Follow Us

Jawaban Urutan Peristiwa Pada Cerita Semut dan Beruang Kelas 5 Tema 8

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 22 Desember 2021 | 23:47
Ini jawaban urutan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” yang menjadi soal dalam buku tematik Kelas 5 SD Tema 8.
Rakeshkdogra/Wikimedia Commons

Ini jawaban urutan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” yang menjadi soal dalam buku tematik Kelas 5 SD Tema 8.

Fotokita.net - Berikut jawaban urutan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” yang menjadi soal dalam buku tematik Kelas 5 SD Tema 8 halaman 13.

Agar dapat memberikan jawaban dari pertanyaan itu, siswa diberikan teks cerita yang berjudul Semut dan Beruang.

Berikut ini cerita Semut dan Beruang yang dapat dibaca siswa.

Pada suatu hari, Beri si Beruang melihat ke dalam mata air. Beri mengeluh, “Sepertinya air di mata air ini semakin sedikit saja. Pasti bangsa semut terlalu banyak mengambil air!” Beri lalu menundukkan kepala, melihat ke tanah dengan teliti. Ah, ia melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci mungil di pundak.

“Berhenti, semut!” teriaknya. “Aku tak akan membiarkanmu mengambil air di sumber airku lagi. Kamu sudah terlalu banyak mengambil air. Berhenti atau kucakar kau!” ancam Beri Beruang.

Baca Juga: Jawaban Apa Saja Keunikan Desa-desa Pada Bacaan 'Desa Unik di Bali'

Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan teriakan Beri. Ia merangkak ke bawah beberapa helai daun kering. Ia terus berjalan menuju sumber mata air. Beri mencakar dan mengendus daun-daun sambil berteriak, “Tak ada gunanya sembunyi! Aku bisa menemukanmu!”

Semut hitam berteriak dari arah belakang Beri, “Kenapa kamu pelit sekali? Bayi-bayi semut di lembah semut sangat kehausan. Air di mata air ini kan masih banyak sekali. Bahkan masih cukup untuk seribu rusa.”

“Dengar kataku!” geram Beri sambil membalik tubuhnya. “Aku tak akan memberikanmu air lagi. Semua semut dilarang mengambil air di sini lagi!”

Semut Hitam terdiam sebentar. Lalu katanya, “Apa boleh buat, kalau kau sudah memutuskan begitu! Tapi aku tetap akan mengambil air untuk bayi-bayi semut di lembah!”

Beri beruang sangat marah. Namun, Semut Hitam sudah menghilang lagi ke bawah daun-daun kering. Beri mencarinya, tetapi ia tidak melihat apa-apa di rumput. Akhirnya ia kembali dengan jengkel ke sarangnya di dekat pohon oak.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest