Follow Us

Belajar dari Rumah TVRI untuk SMP/MTs Sederajat 27 April 2020, Pesona Cantik Masjid Agung Banten Nan Kaya Sejarah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 26 April 2020 | 16:35
Masjid Agung Banten
Dudi Sugandi/Kemenpar

Masjid Agung Banten

Fotokita.net - Pada Senin (27/04/2020) program Belajar dari Rumah yang ditayangkan TVRI terus berlanjut. Memasuki hari keempat puasa di Bulan Ramadhan 1441 H ini, siswa-siswi SMP/MTs sederajat akan membahas tentang Pesona Masjid Agung Banten pada pukul 09.30 - 10.00 WIB.

Masjid Agung Banten termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia yang setiap harinya ramai dikunjungi para peziarah.

Masjid rancangan Tjek Ban Tjut ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570) yakni pada tahun 1566.

Tak banyak yang berubah dari arsitektur bangunan utama masjid dengan ciri khas atap tumpuk lima yang diadopsi dari budaya Hindu.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Susah Orang Miskin, Pandemi Covid-19 Berhasil Lenyapkan Harta Kakak Beradik Ini Senilai Rp 196 Triliun dalam 1 Bulan Saja!

Di halaman masjid, sebuah menara tunggal kokoh menjulang layaknya mercusuar. Menara karya arsitek Belanda Hendrick Lucasz Cardeel pun selalu menjadi daya tarik para peziarah.

Untuk bisa sampai di puncak menara setinggi kurang lebih 24 meter tersebut, kita harus menapaki 83 anak tangga lewat lorong yang dapat dilalui satu orang saja. Cukup melelahkan memang.

Namun, rasa capek terbayar lunas oleh pemandangan indah di seputar masjid dari ketinggian dan perairan lepas pantai yang berjarak sekitar 1,5 km sejauh mata memandang.

Baca Juga: Dikenal Garang Sampai Bikin Para Jenderalnya Ketakutan, Siapa Sangka Hati Kim Jong Un Meleleh Gara-gara Kecantikan Perempuan Korea Ini. Foto-fotonya Bikin Kita Jatuh Hati

Masjid Agung Banten dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang paling ramai dikunjungi peziarah yang kerap datang berbondong-bondong.

Masjid Agung Banten
Dudi Sugandi/Kemenparekraf

Masjid Agung Banten

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest