Follow Us

Foto Kim Jong Un Terbaring Kaku Bocor ke Publik, Tapi Tetangga Dekat Pemimpin Korea Utara Ini Malah Berpikir Sebaliknya: Dia Sembunyi dari Virus Corona

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 29 April 2020 | 03:19
Dikabarkan telah meninggal dunia, Kim Jong Un dikabarkan terlihat di Kota Wonsan, Korea Utara
KCNA

Dikabarkan telah meninggal dunia, Kim Jong Un dikabarkan terlihat di Kota Wonsan, Korea Utara

Fotokita.net - Rasa penasaran masyarakat internasional terhadap kondisi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hingga kini masih tinggi. Maklum, tak ada pemberitaan resmi dari pihak Korea Utara yang dapat memuaskan rasa ingin tahu komunitas internasional ini.

Berbagai spekulasi pun terus bermunculan. Di tengah isu meninggal dunia, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un justru memberikan petunjuk, mulai dari pergerakan kereta api pribadinya hingga menuliskan surat ucapan terima kasih bagi pekerja konstruksi.

Korea Utara diketahui telah membatalkan beberapa acara besar dan telah menutup perbatasan serta karantina, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Akan tetapi jika benar Kim Jong Un bersembunyi karena mengkhawatirkan Covid-19, itu akan "menodai narasi pemerintah Korut tentang bagaimana krisis ini telah dikelola dengan baik," kata Chad O'Carroll, CEO Korea Risk Group yang memantau Korea Utara.

"Jika dia hanya berusaha menghindari infeksi, di atas kertas seharusnya sangat mudah merilis foto atau video Kim yang tampak sehat," ungkapnya.

Baca Juga: Dikenal Garang Sampai Bikin Para Jenderalnya Ketakutan, Siapa Sangka Hati Kim Jong Un Meleleh Gara-gara Kecantikan Perempuan Korea Ini. Foto-fotonya Bikin Kita Jatuh Hati

Di tengah pandemi Covid-19 yang kabarnya akhirnya masuk ke wilayah Korea Utara, tiba-tiba sebuah foto pemimpin negara terisolasi itu Kim Jong Un terbaring kaku di dalam sebuah peti mati transparan.

Kontan, foto yang bocor itu membuat sebagian orang menyakini Kim Jong Un memang telah tiada. Tapi, beberapa pengamat Korea Utara masih meragukannya.

Seorang Menteri Korea Selatan untuk urusan Korea Utara pada Selasa (28/4/2020) mengatakan, mungkin Kim Jong Un menghilang bukan karena sakit tetapi khawatir virus corona.

Dugaan ini ia sampaikan terkait absennya pemimpin tertinggi Korea Utara itu pada 15 April, yang melewatkan perayaan hari ulang tahun kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung.

Kim Jong Un sebelumnya tidak pernah absen menghadiri perayaan ulang tahun Kim Il Sung, dan ia belum terlihat di depan umum sejak itu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest