Follow Us

Jawaban Apakah Tulisanmu di Paragraf Keempat Telah Memenuhi Kriteria

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 26 Agustus 2021 | 23:53
Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Jawaban apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut.
Istimewa

Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Jawaban apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut.

Fotokita.net - Berikut jawaban apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut yang disebutkan dalam soal buku tematik kelas 6 SD tema 3.

Pertenyaan di atas menjadi salah satu soal yang dapat kita jumpai dalam buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 kelas 6 SD Tema 3 mengusung judul Tokoh dan Penemuan. Dalam subtema 1 berjudul Penemu yang Mengubah Dunia.

Apabila kita lihat dalam pembelajaran 3 halaman 26 terdapat pertanyaan apa saja yang mempengaruhi hak kita ketika di sekolah. Untuk dapat menjawabnya, kita bisa melihat pembahasan berikut ini.

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik.

Baca Juga: Jawaban Carilah Contoh Hak dalam Kehidupan Sehari-harimu Kelas 6 SD Tema 3

Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Dari cerita di atas, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu!

Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan! Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya.

Jawaban apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 3.
Istimewa

Jawaban apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 3.

Paragraf 1 :

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest