Follow Us

Surat Nikah dan Cerai Bung Karno Dijual Rp 25 Miliar, Ternyata 3 Sosok Penting Ini Jadi Saksi Perpisahan Sang Proklamator dengan Inggit Garnasih

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 24 September 2020 | 17:33
Inggit Garnasih dan Soekarno
Bangka Pos

Inggit Garnasih dan Soekarno

Fotokita.net - Surat nikah dan cerai Bung Karno dijual Rp 25 miliar, ternyata 3 sosok penting ini jadi saksi perpisahan sang proklamator dengan Inggit Garnasih.

Direktur Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Agus Santoso meminta pihak yang memiliki surat nikah dan cerai milik proklamator Soekarno dengan Inggit Garnasih agar tidak menjualnya.

Agus menyarankan agar surat tersebut diserahkan kepada ANRI untuk diarsipkan.

"Kalau melihat dari konteks dijual itu sangat disayangkan, karena itu kan arsip berharga yang harus disimpan dan diserahkan kepada lembaga ANRI," ucap Agus kepada Tribunnews.com, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Resmi Ceraikan Galih Ginanjar, Barbie Kumalasari Berani Pamer Kekasih Baru, Ternyata Bukan Sosok Sembarangan

Agus mengakui bahwa dokumen milik pribadi tidak serta merta dapat dimiliki oleh negara melalui ANRI. Dibutuhkan kesukarelaan dari pemiliknya.

Meski begitu, ANRI bakal mengirimkan tim untuk berbicara langsung dengan pemilik dokumen tersebut agar tidak dijual.

"Kami mencoba untuk melakukan yang terbaik. Mengunjungi dengan pihak-pihak yang bersangkutan untuk melihat langsung dan menyarankan untuk tidak dijual," tutur Agus.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 10 Belum Dibuka, Tapi Mau Dapat Uang Rp 50 Ribu Nggak Pake Ribet? Cepetan Klik https://dashboard.prakerja.go.id

Jika bersedia memberikan dokumen itu, pemilik dokumen tersebut akan diberikan hasil pemindaian. Sementara surat cerai dan nikah Soekarno-Inggit tersebut akan disimpan oleh ANRI.

"Mereka mungkin bisa memiliki hasil scan kami. Jadi kami memelihara dengan baik, mereka punya hasil scan juga bisa disimpan mereka," kata Agus.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest