Follow Us

Foto Sampah Plastik Kejutkan Tim Ekspedisi Palung Mariana, Jadilah Bagian dari Solusi Limbah Kita Sehari-hari, Daftar Yuk!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 18 Agustus 2020 | 16:10
Manta ray (pari hantu) dan penyu hijau makan di antara kantong plastik , botol susu, dan sampah lain
Christantiowati

Manta ray (pari hantu) dan penyu hijau makan di antara kantong plastik , botol susu, dan sampah lain

Fotokita.net - Foto-foto bagian terdalam dari planet ini telah memukau mata kita. Sejumlah ilmuwan dan penyelam telah berhasil mendokumentasikan bagian terdalam Bumi, yaitu Palung Mariana.

Bagian ini dikenal sebagai perairan terdalam di dunia, di mana membentang sepanjang 2550 km dengan lebar 63 meter dengan kedalaman hingga 11 km.

Palung Mariana adalah jurang yang terletak di dasar laut timur Pulau Mariana barat Samudera Pasifik dekat dengan Pulau Guam.

Selama ini banyak misteri yang tersembunyi di dalam palung terdalam du dunia ini.

Banyak orang penasaran apa yang ada di dalamnya, banyak juga yang mengkaitkannya dengan monster laut.

Baca Juga: Survei Sebut 92 Persen Siswa Alami Masalah Saat Belajar Online, Menteri Nadiem Makarim Ambil Tindakan yang Bikin Guru dan Orangtua Murid Lega

Kemudian, konon katanya ada zona misterius yang minim ekplorasi.

Jacques Piccard, seorang ahli kelautan Swiss, dan Don Walsh, seorang Letnan Angkatan Laut AS, adalah orang pertama yang menjelajahi Palung Mariana pada tahun 1960.

Kemudian pada tahun 2012, sutradara film dan penjelajah National Geographic James Cameron terjun 35.787 kaki ke kedalaman Challenger Deep.

Baca Juga: Ada yang Coba Ambil Untung Besar, Uang Baru 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia Dihargai Rp 8 Juta, Begini Penjelasan Bank Indonesia

Pada 2019 lalu ada seorang pria bernama Victor Vescovo pensiunan perwira angkatan laut dan investor ekuitas swasta melakukan ekpedisi ke Palung Mariana.

Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk melakukan misi pemetaan sonar yang mendalam di lima wilayah terdalam samudera kita.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest