Follow Us

Jawaban Jelaskan Apakah yang Dimaksud dengan Wawasan Nusantara

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 08 Februari 2022 | 23:41
Jawaban jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 tema 5
Istimewa

Jawaban jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 tema 5

Fotokita.net - Jawaban jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 tema 5

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?

3. Bagaimana caramu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi?

4. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?

Jawaban:

1. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi karena letak geografis Indonesia antara lain: (1) menambah devisa negara, (2) pusat perekonomian diantara 2 samudra dan 2 benua, (3) jalur perdagangan dunia, (4) mengembangkan pariwisata lebih lanjut dalam kancah dunia dan menjadikan beberapa tempat di wilayah Indonesia sebagai destinasi pariwista utama.

3. Untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dapat dilakukan dengan cara: (1) saling tolong menolong (2) bergotong royong dan (3) saling membantu teman yang berbeda latar belakang ekonomi.

4. Perkembangan teknologi transportasi saat ini jauh lebih maju di bandingkan dengan zaman dulu. Perkembangan pemikiran manusia modern ini memungkinkan untuk menciptakan alat alat canggih yang dapat mempermudah transportasi masyarakat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest