Follow Us

Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 40-44

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 03 September 2020 | 22:45
Inilah berbagai makanan sehat yang tepat dikonsumsi di masa new normal di tengah pandemi.
Freepik

Inilah berbagai makanan sehat yang tepat dikonsumsi di masa new normal di tengah pandemi.

Fotokita.net - Inilah kunci jawaban Buku Tematik untuk Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Makanan Sehat.

Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 edisi revisi 2017 memiliki judul Makanan Sehat.

Kemudian, Subtema 1 buku ini berjudul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Subtema 2 Halaman 63-71 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 6 yakni halaman 40-44.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 5 SD halaman 40-44 Buku Siswa Tematik Subtema 1: Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57-62

Contoh makanan sehat dan tidak sehat.
Freepik/pvproductions

Contoh makanan sehat dan tidak sehat.

Halaman 41

Diskuskan dengan kelompokmu tentang:

  1. Hal-hal positif yang bisa diperoleh dari kerja kelompok.
Jawaban:

- Dapat mengembangkan keterampilan secara bersama-sama.

- Pekerjan menjadi lebih mudah dan cepat selesai

- Bisa saling bertukar pendapat/ide.

- Melatih kekompakan satu dengan yang lainnya.

  1. Tantangan yang muncul saat kerja kelompok.
Jawaban:

Adanya perbedaan dalam berpendapat.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

 Bung Hatta (berdiri) ketika menjelaskan pendapatnya tentang saat-saat menjelang Proklamasi Kemerdekaan.
via Kompas.com (Kompas/JB Suratno)

Bung Hatta (berdiri) ketika menjelaskan pendapatnya tentang saat-saat menjelang Proklamasi Kemerdekaan.

Halaman 43

Identifikasikan alat-alat musik pada gambar. Apakah nama alat-alat musik tersebut dan dari mana asal

Jawaban:

Gambar A: Kecapi asal Jawa Barat

Gambar B: Sasando asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Gambar C: Kolintang asal Minahasa, Sulawesi Utara

Gambar D: Angklung asal Jawa Barat

Apakah perbedaan alat musik A dan B?

Halaman 43 buku tematik tema 3 kelas 5
Buku Tematik

Halaman 43 buku tematik tema 3 kelas 5

Jawaban:

- Daerah asal: Kecapi berasal dari suku Sunda (Provinsi Jawa Barat dan Banten), sementara Sasando berasal dari Pulau Rote di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

- Jumlah senar atau dawai

Kecapi memiliki dawai sejumlah 15 dawai pada jenis Kecapi Rincik, dan 18 atau 20 dawai untuk jenis Kecapi Indung. Jumlah dawai pada sasando berbeda sesuai jenisnya.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1-12 Buku Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Ibu-ibu dari sanggar Kolintang Sekar Gita.
Grid.ID/Siti Sarah Nurhayati

Ibu-ibu dari sanggar Kolintang Sekar Gita.

Jenis-jenis sasando tersebut adalah: Sasando Engkel (28 dawai), Sasando Dobel (56 dawai, 84 dawai). Sasando Gong atau Sasando Haik (7 dawai, 11 dawai), dan Sasando biola (30 dawai, 32 dawai, 36 dawai)

- Bahan tabung resonansi

Kecapi memiliki tabung resonansi di bagian bawah dawai yang terbuat dari kayu, terutama kayu sentul. Sementara sasando memiliki tabung bambu tempat memasang dawai sasando dan pelengkap resonansi yang terbuat dari daun lontar.

Daun lontar ini disusun berbentuk setengah bola di belakang dawai, dan dapat dilipat ketika sasando hendak disimpan.

Aalt musik sasando dari Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.
Sylvana Toemon

Aalt musik sasando dari Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

- Cara memetik

Kecapi dimainkan dengan meletakkan kecapi di meja atau lantai. Kemudian pemain kecapi akan memetik dawi keciapi dengan jari.

Sebalikanya sasando dimainkan dengan dipegang atau diberdirikan. Pemain sasando akan memangku sasando sambil memegang sasando dihadapannya kemudian memetik dengan jarinya.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 123-129

Apakah perbedaan alat musik C dan D?

Jawab:

- Daerah asal: Kolintang berasal dari Sulawesi Utara, sedangkang angklung dari Jawa Barat.

- Bahan pembuat: Kolintang terbuat dari kayu, sedangkan angklung terbuat dari bambu.

- Cara memainkan: Kolintang dimainkan dengan cara dipukul, sedangkan angklung dimainkan dengan cara digoyangkan.

- Bahan tabung resonansi. Kolintang memiliki tabung resonansi di bagian bawah terbuat dari kayu sedangkang angklung berupa bambu.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

Halaman 44

Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda.

Menurutmu, sikap apa yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada?

Jawaban:

Sikap yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan adalah sikap toleransi dan saling menghormati.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Halaman 109-115

Selain itu, tidak menjadikan perbedaan itu sebagai penghalang untuk mencapai suatu keputusan.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Yurika)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest