Follow Us

Jawaban Jelaskan Peran dan Perjuangan Penting yang Dilakukan Oleh Ahmad Soebardjo

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 17 Februari 2022 | 23:52
PPKI saat menggelar sidang pertama pada 18 Agustus 1945. Ini jawaban jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7.
via Kompas.com

PPKI saat menggelar sidang pertama pada 18 Agustus 1945. Ini jawaban jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7.

Fotokita.net - Berikut jawaban jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 116.

Ahmad Soebarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897. Beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan bersahaja.

Peran yang menonjol adalah ketika beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Beliau juga menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan itu muncul ketika akan menentukan waktu pembacaan Proklamasi.

Ahmad Soebarjo juga dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau diperintahkan oleh Ir. Soekarno untuk mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama bagian pembukaannya, yaitu “Atas berkat rahmat Allah maka rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”. Kalimat tersebut diminta untuk dijadikan kalimat pembuka naskah Proklamasi.

Pada akhirnya, disepakati kalimat pertama pada teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kalimat ini berasal dari kutipan alinea ketiga Piagam Jakarta.

1. Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo!

Baca Juga: Jawaban Bagaimana Pendapatmu Tentang Sikap Rudi dan Heri Kelas 5 SD Tema 7

Beliau berberan besar dalam Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Pada peristiwa Rengasdengklok beliau menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat.

Pada perumusan Naskah Proklamasi Akhmad Soebarjo mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama bagian pembukaannya, yaitu “Atas berkat rahmat Allah maka rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”.

2. Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebarjo!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest