Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 5 Halaman 83-89

Rabu, 26 Agustus 2020 | 05:20
Zika Zakiya

Pengangkutan batu bara di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Meski terbatas, batu bara masih menjadi

Fotokita.net - Inilahkunci jawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5.

Buku Tematik Terpadu kelas 4 Tema 2 ini mempelajari materi Selalu Berhemat Energi.

Sementara Subtema 2 berkaitan tentang Manfaat Energi.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Halaman 59-67 Subtema 2 Pembelajaran 2, Manfaat Energi

Dalam artikel ini terdapat kunci jawaban Buku Tematik kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88, dan 89 untuk Pembelajaran 5.

Pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88, dan 89:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Halaman 42-48 Subtema 1, Sumber Energi

Nur Nindyo/National Geographic Indonesia

Proses penambangan batu bara di wilayah Kalimantan Timur. Indonesia memiliki cadangan terbukti batu bara yang bisa diproduksi sampai tahun 2100 alias tinggal 80 tahunan lagi.

Kunci jawaban halaman 83-84

Ayo, kita ketahui lebih lanjut satu lagi sumber daya alam Indonesia, yaitu batu bara. Apa saja manfaat batu bara

Ayo Mengamati

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari batu bara?

Perhatikan gambar.

Buatlah pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara pada gambar di atas dan tuliskan pada kolom berikut.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD/MI Halaman 51-57 Subtema 2 Pembelajaran 1, Sumber Energi

Jawab:

- Apa manfaat batu bara?

- Berasal dari apakah batu bara itu?

- Berapa harga batu bara?

- Bagaimana cara menambang batu bara?

- Di daerah manakah di Indonesia banyak ditemukan batu bara?

Tukarkan pertanyaan dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama.

Nur Nindyo/National Geographic Indonesia

Proses penambangan batu bara di wilayah Kalimantan Timur. Indonesia memiliki cadangan terbukti batu bara yang bisa diproduksi sampai tahun 2100 alias tinggal 80 tahunan lagi.

Kunci jawabanhalaman 85-86

Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri.

Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Batu bara adalah bahan bakar fosil yang termasuk kategori batuan sedimen.

Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya.

Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Berdasarkan hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 1, 2, dan 3, BENAR atau SALAH.

  1. Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh.
Jawab:

Salah.

Alasan, karena proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya.

  1. Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
Jawab:

Benar.

Alasan, batu bara selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri.

  1. Kita harus menghemat penggunaan batu bara.
Jawab:

Benar.

Alasan, batu bara merupakan sumber daya alam yang terbatas karena waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya lama

Ayo Berdiskusi

Ibu Aminah, Ibu Melani, dan Ibu Ratna memasak menggunakan briket batu bara. Ibu Aminah menggunakan 3/4 kg briket batu bara setiap hari.

Ibu Melani menggunakan 1/2 kg dan Ibu Ratna menggunakan 2/3 kg.

Siapa yang menggunakan briket batu bara paling banyak?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Jawab:

Ibu Aminah

Siapa yang menggunakan briket batu bara paling sedikit?

Jawab:

Ibu Melani

Urutkan penggunakan briket batu bara tersebut dari yang terbesar hingga terkecil. Jelaskan alasanmu.

Jawab:

Ibu Melani, Ibu Ratna, dan Ibu Aminah

Untuk mengurutkan pecahan harus disamakan dulu pembilangnya. Atau penyebutnya dengan bilangan 12.

Sehingga menjadi:

= 3/4, 1/2, 2/3

= 9/12, 6/12, 8/12

= 6/12, 8/12, 9/12

Jadi: 1/2, 2/3, 3/4

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

Kamu baru saja berlatih mengurutkan pecahan.

Jika kamu memahami dengan baik cara membandingkan pecahan, maka kamu juga sekaligus akan dapat mengurutkannya.

  1. Mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama.
Urutkan pecahan 1/4, 2/4, 3/4

Arsirlah daerah yang menunjukkan pecahan berikut.

Berdasarkan gambar yang diarsir, coba urutkan pecahan dari kecil ke besar?

Jawab:

1/4, 2/4, 3/4

Kunci jawabanhalaman 87

  1. Mengurutkan pecahan dengan penyebut berbeda.
Urutkan pecahan 3/4, 2/3, 1/2

Cara 1: Menyamakan penyebut

Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan-pecahan tersebut.

Pecahan tersebut mempunyai penyebut yang sama.

Apakah pecahan-pecahan tersebut bisa dijadikan pecahan yang penyebutnya sama?

Bagaimana urutan pecahan dari terkecil sampai terbesar ....

Jawab:

= 3/4, 2/3, 1/2

= 9/12, 8/12, 6/12

= 6/12, 8/12, 9/12

Jadi: 1/2, 2/3, 3/4

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

Kunci jawaban halaman 88-89

Cara 2: menggunakan pendekatan

Berdasarkan gambar yang kamu arsir, urutkan pecahan yang paling kecil ke besar.

Jawab:

1/2, 2/3, 3/4

Cara mana yang menurutmu paling mudah? Jelaskan.

Jawab:

Cara pertama, karena tidak perlu menggambar lingkaran.

Apakah kamu menemukan cara lain?

Jawab:

Tidak

Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar.

  1. 1/8, 1/2, 1/4
Jawab:

1/8, 1/4, 1/2

  1. 5/8, 5/6, 5/7
Jawab:

5/8, 5/7, 5/6

  1. 2/4, 1/4, 3/4
Jawab:

1/4, 2/4, 3/4

  1. 5/6, 1/6, 3/6
Jawab:

1/6, 3/6, 5/6

  1. 2/3, 2/2, 2/4
Jawab:

2/4, 2/3, 2/2

  1. 1/5, 2/5, 0/5
Jawab:

0/5, 1/5, 2/5

Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar ke yang tekecil.

  1. 1/8, 5/8, 2/8
Jawab:

5/8, 2/8, 1/8

  1. 2/3, 5/3, 1/3
Jawab:

5/3, 2/3, 1/3

  1. 2/4, 1/4, 3/4
Jawab:

3/4, 2/4, 1/4

  1. 5/6, 1/6, 3/6
Jawab:

5/6, 3/6, 1/6

  1. 2/3, 2/2, 2/4
Jawab:

2/2, 2/3, 2/4

  1. 1/5, 2/5, 0/5
Jawab:

2/5, 1/5, 0/5

Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar.

  1. 3 2/5, 4 3/6, 4 2/3
Jawab:

=17/5, 27/6, 14/3

= 102/30, 135/30, 140/30

= 3 2/5, 4 3/6, 4 2/3

  1. 4 2/5, 4 5/6, 5 2/3
Jawab:

=22/5, 29/6, 17/3

= 132/30, 174/30, 170/30

= 4 2/5, 5 2/3, 4 5/6

  1. 3 3/5, 4 5/6, 5 2/3
Jawab:

=18/5, 29/6, 17/3

= 108/30, 145/30, 170/30

= 3 3/5, 4 5/6, 5 2/3

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Ayo Renungkan

- Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

- Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?

- Bagaimana perasaanmu selama belajar?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 4 Halaman 75-84

Ceritakan kepada orang tuamu tentang pemanfaatan batu bara dalam kehidupan sehari-hari. Minta orang tuamu memberikan komentar tentang ceritamu secara tertulis.

*) Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma