Follow Us

Terus-terusan Ngamuk Soal Hitung Suara Pilpres AS, 3 Stasiun TV Ini Mendadak Stop Siaran Langsung Pidato Donald Trump

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 06 November 2020 | 18:29
Donald Trump saat bersama Kim Jong Un
Reuters/A Wallace

Donald Trump saat bersama Kim Jong Un

Fotokita.net - Terus-terusan ngamuk soal hitung suara Pilpres AS, 3 stasiun TV ini mendadak stop siaran langsung pidato Donald Trump.

Petahana Donald Trump, Kamis (5/11/2020), melalui cuitan yang tidak terbukti menuduh adanya penipuan dalam penghitungan suara.

Sementara sejumlah pendukung kampanyenya menyebar ke negara-negara bagian utama untuk mengajukan perkara hukum yang menantang integritas proses tersebut.

Baca Juga: Dipastikan Jadi Pemenang Pilpres AS 2020, Ternyata Joe Biden Berusaha Kubur Tragedi Keluarganya, Ini Rekam Jejak Mantan Wakil Barack Obama

Presiden membayangi mantan wakil presiden Joe Biden dalam pemungutan suara populer di seluruh Amerika serta perolehan perwakilan suara dalam Electoral College, yang kemudian menentukan pemenang pemilu.

Dalam rangkaian cuitan ketika peluang kemenangan semakin tipis, Presiden AS yang berada di Gedung Putih pada siang hari, tanpa dasar menyatakan bahwa setiap suara yang masuk setelah hari pemilu 3 November “TIDAK AKAN DIHITUNG.”

Baca Juga: 3 Negara Bagian Ini Jadi Penentu Kemenangan, Indonesia Bakal Kena Getahnya Jika Donald Trump Kalah: Pak Harto Jatuh, Presidennya Partai Demokrat

Twitter kemudian menandai pernyataan itu dengan catatan: "Beberapa atau semua konten yang dibagikan dalam cuitan ini disengketakan dan mungkin menyesatkan terkait pemilu atau proses sipil lainnya."

Di akun @realDonaldTrump miliknya, presiden AS itu juga menyatakan bahwa semua "negara bagian yang diklaim Biden baru-baru ini akan ditantang di pengadilan" atas dugaan penipuan surat suara dan penipuan pemilu di negara bagian.

Baca Juga: Lawan Beratnya Disebut Bakal Kuasai Gedung Putih, Donald Trump Punya Senjata Pamungkas, Ogah Akui Kemenangan Joe Biden?

Dalam cuitan itu Trump menegaskan adanya "banyak bukti" mengenai hal itu "ditemukan di media."

Sebelumnya Trump menuntut di Twitter diakhirinya penghitungan suara, yang dikendalikan oleh masing-masing negara bagian, bukan pemerintah federal. Beberapa negara bagian memiliki undang-undang yang mengizinkan penghitungan surat suara yang datang terlambat jika diberi cap pos pada Hari Pemilu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest