Follow Us

Jawaban Manfaat Ekonomi Seperti Apakah yang Diperoleh Bangsa Indonesia Karena Pengaruh Letak Geografisnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 14 Oktober 2021 | 23:54
Keutuhan wilayah Indonesia merupakan konsep dari wawasan nusantara.
pxhere

Keutuhan wilayah Indonesia merupakan konsep dari wawasan nusantara.

Fotokita.net - Berikut jawaban manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya? yang menjadi soal dalam buku tematik Kelas 5 SD Tema 5.

Berikut ini Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 4. Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem, Halaman.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 4. Pembelajaran tematik saat ini banyak diterapkan untuk siswa yang tengah belajar dari rumah di tengah pandemi saat ini.

Orangtua dapat membimbing anak belajar dengan buku tematik dan berikut kunci jawaban yang bisa menjadi bahan acuan.

Kunci jawaban ini digunakan sebagai pembanding atau pedoman bagi siswa dalam mengerjakan tugas. Bagi orangtua bisa memanfaatkan kunci jawaban ini sebagai bahan untuk mengoreksi jawaban anak.

Baca Juga: Jawaban Apa Perbedaan Antara Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan Kelas 5 SD Tema 5

Sebelum ke kunci jawaban siswa diajak untuk membaca seluruh isi materi dan memahaminya secara maksimal agar bisa menjawab semua soal dengan sendiri dengan mudah.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. Oleh karenanya, Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) mengenalkan konsep cara pandang nasional yang dikenal dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan Nusantara ini dapat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara ini mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.

Baca Juga: Jawaban Pikiran Utama Bacaan Jenis-jenis Ekosistem Kelas 5 SD Tema 5

1 2 3 4

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest