Follow Us

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Ahli Gizi Jamin Puasa Berikan Manfaat Pada Imunitas. Begini Penjelasannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 24 April 2020 | 11:54
Ilustrasi puasa.
Freepik.com

Ilustrasi puasa.

Fotokita.net - Ramadhan 1441 Hijriah memang terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Maklum, tahun ini umat Muslim di seluruh dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Di tengah wabah ini, semua orang diimbau untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Puasa pada Bulan Ramadhan kali akan terasa berbeda karena bersamaan dengan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ilmuwannya Peringatkan Ada Virus Corona Jenis Baru yang Jauh Lebih Mematikan, China Lockdown 10 Juta Warga Kota Ini: Covid-19 Belum Benar-benar Pergi?

Lantas, apakah dengan beribadah puasa ini umat muslim tetap terjaga imunitasnya?

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada ( UGM), R. Dwi Budiningsari, SP., M.Kes., Ph.D., menyatakan, puasa bermanfaat pada sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Baca Juga: Presiden Tajikistan Desak Petani Tunda Puasa Ramadan: 'Saya Mendesak Semua Orang yang Bekerja di Ladang'

"Sejumlah penelitian menyebutkan berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa berisiko meningkatkan infeksi Covid-19," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi UGM, Kamis (23/4/2020).

Memperbaiki jaringan sel yang rusak

Dwi Budiningsari menjelaskan, dengan berpuasa yang benar dapat memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak. Berpuasa 30 hari bisa merangsang produksi sel-sel darah putih baru.

Baca Juga: Ramadhan Telah Tiba, Inilah Jawaban Rasulullah Tentang Keutamaan Shalat Tarawih: Allah SWT Berikan Makanan Surga Pada Malam ke-30

Hal ini mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Kondisi dengan sistem kekebalan yang telah diregenerasi akan semakin memperkuat tubuh dalam menangkal berbagai infeksi bakteri maupun virus dan penyakit lainnya.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular