24 Jam Layani Majikan di Taiwan, TKW Cantik Ini Sampai Tidur Sekamar dengan Bosnya, Foto Wajahnya Beredar

Kamis, 22 September 2022 | 16:03
Youtube

TKW cantik Indonesia ini melayani majikan selama 24 jam di Taiwan. Dia sampia harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar.

Fotokita.net - Cerita tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia yang bekerja di Taiwan seperti tidak ada habisnya. Mereka bekerja keras melayani majikannya di negeri orang. Bahkan, ada yang sampai melayani sang majikan selama 24 jam.

Keputusan kerja di negeri orang bukanlah hal yang mudah. Faktor gaji tentu menjadi alasan utama. Pekerjaan melayani majikan di negara Taiwan rupanya mendapatkan penghargaan tinggi. Banyak majikan yang berani membayar mahal.

Sekalipun bayaran besar, bukan berarti TKW Indonesia bisa kerja samabil leha-leha. Contohnya, TKW cantik yang satu ini. Dia mengaku punya majikan yang harus dilayani 24 jam di dalam kamar. Bahkan, TKW cantik ini sampai harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar di media sosial.

TKW cantik itu bernama Yuni. Dia membagikan pengalamannya bekerja di Taiwan melalui kanal YouTube miliknya yang bernama Uni Yuni. Dalam salah satu konten berjudul 'Cerita TKW Taiwan Layani Majikan di Kamar', Yuni membagikan cerita pekerjaannya saban hari.

Dalam video rekamannya, Yuni menunjukkan sosok majikannya yang sudah berusia lanjut. Rupanya Yuni bertugas merawat lansia di Taiwan. Itu sebabnya, Yuni harus kuat bekerja selama 24 jam melayani majikan di dalam kamar. Bahkan, dia sampai harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar di media sosial.

“Di video kali ini aku mau sedikit cerita, ya aku sebagai seorang tenaga kerja Indonesia yang berkerja diTaiwan di sini aku merawat lansia,” kata Yuni.

Dengan begitu, Yuni harus tinggal bersama majikannya satu kamar sepanjang hari. Dia pun harus tidur dalam kamar yang sama.

“Dan aku di sini kebetulan punya job cuma berdua, jaga kakek, majikan aku adalah kakek satu rumah berdua, satu kamar berdua, ke mana-mana selalu berdua dan tidurpun berdua,” papar Yuni.

Baca Juga: Cuma Jadi ART di Singapura, Wanita Nganjuk Ini Sukses Bikin Miliuner Negeri Singa Kalah di Pengadilan Hingga Mundur dari Jabatan Menterengnya

Youtube

TKW cantik Indonesia ini melayani majikan selama 24 jam di Taiwan. Dia sampia harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar.

Yuni melihat kondisi yang harus dijalaninya sebagai konsekuensi kerja. Meskipun satu kamar dan tidur bersama, tapi ia tidak satu ranjang dengan majikannya itu.

“Yah seneng tidak seneng, suka tidak suka terpaksa tidur pun harus satu kamar berdua, tapi misah ranjang,” kata Yuni.

Yuni juga mengatakan, jika ia terpaksa harus tidur berdua dan melayani majikannya karena setiap malam majikannya selalu bangun, saat akan ke toilet, butuh minum dan sebagainya.

“Jadi aku terpaksa, aku harus tidur berdua itu karena di setiap malam dia selalu bangun dan aku selalu nemenin dia ke toilet, di saat dia kencing pingin minum, pingin apa, jadi aku tetap harus melayani dia di setiap malam," cerita Yuni lagi.

Pekerjaanya itu Yuni ibaratkan seperti mempunyai bayi yang harus ia jaga sepanjang hari dan malam sehinga membuatnya kurang tidur.

Tak jauh berbeda dengan Yuni, TKW bernamaAvisa juga mengisahkan pengalamannya selama bekerja dengan majikan di Taiwan. Dalam salah satu vlog-nya di YouTube, wanita yang karib disapa Awe ini mengungkap gajinya dan betapa beruntungnya ia memiliki majikan royal.

Awe mengungkap gajinya ke-31 dari 36 bulan kontraknya bersama majikan pertamanya. Buat Awe, ini pekerjaan pertamanya sebagai ART di Taiwan. Namun, Awe bersyukur dengan bekerja di Taiwan, ia bisa membantu mengangkat ekonomi keluarganya.

"Alhamdulillahgajian aku yang ke-31 untuk 36 bulan atau 3 tahun ini. Jadi 5 bulan lagi sudahfinishkontrak, bisa perpanjang kontrak tapi tergantung dengan agensinya karena empat sampai 5 bulan biasanya agensi menghubungi kita untuk memperpanjang kontrak atau tidak," urai Awe seperti dikutip dari kanalYouTube Avisa Official.

Baca Juga: Masih Ingat Siti Aisyah? TKW Indonesia yang Ikut Terseret dalam Pembunuhan Tragis Adik Tiri Kim Jong Un, Akhirnya Bisa Cium Tangan Presiden Jokowi

Youtube

TKW cantik Indonesia ini melayani majikan selama 24 jam di Taiwan. Dia sampia harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar.

