Follow Us

MUI Sampai Buka Suara, Foto Oki Setiana Dewi Terlanjur Digeruduk, Ternyata Begini Pesan Dakwah Kakak Ria Ricis Soal KDRT

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 03 Februari 2022 | 17:28
Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk netizen. Ternyata begini pesan dakwah kakak Ria Ricis soal KDRT yang bikin MUI ikut buka suara.
Instagram

Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk netizen. Ternyata begini pesan dakwah kakak Ria Ricis soal KDRT yang bikin MUI ikut buka suara.

Fotokita.net - Artis sekaligus Ustazah Oki Setiana Dewi sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pemicunya, kakak Ria Ricis menyampaikan pesan dakwah yang disebut menutupi KDRT (kekerasan dalam rumah tangga). Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai ikut buka suara. Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk.

Pesan dakwah yang disampaikan Ustazah Oki Setiana Dewi tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, video dakwah kakak Ria Ricis dianggap melanggengkan praktik kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam salah satu potongan isi pesannya yang kini tengah viral tersebut, Oki berbicara soal seorang istri yang baru saja dipukul suaminya. Namun, Oki mengatakan sang istri lalu tidak menceritakan tindakan suaminya itu ketika orang tuanya berkunjung ke rumah.

Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid menyayangkan dakwah Ustazah Oki Setiana Dewi yang menyinggung soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Alissa Wahid menegaskan kekerasan suami kepada istri tak pantas ditutupi.

"Saya menyayangkan pemilihan contoh itu, karena sependek yang saya tahu Mbak Oki itu kan sedang membahas tentang bagaimana sebagai perempuan kita itu jangan mudah mengumbar aib keluarga termasuk aib suami, kan begitu message-nya.

Tetapi karena pemilihan kasusnya salah itu, jadi perspektif dasarnya Mbak Oki jadi muncul bahwa KDRT, pemukulan yang dilakukan oleh laki-laki kepada istri itu aib, padahalnya yang aib itu memukulnya, bukan menceritakannya," kata Alissa Wahid kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Alissa mengatakan bahwa Islam mengajarkan agar suami memperlakukan istri dengan baik dan layak. Dia menekankan bahwa kekerasan suami terhadap istri tak pantas ditutupi.

Baca Juga: Isi Ceramah Jadi Sorotan, Foto Keluarga Oki Setiana Dewi Digeruduk, Anak Bungsunya Harus Disuntik Setiap Hari

"Laki-laki memukul perempuan itu aib, nggak boleh, dosa. Dalam Al-Qur'an itu sudah diperintahkan untuk memperlakukan istri, suami itu memperlakukan istri dengan baik, perintahnya begitu 'perlakukanlah istrimu dengan ma'ruf, dengan layak'. Jadi kalau kekerasan tidak sepantasnya kemudian itu ditutup-tutupi hanya untuk menjaga harga diri suami," tutur dia.

Mantan Sekretaris Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) PBNU itu menyebut bahwa berpura-pura tak ada kekerasan dalam rumah tangga tidak lantas membuat suami berubah. Alissa kemudian menjelaskan dari sisi psikologis.

"Yang kedua memang menyampaikan pesan bahwa berpura-pura tidak ada kekerasan itu akan membuat laki-laki jatuh sayang dan berubah itu, saya ini bicara sebagai psikolog ya, konselor perkawinan dan juga tim yang mengembangkan konsep keluarga masalah Nahdlatul Ulama dan program bina keluarga sakinah Kementerian Agama, saya bisa mengatakan dari pengalaman saya mengkonsul pasangan suami istri itu tidak ada laki-laki yang kemudian merubah menjadi berhenti memukul karena istrinya menutupi dan menerima dipukul, itu tidak," sebutnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest