaporizhzhia.

"Saya berbicara kepada semua orang Ukraina, semua orang Eropa dan semua orang yang tahu kata Chernobyl," katanya. "Puluhan ribu harus dievakuasi dan Rusia ingin mengulanginya, dan sudah mengulanginya, tetapi 6 kali lebih besar."

Dia menambahkan bahwa Ukraina memiliki 15 reaktor nuklir dan "jika ada ledakan itu adalah akhir bagi semua orang. Jangan sampai Eropa mati dalam bencana nuklir,” pungkasnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest