Follow Us

Terungkap, Sumber Dentuman di Jakarta Bikin Penasaran Warga, Ternyata Berasal dari Tempat yang Tak Disangka-sangka

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 22 September 2020 | 09:29
Suara dentuman kembali terdengar di sejumlah wilayah Jakarta.
Ancient SKY

Suara dentuman kembali terdengar di sejumlah wilayah Jakarta.

Fotokita.net - Sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta pada Senin (21/9/2020) pagi kemarin dan Minggu malam lalu akhir terjawab.

Sebelumnya, dentuman itu dianggap misterius karena tidak diketahui sumbernya dari mana.

BMKG sempat menduga bawah dentuman itu mungkin terkait fenomena petir di Gunung Salak, Jawa Barat.

Baca Juga: Bikin Heboh Warga Karena Dikira Petir, Dentuman di Jakarta Terkait Gempa? BMKG Ungkap Fakta Sebenarnya

Ketua Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil monitoring pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas gempa ketika warga melaporkan adanya peristiwa tersebut semalam.

"Saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," ujar Daryono.

Baca Juga: Bikin Geger Warga Jakarta, Dentuman Misterius Terdengar 2 Kali Hingga Sebabkan Getaran, Ahli Beberkan Fakta Sebenarnya

Namun, hasil monitoring petir yang dilakukan BMKG didapati adanya aktivitas di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00 - 21.00 WIB saat sejumlah warga mengaku mendengar suara dentuman.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ujar dia.

Daryono mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi lebih jauh mengenai sumber suara dentuman yang terdengar di Ibu Kota.

Baca Juga: Warga Jakarta Kembali Dengar Dentuman Misterius Pagi Ini, Mbah Mijan Malah Terawang Ada Tragedi Besar, Reaksi Keras Netizen Jadi Sorotan

Menurut dia, BMKG hanya mengacu pada data hasil pemantauan dari sejumlah alat deteksi yang digunakan dan mencatatkan adanya aktivitas petir saat peristiwa tersebut terjadi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest