Follow Us

Jawaban Ide Pokok Paragraf Bacaan Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 14 Agustus 2021 | 23:59
Seekor harimau sumatera terekam melalui kamera jebak. Harimau sumatra salah satu fauna Indonesia
WWF-KLHK

Seekor harimau sumatera terekam melalui kamera jebak. Harimau sumatra salah satu fauna Indonesia

Fotokita.net - Berikut jawaban ide pokok paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD tema 1.

Dalam buku tematik kelas 5 SD tema 1, kita mempelajari beragamnya flora dan fauna Indonesia melalui bacaan teks yang diberikan.

Dari teks yang diberikan itu, kita diminta untuk menentukan ide pokok paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia.

Yuk kita simak jawaban ide pokok paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia.

Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna. Keanekaragaman hayati Indonesia bahkan termasuk tiga besar dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika.

Jumlah spesies tumbuhan di Indonesia mencapai 8 ribu spesies yang sudah teridentifikasi dan jumlah spesies hewan mencapai 2.215. Terdiri atas burung, reptil, mamalia, dan kupu-kupu.

Baca Juga: Jawaban Ceritakan Fenomena Alam Angin Muson di Indonesia Kelas 5 SD Tema 1

Banyak faktor yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, seperti iklim. Iklim memiliki peranan penting bagi persebaran flora dan fauna di setiap daerah. Dalam iklim terdapat faktor kelembaban, suhu udara, dan angin.

Kelembaban udara dan suhu udara sangat penting bagi pertumbuhan fisik tumbuhan, sedangkan angin dapat mempengaruhi proses penyerbukan pada tumbuhan.

Sebagai contoh, tumbuhan yang berada di iklim tropis akan tumbuh subur sepanjang tahun karena memiliki sinar matahari dan curah hujan yang cukup.

Jika tumbuhan dapat hidup dengan baik di suatu daerah maka akan memancing hewan-hewan untuk datang, karena tumbuhan merupakan bahan makanan yang penting bagi sebagian besar hewan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest