Cara Praktis Menata Interior Minimalis, Potret Desain Dapur Mungil Makin Lega

Rabu, 08 Februari 2023 | 19:51
Instagram

Interior desain dapur mungil gaya minimalis ditata dengan cata praktis. Potretnya makin lega.

Fotokita.net - Interior desain dapur mungil membutuhkan perhatian khusus. Agar potretnya tampak makin lega, dekorasi ruang memasak minimalis ditata dengan cara praktis.

Hidup di tengah zaman modern yang begitu sibukmembuat pemilik rumah kini lebih sadar akan pilihan dekorasi yang seimbang antara minimalis ramping dan kenyamanan mewah untuk ide dapur mereka.

Dengan begitu, desain dapur mungil dengan konsep minimalis menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan saat ini. Namun, apa yang dimaksud dengan desain ruang memasak gaya minimalis?

Tempat mengolah makanan berkonsep minimalis berakar pada prinsip membersihkan ruang multi-fungsi dari kekacauan yang tidak perlu.

Selain itu, memanfaatkan kekuatan ruang bersih dengan menampilkan beberapa barang berharga dan bermakna yang memicu kegembiraan serta kegunaan.

Filosofi desain minimalis juga berpusat pada cara hidup berkelanjutan, praktis, serta lebih efisien.

Nah, merujuk ulasan dari Homes and Gardens, Rabu (8/2/2023), berikut cara praktis untuk menata interior dengan gaya minimalis. Potret desain dapur mungil tampak semakin lega.

1. Pilih desain serba putih

Dekorasi minimalis dan ide dapur putih berjalan beriringan, jadi sebaiknya pilih warna yang sederhana serta bebas repot.

Tidak ada yang lebih bersih atau segar dari dapur putih bersih. Apakah itu rancangan ruang memasak modern atau skema perdesaan yang nyaman.

Itu adalah tampilan yang bertahan lama, tidak peduli tren ruang memasak terbaru.

Baca Juga: Tampilan Foto Dekorasi Dapur Mungil Lebih Mewah Saat Ramadan, Resepnya Fokus di Detail

Instagram

Warna putih membuat desain ruang memasak ukuran mungil makin terlihat minimalis dan lega.

2. Fokus pada material

Marmer memancarkan gaya mewah dan dapat digunakan untuk meja dapur sertabacksplashguna menambahkan tekstur dan kepribadian pada skema kita.

Kombinasikan dengan lemari sederhana sehingga memberikan tampilan mewah, tapi tetap mempertahankan tepi minimalis.

Untuk menghindari ruangan terlihat terlalu dingin atau klinis, tambahkan sentuhan akhir logam hangat seperti emas, kuningan, dan tembaga.

Selain itu, perkenalkan beberapa elemen kayu pada lantai dan lemari dapur untuk meningkatkan daya tarik visual.

3.Ambil inspirasi dari desain skandinavia

Desain dapur Skandinavia memiliki ruang sempit, minimal, tidak berantakan, serta kombinasi bentuk dan fungsi yang unggul menciptakan dapur yang estetis, tapi praktis.

Mengadopsi prinsip-prinsip desain Skandinavia dapat menciptakan dapur minimalis yang terfokus dan menampilkan beberapa item bermakna dan berharga.

Kekacauan dalam skema Skandinavia jarang terlihat. Sebaliknya, kita akan melihat garis-garis yang bersih, palet warna modern, dan fokus membawa alam bebas melalui penggunaan bahan-bahan yang ditemukan di alam.

Tujuan utama dapur Skandinavia adalah meningkatkan kehidupan sehari-hari. Karena itu, kepraktisan adalah kunci dari ide dapur minimalis.

Baca Juga: Ramadan Lebih Segar, Tampilan Dapur Mungil Diubah Pakai Warna Terbaik, Potretnya Jadi Beda

Instagram

Desain skandinavia menjadi inspirasi dalam menata interior dapur mungil gaya minimalis agar potretnya makin lega.

4.Ruang gerak yang sangat berarti

Dengan semakin meningkatnya tekanan dapur untuk melakukan berbagai peran penting, tata letak dapur yang baik dan penyimpanan memadai menjadi lebih penting dari sebelumnya, terutama di ruang minimalis.

Ide penyimpanan dapur yang efisien harus menjadi prioritas ketika merencanakan dapur minimalis.

"Barang-barang seperti keramik berharga atau vas yang jarang digunakan dapat diletakkan di rak terbuka untuk dinikmati saat tidak digunakan, sementara barang pecah belah yang halus paling baik ditempatkan di lemari tertutup," papar Jane Stewart, Direktur Desain di Mowlem & Co London.

5. Pilih skema monokromatik

Dapur putih terlihat selalu segar, bergaya, dan modern. Namun, membutuhkan perawatan dan pembersihan lebih.

Untuk menguranginya pembersihan, gunakan permukaan kerja yang tidak berwarna putih.

Lapisan pernis gloss putih memberikan tampila lebih halus. Pertimbangkan hasil akhir matte,satin, atau semi gloss.

Dapur serba putih akan terlihat sangat bergaya, tetapi terlalu mencolok dan klinis, jadi ganti setidaknya satu atau dua elemen dengan yang lebih berwarna serta bertekstur.

Kita dapat mengaplikasikan warna atau tekstur lain pada lantai dapur seperti lantai kayu dan batu alami.

Baca Juga: Ubah Desain Dapur Mungil Agar Fotonya Terasa Lebih Nyaman, Laci Lemari Dibuat Begini

Instagram

Pilih serba putih agar desain dapur mungil konsep minimalis tampak makin lega.

6. Kombinasikan dengan kayu

Kayu adalah bahan serbaguna yang dapat menghadirkan kehangatan dan kedalaman nyata ke dapur minimalis.Menggunakan kayu dalam keadaan alami dan dipadukan dengan detail arsitektur dapat memberikan kesan kontemporer.

7.Minimalkan kenop lemari

Bernard Otulakowski, Managing Director SieMatic, mengatakan kunci desain dapur mungil gaya minimalis adalah menggunakan lemari tanpa pegangan yang ramping serta mengombinasikan bahan dan tekstur yang kaya dan otentik untuk menciptakan skema menarik juga elegan.

Penyimpanan tersembunyi akan membuat dapur minimalis tidak berantakan, tetapi sedikan area terbuka yang cukup untuk memajang barang-barang khusus.

8. Hiasi dengan skema warna modern

Gordon Boyd, Manajer Penjualan untuk Nolte Küchen, mengatakan aturan praktis ruang memasak minimalis adalah menggunakan warna dengan hemat dan di area jelas. Warna harus melayani tujuan daripada digunakan secara acak.

Pilih warna dasar, kemudian gunakan yang lain untuk menonjolkan area tertentu.Sebagai alternatif, cobalah kombinasi warna yang sesuai seperti hijau atau biru.Bisa pula memainkan dengan nada alami dan tambahkan warna lebih hidup ke elemen tertentu seperti rak, bufet, atau kursi.

9.Fitur tersembunyi

Pada skala lebih kecil, laci dengan soket tersembunyi dan pencahayaan internal atau lemari dengan daun jendela elektronik menciptakan efek fitur tersembunyi di dapur minimalis.

"Pilih sentuhan akhir dengan hati-hati. Pencahayaan kelas atas dan perlengkapan premium dapat mengubah dapur yang terjangkau menjadi berdesain mewah," ucap Lee Thornley, pendiri Bert & May.

Baca Juga: Jangan Disepelein, Dapur Kecil Gampang Terbakar Karena Benda-benda Ini, Potretnya Jadi Sumpek

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya