Follow Us

Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 47 48 49 50 52, Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 14 September 2020 | 22:50
Burung cendrawasih.
Serhanoksay/Wikimedia Commons

Burung cendrawasih.

Fotokita.net - Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 47 48 49 50 52, Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Simak deretan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 47 48 49 50 52.

Kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 47 48 49 50 52 ini bagian dari pertanyaan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Pembelajaran 1 Subtema 2.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29-35, Pemanfaatan Energi Listrik

Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 ini berjudul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Subtema 2 dalam buku ini mengusung judul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.

Berikut kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 SD halaman 47 48 49 50 52 Subtema 2 Pembelajaran 1 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa SD Kelas 4 Tema 3 serta beberapa sumber:

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 47, 48, 49, dan 50

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 6 Halaman 91-95

Ayo Mengamati

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!

Jawaban:

  1. Di mana kita bisa bertemu dengan burung Cendrawasih?
  2. Dari mana asal burung Cendrawasih?
  3. Kenapa burung Cendrawasih disebut hewan langka?
  4. Apa makanan burung Cendrawasih?
Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab.

Diskusikanlah jawabannya. Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.

(Peserta didik membaca bacaan pada halaman 48)

Jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15

Burung cendrawasih Vogelkop mempersiapkan untuk memulai tarian kawinnya.
National Geogrphic

Burung cendrawasih Vogelkop mempersiapkan untuk memulai tarian kawinnya.

Jawaban:

Burung cenderawasih yang memiliki warna bulu indah menjadi maskot Papua.

Keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29-35, Pemanfaatan Energi Listrik

Jawaban:

Perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?

Jawaban:

Tidak merusak habitat dan tidak memburu.

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!

Burung cendrawasih kerah
YouTube/Cornell Lab of Ornithology

Burung cendrawasih kerah

Jawaban:

Perilaku manusia yang buruk menjadi faktor langkanya burung cenderawasih.

Harga bulunya yang mahal, membuat manusia-manusia tidak bertanggung jawab memburu burung cenderawasih untuk dijual.

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?

Jawaban:

Perilaku tersebut tidak boleh dicontoh.

Sesama makhluk hidup, manusia seharusnya melindungi keberadaan burung Cenderawasih.

Bukan malah memburunya untuk dijual.

Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 5 Halaman 83-89

Jawaban:

Keberagaman satwa indonesia akan berkurang.

Generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih melalui gambar atau foto.

Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?

Jawaban:

Semua manusia harus memiliki kesaradan bahwa keberadaan burung cendrawasih sudah langka.

Memberi hukuman maksimal kepada pelaku pemburu burung Cenderawasih.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu lalu buatlah daftar pertanyaan.

Daftarmu harus memuat:

Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).

Manfaat hewan tersebut.

Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan tersebut sebagai sumber daya alam.

Ciri-ciri hewan atau bagian hewan tersebut.

Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 52

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara lain.

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?

Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Ilustrasi kupu-kupu.
kompas.com

Ilustrasi kupu-kupu.

1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?

Jawaban:

Kelestarian tanaman akan terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

  1. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?
Jawaban:

Tidak menangkap kupu-kupu hanya untuk hiasan.

  1. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!
Jawaban:

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Ilustrasi kupu-kupu besar
Pixabay

Ilustrasi kupu-kupu besar

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 2-6

Sumber Buku: Anggari, Angi St dkk. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St dkk. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest