Baru Tahu Sekarang, Sahabat Gading Marten Ternyata Pemilik Mobil Mewah yang Dibeli Ayah Mario Dandy

Kamis, 02 Maret 2023 | 08:50
Istimewa

Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy mengaku anak menantunya menjadi pemilik mobil mewah.

Fotokita.net - Sahabat Gading Marten, Jeremy Imanuel Santoso ikut terseret dalam misteri harta kekayaan Rafael Alun Santoso. Dia disebut menjadi salah satu pemilik mobil mewah yang dibeli oleh ayah Mario Dandy Satriyo, yang kini sudah dicopot dari jabatannya.

Jeremy Imanuel Santoso menikah dengan kakak Mario Dandy, Angelina Embun Prasasya pada Juni 2021. Jeremy diketahui mempunyai kedekatan dengan Raffi Ahmad, Rudy Salim, hingga Gading Marten.

Saat ini, anak penyanyi senior Jean Pattikawa itu menjabat sebagaimanajer dari RANS PIK Basketball milk Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina ini adalah chairman executive di klub basket tersebut bersama dengan Rudy Salim.

Persahabatan Jeremy dan Gading Marten bukan kaleng-kaleng. Buktinya, saat dia menikahi kakak Mario Dandy, mantan suami Gisella Anastasia ini dengan bangga menjadi salah satu groomsmen.Dalam pernikahan itu, Gading ditemaniAnya Geraldine yang memamerkan foto mereka bersama kekasih Anya, Nadif, Sean Gelael, dan Rizky Indraprasto.

Foto yang diunggah pada 20 Juni 2021 itu menyematkanJerFoundAnAngel sebagai penanda pernikahan kakak Mario Dandy dengan Jeremy. Gading Marten juga mengunggah video momen pernikahan kakak Mario Dandy.

Instagram

Sahabat Gading Marten, Jeremy Imanuel Santoso saat menikah dengan kakak Mario Dandy, Angelina Prasasya.

"Selamat berbahagia kesayang aku @jimanuel28 and @angelinasasya love u both... may GOD always be with you and your family #JerFoundAnAngel," tulis Gading Marten pada unggahannya 19 Juni 2021.

Nama Jeremy kini terseret dalam penelusuran harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy. Setelah peristiwa penganiayaan David viral, profil kekayaan keluarga mantan pejabat pajak ini membuat publik geram.

Harta Rafael memang menjadi sorotan usai anaknya, Mario Dandy Satriyo, menjadi tersangka kasus penganiayaan David Ozora. Korban penganiayaan Mario Dandy itu merupakan anak salah satu pengurus pusat GP Ansor.

Harta yang menjadi sorotan antara lain ialah ketiadaan mobil Rubicon dan motor Harley dalam LHKPN Rafael. Padahal, Mario Dandy kerap memamerkan Rubicon dan Harley di media sosialnya. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun turun tangan.

Salah satu hal yang ditelusuri KPK yakni saham perusahaan milik Rafael Alun Trisambodo. KPK memastikan kepemilikan saham ini tercantum dalam LHKPN yang bersangkutan.

Baca Juga: Banyak yang Baru Ngeh, Acara Pernikahan Kakak Mario Dandy Dihadiri Banyak Artis Top, Foto Buktinya Viral

Instagram

Gading Matten bersama Anya Geraldine hingga Sean Gelael menjadi groomsmen di pernikahan kakak Mario Dandy.

"Iya disebutkan di LHKPN terakhirnya," kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan.

KPK belum memerinci daftar perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Rafael. Pahala menyebut isi LHKPN yang bisa diakses publik hanya sampai jumlah surat berharta, bukan detail nama perusahaan yang sahamnya dimiliki si pejabat.

"Akses publik hanya sampai total surat berharga saja. Detailnya ya itu tadi saham di 6 perusahaan," katanya.

Tak hanya persoalan harta, KPK juga akan menelusuri terkait kebenaran adanya geng di Direktorat Jenderal Pajak. KPK mendengar ada geng yang dibuat oleh Rafael Alun Trisambodo.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan awalnya mengatakan KPK bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan terkait pemeriksaan harta Rafael Alun. Dia mengatakan kewenangan Itjen lebih luas dibanding KPK dalam pemeriksaan harta.

Istimewa

Rafael Alun Trisambodo saat menikahkan kakak Mario Dandy dengan Jeremy Imanuel Santoso.

"Kenapa kita perlu dengan Inspektorat Jenderal, kalau dia cerita ada di perusahaan, KPK tidak punya wewenang buka transaksi perusahaan. Oleh karena itu kita periksa sekarang, tambahan 2015-2018 kita periksa 2019, 2020, 2021, plus kita koordinasi Irjen kita bilang dia ada perusahaan, kita nggak bisa, nah ini kita mau koordinasi dengan Irjen," ujar Pahala di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Dia mengatakan Itjen bisa memanggil rekan kerja hingga atasan Rafael untuk dimintai klarifikasi soal harta. Sementara, KPK tak punya kewenangan itu.

"Bagi-bagi kerjaan berdasarkan kewenangan karena yang sana juga mau ini terungkap," ujarnya.

Pahala pun menjamin klarifikasi harta tak berhenti pada Rafael. Dia mengatakan 'geng' Rafael juga akan diklarifikasi hartanya.

"Kita pastikan sesudah yang bersangkutan pasti ada lagi orang-orang lain kita dengar juga ada gengnya, tapi kita perlu tahu polanya, ini bukan sederhana, ini kan orang keuangan benar dia tahu cara ke sana ke mari," ucapnya.

KPK juga menyoroti terkait rumah milik Rafael Alun Trisambodo. Salah satu rumah yang disoroti secara khusus yakni perumahan sebesar 65 ribu meter persegi atau 65 hektare atas nama istrinya.

Baca Juga: Banyak yang Baca Tapi Tak Sadar, Kalau Kakak Ipar Mario Dandy Punya Darah Ambon, Jadi Tangan Kanan Raffi Ahmad

Instagram

Kakak ipar Mario Dandy yang juga sahabat Gading Marten tercatat sebagai pemilik mobil mewah yang dibeli Rafael Alun.

"Saya kirim tim kemarin ke Minahasa Utara untuk melihat perumahannya. Ada 65 ribu meter atau 65 hektare dimiliki dua perusahannya atas nama istri yang bersangkutan," kata Pahala Nainggolan.

Pahala mengatakan data kepemilikan saham di 2 perusahaan itu sudah tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael. Dia menyebut Rafael memiliki saham di 6 perusahaan, dua perusahaan di antaranya itulah tercatat punya rumah di Minahasa Utara.

"Itu sudah ada di LHKPN-nya, sudah ada. Jadi dua perusahaannya," ujarnya.

"Yang bersangkutan ini melaporkan di LHKPN-nya punya saham di 6 perusahaan, itu ada disebut nama perusahaannya apa saja. Dan dua dari itu punya rumah di Minahasa Utara," lanjut Pahala.

Pahala menjelaskan kepemilikan rumah itu tidak tercatat dalam LHKPN. Sebab, yang wajib dilaporkan ke LHKPN hanyalah kepemilikan saham.

"Kalau di LHKPN kalau saya punya perusahaan yang dicatat itu hanya sahamnya saja, saya punya 50 lembar satu lembarnya Rp 1 juta berarti Rp 50 juta, itu yang dilakukan," ujannya.

"Jadi kalau ditanya itu perumahan segede itu di LHKPN nggak? Nggak ada. Yang ada saham di perusahaan itu saja atas nama istri. Jadi perbedaan ini secara teknis saya pikir perlu diterangkan karena boleh sebesar apapun perusahaannya, tapi kalau di LHKPN hanya nilai saham perdaftarannya saja," lanjut Pahala.

Kemudian, salah satu hal yang sejak awal menjadi sorotan yakni mobil Rubicon Rafael Alun Trisambodo. Mobil ini disorot masyarakat lantaran digunakan Mario Dandy Satrio saat menghajar David hingga koma.

Selain itu, kepemilikan Jeep itu masih misterius. KPK melacak identitas pemiliknya dan berujung di gang sempit.

Kemudian, salah satu hal yang sejak awal menjadi sorotan yakni mobil Rubicon Rafael Alun Trisambodo. Mobil ini disorot masyarakat lantaran digunakan Mario Dandy Satrio saat menghajar David hingga koma.

Selain itu, kepemilikan Jeep itu masih misterius. KPK melacak identitas pemiliknya dan berujung di gang sempit.

Baca Juga: Sudah Dicek KPK, Ternyata Pemilik Rubicon Viral Tinggal di Rumah Dapur Sempit, Ayah Mario Dandy Diminta Begini

"Yang Rubicon, ya, minggu lalu, tim sudah di lapangan, benar, itu memang bukan atas nama yang bersangkutan STNK dan BPKB-nya," kata Pahala Nainggolan.

"Dan kita datangi alamat yang kita punya, itu gang di daerah Mampang," kata Pahala Nainggolan.

Di kawasan Jakarta Selatan, Mampang dikenal sebagai wilayah Kecamatan Mampang Prapatan yang berisi permukiman padat, pertokoan, dan perkantoran. Ada pula gang-gang sempit di luar jalan-jalan utama. Namun KPK ragu bagaimana mungkin Rubicon dimiliki oleh orang yang tinggal di gang senggol.

"Jadi memang orangnya sudah pergi, tapi itu alamat di dalam gang. Jadi kita pikir ini tidak mungkin dia punya itu," kata Pahala.

STNK Rubicon itu ber-STNK dan ber-BPKB bukan atas nama Rafael Alun Trisambodo. Terakhir, Rafael Alun menyatakan mobil itu sudah atas nama kakaknya.

"Jadi dari yang di gang, lantas dia (Rafael Alun) beli, dia jual lagi ke kakaknya. Jadi kita bilang (ke Rafael Alun), ya sudah kasih unjuk aja dokumennya. Nanti dia (Rafael Alun) akan bawakan (dokumennya)," kata Pahala.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyatakan pihaknya melakukan Inspektorat Jenderal Kemenkeu telah melakukan pemeriksaan secara mendalam soal harta milik Rafael Alun Trisambodo. Khususnya soal harta-harta yang terekspos di media sosial namun tidak dilaporkan.

Mulai dari mobil Rubicon, mobil Land Cruiser, motor Harley Davidson, motor Yamaha, dan motor BMW berwarna putih. Suahasil menyatakan kendaraan-kendaraan tersebut diakui Rafael bukan miliknya.

"Itu semua diakui saudara RAT sebagai bukan milik dia. Namun merupakan milik pihak lain," kata Suahasil dalam konferensi pers di Gedung Radius Prawiro Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023).

Khusus kepemilikan Rubicon, Suahasil menjelaskan Rafael mengakui mobil itu merupakan milik kakaknya. Sementara kendaraan yang lain ada yang menjadi kepemilikan anak dan juga menantunya.

"Rubicon itu diakui milik kakaknya sementara yang lainnya diakui milik dari anak menantunya," ujar Suahasil.

Baca Juga: Akhirnya Kebongkar Juga, Pemilik Rubicon yang Dipakai Mario Dandy Ternyata Punya Hubungan Begini dengan Rafael Alun

Selanjutnya, tim Inspektorat Jenderal Keuangan telah meminta Rafael untuk menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan tadi agar jelas status dan kepemilikan kendaraan bermotor tersebut.

Soal beberapa harta lainnya mulai dari tas mewah, properti, dan berbagai kendaraan lainnya yang juga terekspos di media sosial, Suahasil bilang masih akan ditelusuri kepemilikannya.

Inspektorat Jenderal Kemenkeu dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan mendalami lebih lanjut soal potensi adanya harta yang belum dilaporkan Rafael.

"Tim Inspektorat Jenderal Kemenkeu bersama KPK sedang mendalami lebih lanjut atas harta yang dilaporkan di LHKPN, dugaan kepemilikan harta yang belum dilaporkan, kecocokan profil yang bersangkutan dengan SPT pajak yang disampaikan," ungkap Suahasil.

Baca Juga: Baru Tahu Sekarang, Kakak Ipar Mario Dandy Ternyata Anak Penyanyi Senior Berdarah Ambon, Intip Foto Sosoknya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya