Follow Us

Jawaban Ada Berapa Bentuk Koperasi yang Berkembang di Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 25 Desember 2021 | 00:00
Koperasi Unit Desa (KUD) yang merupakan jenis koperasi konsumen. jawaban ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 8.
Flickr

Koperasi Unit Desa (KUD) yang merupakan jenis koperasi konsumen. jawaban ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 8.

Fotokita.net - Berikut jawaban ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 8 halaman 79.

Selain usaha ekonomi perorangan, ada pula usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

Usaha ekonomi kelompok ini dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan.

Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut.

A. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero). BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi.

Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah. BUMD merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki pemerintah daerah. Apa sajakah tujuan pendirian BUMD? Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

Baca Juga: Jawaban Urutan Peristiwa Pada Cerita Semut dan Beruang Kelas 5 Tema 8

Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

B. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut.

1. Firma

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest