Follow Us

Jawaban Sebutkan Macam-macam Pembuluh Darah Manusia Kelas 5 SD Tema 4

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 19 September 2021 | 23:51
Berikut jawaban sebutkan macam-macam pembuluh darah manusia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD tema 4.
Christoph Burgstedt

Berikut jawaban sebutkan macam-macam pembuluh darah manusia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD tema 4.

Fotokita.net - Berikut jawaban sebutkan macam-macam pembuluh darah manusia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD tema 4.

Sebelum menjawab soal sebutkan macam-macam pembuluh darah manusia, kita terlebih dahulu membahas organ jantung.

Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Posisi jantung ini sangat aman karena jantung mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sistem peredaran darah

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung berdenyut kira-kira 72 kali per menit dalam keadaan istirahat atau kira- kira 100.000 kali per hari.

Jantung memompa darah ke dalam pembuluh darah sepanjang kira-kira 100.000 km. Bila detak jantung berhenti, maka hidup seseorang akan berhenti pula.

Apakah fungsi pembuluh darah?

Fungsi pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi membawa atau mengangkut aliran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Jawaban Tuliskan Bentuk Tanggung Jawabmu Terhadap Sekolah Kelas 5

Sebutkan macam-macam pembuluh darah manusia

Ada tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri yang berfungsi membawa darah dari jantung, kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran sebenarnya air dan bahan kimia antara darah dan jaringan, dan vena yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung.

Ada 3 macam pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Ketiganya punya ciri-ciri dan fungsi yang berbeda.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest