Follow Us

Ada yang Coba Ambil Untung Besar, Uang Baru 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia Dihargai Rp 8 Juta, Begini Penjelasan Bank Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 18 Agustus 2020 | 17:25
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyambut baik peluncuran uang pecahan baru Rp75 ribu.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyambut baik peluncuran uang pecahan baru Rp75 ribu.

Fotokita.net - Warga negara Indonesia dapat menukarkan uang Rupiah senilai Rp 75.000 secara tunai dengan satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp 75.000.

Lokasi penukaran tidak hanya dilakukan di Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri.

Bank Indonesia telah menunjuk lima bank umum yakni Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

Baca Juga: Naskah Ditulis Soekarno, Tapi Tan Malaka Menolak Bacakan Teks Proklamasi Gegara Alasan Kontroversial Ini

Dikutip dari Siaran Pers Bank Indonesia, alasan BI memilih kelima bank ini dikarenakan kelimanya memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jangkauan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata.

Penukaran di kelima Bank Umum tersebut dapat dilakukan mulai 2 Oktober 2020 sampai dengan seluruh lembar uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ditukarkan oleh masyarakat.

Sementara penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten dimulai hari ini, Selasa (18/8/2020) hingga Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Kabar Gembira Buat Kita yang Ingin Tukarkan Uang Baru Rp 75 Ribu, BI Tunjuk 5 Bank Umum Ini untuk Layani Penukaran Uang, Begini Caranya

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, uang peringatan kemerdekaan RI ini merupakan persembahan kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia.

Perry Warjiyo mengatakan, peluncuran tahun ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya penerbitan peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970, Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995.

Perry Warjiyo juga mengatakan, Uang Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia akan dikeluarkan setiap 25 tahun sekali.

Editor : Fotokita

Latest