Awe berharap dengan kontraknya hampir selesai itu, penghasilannya menjadi berkah. Belum lagi, Awe merasa beruntung bisa membantu orang tua dan menyekolahkan kedua anaknya.

"Alhamdulillahselama hampir 3 tahun, selama di Taiwan ini,Alhamdulillahbersyukur banget, sudah banyakngebantuinorang tua dan bisasekolahinanak. Tahu sendiri ya biaya buat sekolah itu enggak murah. Anak pertama aku masuk SD, anak aku yang kecil (kedua) itu masuk TK," terang Awe dengan gembira.

Awe pun mengungkap gaji bulanannya. Gajinya sebulan sebesar 25 ribu dollarTaiwan atau kurang lebih Rp 12,5 jutaan.

Awe menjelaskan bahwa gajinya sebenarnya sama dengan rekan lainnya. Ia menerima gaji pokok sebesar 17.500 dollar Taiwan atau kurang lebih Rp 8.750.000.

Namun, karena majikannya sangat baik, ia diberikan bonus hingga jumlah gajinya Rp 12,5 juta. Jadi, semua memang tergantung dengan majikannya.

"Itu semua rata-rata gaji pokok. Itu semua sama. Tapi di sini majikan aku ada kebijakan sendiri karena aku ada pekerjaan tambahan yaitu urusin kakek," katanya. "Gaji lebih ini enggak gampang, semua butuh usaha."

Dari gaji yang didapat, Awe mengungkap bahwa untuk pekerja migran di Taiwan pasti harus membayar biaya bulanan yaitu biaya untuk agensi sebesar 1500 dollar Taiwan atau kurang lebih Rp 750 ribu.

Selain itu, Awe beruntung majikannya begitu baik padanya, Bunda. Tiap bulannya majikannya tak pernah telat bayar gaji sampai berhari-hari. Komplainnya majikan pada Awe hanya satu, Awe selama ini tidak pernah meminta apa pun dari majikan.

"Selama di majikan ini, komplainnya cuma satu, kok kamu enggak pernah komplain, enggak pernah minta. Kayak minta ini itu enggak pernah. Kalau dikasih ya enggak apa-apa cuma enggak minta ini itu," ungkapnya.

Baca Juga: Potret Gisel Lari Pakai Outfit Seksi Jadi Sorotan, Gading Marten Cuma Mau Komentari Foto Ini

Youtube

TKW cantik Indonesia ini melayani majikan selama 24 jam di Taiwan. Dia sampia harus tidur sekamar dengan bosnya. Foto wajahnya beredar.

Awe juga beruntung majikannya tidak pernah perhitungan. Semua dicukupi, termasuk keperluan bulanan pun ditanggung oleh majikan di luar gajinya, Bunda. Kebutuhan mandi, kebutuhan obat ditanggung oleh majikan.

"Beliau itu berusaha menjadi bos terbaik mungkin, meskipun waktu enggak pernah banyak di rumah," katanya.

Awe juga mengungkap pekerjaan majikannya. Kata Awe, banyak warganet penasaran dengan pekerjaan majikan bisa menggaji TKW dua digit dan mengapa terus merawat orang tua yang sakit-sakitan.

Dengan demikian, Awe memilikitiga majikan. Semuanya satu keluarga. Majikan pertama adalah dari kakek bernama Ape. Sang kakek memiliki keterbatasan fisik sejak kecil, meski demikian ia diwarisi kontrakan oleh orang tuanya.

"Aku mulai dari kakek itu, dia punya kontrakan. Dia pasti ada pemasukan, kontrakannya juga lumayan juga pemasukannya, dia juga jualan dupa buat sembahyang, sering beli kakek karena barangnya bagus. Aku juga seringbantuinjualan juga," katanya.

"Dia juga punya tabungan dari orang tuanya, dia enggak banyak pengalaman, pernah jualan mainan tapi enggak telaten karena orangnya galak. Kakek ini hanya minta warisan tabungan dari orang tuanya karena keterbatasan fisik."

Majikan kedua adalah Ai, seorang pria yang pernah kerja di pabrik. Namun, gajinya enggak pernah dihabiskan, selalu ditabung. Jadi tabungannya bermanfaat di masa tuanya. Lalu, majikannya yang ketiga adalah Take, yang paling muda di keluarga tersebut.

"Dia pernah kerja di pabrik, sering lembur. Dia resign, pindah ke perusahaan asuransi jiwa. Jadi yangngegajiaku Take sama Ai, kalau kebutuhan makan itu kakek. Jadi mereka gotong royong untuk pengeluaran mereka selama aku kerja di di sini," kata Awe.

Baca Juga: Kurang Uang, Ini 9 Foto Aksi Rio Haryanto Kibarkan Merah Putih di Pentas F1, Siap Nikahi Larissa Chou?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya