Follow Us

Buang Obat Nyamuk Sekarang, Basmi Nyamuk di Kamar Tidur Ternyata Cukup dengan Serai, Ini Caranya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 22 Juni 2021 | 09:49
Ilustrasi nyamuk penyebar penyakit DBD. Membasmi nyamuk di kamar tidur ternyata cukup dengan serai.
Istimewa

Ilustrasi nyamuk penyebar penyakit DBD. Membasmi nyamuk di kamar tidur ternyata cukup dengan serai.

Fotokita.net - Nyamuk sudah lama menjadi momok banyak orang. Bukan hanya menganggu kenyamanan, nyamuk juga membawa penyakit menular, seperti demam berdarah dan malaria.

Nyamuk selalu datang nyaris sepanjang waktu membuat repot seisi rumah. Karena tak mau repot, banyak orang menggunakan obat nyamuk untuk membasmi nyamuk dari rumah, terutama di kamar tidur.

Namun, langkah tersebut amat berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah. Lantas, bagaimana membasmi nyamuk di kamar tidur dengan cara yang alami dan ramah bagi kesehatan kita?

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Semut di Dapur Kita, Ternyata Bisa Segampang Ini

Secara alami, nyamuk mendekati manusia karena tertarik pada kelembapan dan kehangatan tubuh manusia. Gigitannya tidak hanya membuat kulit terasa gatal, tetapi juga dapat menimbulkan penyakit.

Namun, nyamuk sebenarnya bukan menggigit, melainkan mengisap darah manusia. Saat mengisap darah inilah virus dan parasit yang ada pada nyamuk masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan penyakit.

Obat nyamuk semprot, bakar, dan elektrik memang banyak dipakai karena praktis dan efektif. Meski bisa membasmi nyamuk, obat nyamuk juga memiliki efek samping bagi kesehatan karena kandungan zat yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Malas Bersihkan 9 Perabotan Dapur Ini Setiap Selesai Masak, Nyawa Penghuni Rumah Jadi Taruhannya

Contohnya, obat nyamuk semprot.

Obat nyamuk semprot umumnya dikemas dalam botol aluminium aerosol. Penggunaannya dilakukan dengan cara disemprotkan ke udara.

Jika terhirup atau tertelan, bahaya obat nyamuk semprot yang mengandung piretrin dapat menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, muntah, hingga kehilangan kesadaran.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest