Follow Us

Gara-gara Tersinggung Sikapnya Sebagai Prajurit, Prabowo Dapat Pesan Khusus dari Sang Komandan. Kini, Wejangan Itu Jadi Kenyataan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 01 November 2019 | 14:22
Prabowo Subianto saat Menjabat Sebagai Danjen Kopassus
Tribunnews

Prabowo Subianto saat Menjabat Sebagai Danjen Kopassus

Fotokita.net - Siapa sangka ucapan seorang santri bernama Muhammad Askal Fikri jadi kenyataan. Prabowo Subianto dilantik Jokowi menjadi Menteri Pertahanan.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat Fikri menyampaikan hal itu? Fikri mengaku spontan menjawab tiga nama menteri yang diminta Jokowi.

Saat naik ke atas panggung, ia gugup. Fikri kemudian menyebut nama yang terlintas di pikirannya.

Baca Juga: Sebelum Heboh Soal Prabowo Ogah Terima Gaji Menteri, Jenderal Purnawiran TNI Ini Sebut Tak Gunakan Upah Pertama dalam Kapasitasnya Sebagai Pembantu Jokowi

"Saya jawab Megawati, Ahok, Prabowo, sebelum saya naik tidak ada pikiran (nama menteri). Udah naik jawab spontan saja gitu," ujar Fikri melansir Tribunjateng.com, Jumat (25/10/2019) siang.

Fikri mengaku sama sekali tidak mengetahui nama menteri Jokowi saat itu.

Pada tiga tahun lalu, seorang santri bernama Muhammad Askal Fikri memberikan jawaban yang tak terduga kepada Presiden Joko Widodo. Waktu itu sang presiden sedang membagi-bagikan sepeda kayuh kepada sejumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Asrama Perguruan Islam (API) di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Prabowo Subianto dan prajurit Kopassus
IST via Tribunnews

Prabowo Subianto dan prajurit Kopassus

Jauh sebelum itu, nama Prabowo Subianto juga sudah dibilang bakal menjadi menteri pertahanan. Tulisan karya Hendri Isnaeni yang dimuat melalui situs Historia.id menguraikan peristiwa itu.

Sebelumnya, kemungkinan Prabowo menjadi Menteri Pertahanan dikatakan langsung oleh Kolonel Sintong Panjaitan, Komandan Kopassandha (kemudian Kopassus). Namun, Sintong mengatakannya dalam nada tersinggung.

Dalam biografinya, Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando, Sintong menceritakan kejadiannya berawal dari pemindahan Mayor Prabowo Subianto dari Kopassandha. KSAD Jenderal TNI Rudini telah menandatangani pemindahan Prabowo ke Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) di Bandung.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest