Follow Us

Sekjen MUI Jelaskan Perkara Dukhan yang Terkait Tanda Kiamat dalam Hadis, Sementara Ustaz Abdul Somad Bilang Begini: Kita Bersiap-siap, Perlu...

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 07 Mei 2020 | 20:10
Viral! 8 Mei 2020 Diramalkan Bakal Muncul Dajjal dalam Fenomena Dukhan, Ustaz Abdul Somad Hanya Bisa Beri Pesan Sederhana Ini: Kita Cuma Bisa Bersiap-siap...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal via KOMPAS.com

Viral! 8 Mei 2020 Diramalkan Bakal Muncul Dajjal dalam Fenomena Dukhan, Ustaz Abdul Somad Hanya Bisa Beri Pesan Sederhana Ini: Kita Cuma Bisa Bersiap-siap...

Fotokita.net - Kabar adanya peristiwa di hari ke-15 Bulan Ramadan, yakni 'Dukhan Akhir Zaman' bermula dari video yang tersebar di media sosial.

Bahkan ada salah satu akun YouTube Sahabat Aswaja mengunggah video berisi hadist yang membahas soal terjadinya (Dukhan) di hari Jumat Ramadhan malam ke-15 tersebut.

Di tengah ramainya perbincangan mengenai peristiwa Dukhan Akhir Zaman pada 8 Mei 2020 oleh warganet, rupanya kita masih mendapatkan kabar baik untuk dapat menikmati peristiwa langka di angkasa.

Saat ini, memang sedang ramai diperbincangkan mengenai isu peristiwa dukhan di tengah wabah virus corona (Covid-19)

Pembahasan Dukhan Akhir Zaman juga sempat trending di Google pada Senin (4/5/2020). Lantas sebenarnya peristiwa apa yang akan terjadi?

Baca Juga: Berita Viral di Korea yang Bisa Bikin Netizen Ngenes, Detik-detik Jenazah Pelaut Indonesia Dilempar Ke Laut Gara-gara Kerja Tanpa Batas di Kapal China

Berikut isi hadistnya:

عن ابن مسعود قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إذا كان صيحة في رمضان، فإنه يكون معمعة في شوال، وتميز القبائل في ذي القعدة، وتسفك الدماء في ذي الحجة والمحرم، وما المحرم؟ يقولها ثلاث مرات، هيهات هيهات يقتل الناس فيه هرجاً هرجاً، قلنا: وما الصيحة يا رسول الله؟ قال: هذه في النصف من رمضان ليلة الجمعة فتكون هذه توقظ النائم، وتقعد القائم، وتخرج العواتق من خدورهن في ليلة الجمعة، في سنة كثيرة الزلازل والبرد، فإذا وافق شهر رمضان في تلك السنة ليلة الجمعة، فإذا صليتم الفجر من يوم الجمعة في النصف من رمضان فادخلوا بيوتكم، وأغلقوا أبوابكم وسدوا كواكم ودثروا أنفسكم، وسدوا آذانكم، فإذا أحسستم بالصيحة فخروا لله سجداً، وقولوا: سبحان القدوس، سبحان القدوس، ربنا القدوس، فإنه من فعل ذلك نجا ومن لم يفعل هلك)

“Dari Ibnu Mas’ud berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila terdapat suara yang dahsyat di bulan Ramadan, maka akan terjadi huru-hara di bulan Syawal. Akan banyak golongan manusia yang saling memisahkan diri di bulan Dzulqa’dah. Akan terjadi pertumpahan darah di bulan Dzulhijjah dan al-Muharram. Apa yang harus dilakukan di bulan al-Muharram?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengulangi hal tersebut sampai tiga kali. Sangat disayangkan sekali saat itu manusia saling membunuh dan keadaannya sangat kacau.

Baca Juga: Bikin Trauma Warga Hingga Tak Mau Tinggal di Dalam Rumah, Inilah Penyebab Gempa 7,3 Magnitudo di Maluku

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest