Bukti Fisik Iwan Budi Bapenda Semarang Makin Kuat, Istri Saksi Korupsi Bilang Suaminya Sengaja Rahasiakan Masalah Ini, Foto Wajahnya Beredar

Minggu, 11 September 2022 | 08:53
Kolase

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Fotokita.net - Bukti penemuan fisik terhadap Iwan Budi Paulus Prasetyo, pegawai Bapenda Semarang yang diduga menjadi korban mutilasi semakin kuat. Namun, untuk memastikannya secara ilmiah, polisi telah mengambil sampel DNA keluarga korban.

Polisi membutuhkan tes DNA untuk memastikan apakah mayat korban mutilasi tanpa kepala, tangan dan kaki, di lahan kosong Jalan Marina Raya, Kota Semarang itu merupakan Iwan Budi atau bukan.

Onny, istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang yang menjadi saksi kasus korupsi itu mengaku suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya sempat beredar di media massa.

Pengambilan sampel DNA untuk membuktikan identitas korban mutilasi telah dilakukan polisi.Onny menyebutkan, pihak kepolisian telah mendatangi rumahnya untuk mengambil sampel DNA, pada Jumat (9/9/2022) kemarin. "Sudah (polisi ambilsampel DNA, red), kemarin, hari Jumat," kata Onny.

Sebelum hasil tes DNA keluar, bukti fisik Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang semakin kuat. Hal ini ditemukan sejumlah barang dan ciri fisik di tempat kejadian perkara (TKP) penemuan mayat tanpa kepala yang hangus terbakar.

Dugaan sementara, identitas mayat ini adalah pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang bernama Iwan Budi Paulus. Hal ini diperkuat dengan sejumlah barang yang ditemukan di TKP, salah satunya ditemukan papan nama Iwan Budi Paulus.

Sekalipun begitu, Onnymengatakan, keluarga belum percaya bila mayatkorban mutilasi tanpa kepala, tangan dan kaki, yang ditemukan hangus terbakar itu, adalahIwan Budi

Mayatkorban mutilasididugaIwan Budi, ditemukan hangus terbakar bersama sepeda motor matic, di lahan kosong Jalan Marina Raya, KotaSemarang, pada Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Saksi Kompak Bikin Brigadir J Terpojok, Bareskrim Ngaku Gagal Dapat Bukti Kunci di Rumah Magelang, Foto Sopir Putri Candrawathi Jadi Sorotan

TribunMuria

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Onny juga meminta kepada anak-anaknya untuk belum mempercayai bahwa mayat tanpa kepalakorban mutilasi itu adalah ayah mereka. Berikutnya, Onny menceritakan ihwal kabar penemuan mayat tanpa kepalakorban mutilasi, yang diduga merupakan jasad suaminya itu.

Awalnya, Onny dihubungi seseorang dan diminta untuk datang ke PolrestabesSemarang. Namun, kata Onny, dirinya saat itu belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

"Waktu itu saya diminta ke sana (PolrestabesSemarang, red). Tapi saya belum dapat kabar apapun, sebenarnya yang terjadi itu apa," cerita Onny kepada wartawan yang mendatangi rumahnya pada Jumat (9/9/2022).

Selang beberapa jam kemudian, Onny menceritakan, adiknya mengabari bahwa kendaraan yang diduga digunakan Iwan ditemukan. Bukan cumaitu, ia juga mendapat kabar adanya temuan mayatkorban mutilasi dan sepeda motor yang hangus dibakar, dari teman-temannya.

"Teman-teman saya menghubungi melalui WhatsApp (WA) yang kuat dan sabar. Saya belum tahu apa yang terjadi," kata Onny. Istri pegawai Bapenda Semarang ini mengatakan,selamaIwan Budi suaminya belum pulang ke rumah, dirinya tidak pernah mengikuti perkembangan terbaru yang disiarkan media.

Kompastv

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Bahkan, pihaknya tidak percaya atas kabar yang tersebar di masyarakat. "Saya bilang ke anak-anak saya, jangan percaya dengan orang lain,percaya dengan papa mamamu," jelasnya.

Iwan Budi seharusnya memenuhi panggilan Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Jateng pada 25 Agustus 2022 lalu, seperti dilansir Kompascom.

Hanya saja, menurut salah satu anggota keluarga yakni Yosef Prastowo, Iwan tidak bisa dihubungi sehari sebelum jadwal pemanggilan oleh Subdit Tipikor Polda Jateng yaitu pada Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Timsus Didesak Pakai Lie Detector, Saksi Ngaku Lihat Brigadir J Banting Pintu Dapur Rumah Magelang, Foto Adegan Putri Candrawathi Disorot

Kompastv

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Yosef menyebut Iwan sudah tak bisa dihubungi pada hari tersebut sejak sekira pukul 07.30 WIB. Menurut Yosef, pada Rabu pagi, Iwan menjadi narasumber dalam sebuah acara di sebuah hotel di Kota Semarang.

"Katanya dia itu mau jadi narasumber kembali ke hotel. Soalnya satu hari sebelum hilang dia juga menjadi narasumber di tempat yang sama," cerita Yosef.

Bahkan, katanya, Iwan sempat terlihat melintas di Simpang Tiga Akademi Polisi (Akpol) melalui rekaman CCTV dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario berwarna merah dengan nomor polisi (nopol) H 9799 RA.

Bersama dengan Iwan, sepeda motor yang dikendarainya pun tidak diketahui keberadaannya. Yosef mengatakan kakak iparnya itu tidak memiliki musuh dan sedang tidak bertikai dengan siapapun. "Tidak ada musuh juga, kakak saya ini orang baik," jelasnya.

Selain itu, Yosef juga mengungkapkan Iwan selalu berpamitan dulu jika ingin pergi ke suatu tempat. Namun, pada saat Iwan tidak bisa dihubungi itu, dirinya tidak berpamitan. "Istrinya tahunya Mas Iwan berangkat kerja," imbuhnya.

Yosef menyebut Iwan memiliki empat anak dan menjadi tulang punggung keluarga. "Punya empat anak, ada yang masih kuliah, kerja, dan anak-anak," jelasnya.

Kompastv

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Bukti fisik Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang yang ditemukan di TKP korban mutilasi semakin kuat. Istri saksi kasus korupsi bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Fotowajahnya sempat beredar.

Awal mula Iwan Budi diduga terseret kasus dugaan korupsi pengalihan aset PemkotSemarang, Onny tak mengetahui secara persis. Katanya,Iwan Budi sempat cerita soal permasalahan di kantor yang menimpanya, namun tidak secara mendetail.

BahkanIwan Budi, kata Onny, bercerita bila akan dipanggil Polda Jateng untuk diklarifikasi. "Cerita tapi tidak mendalam. Dia cerita juga kalau dipanggil Polda dalam rangka klarifikasi," ujarnya.

Baca Juga: Anak-anak Baru Pulang Sekolah, Saksi Sampai Bergidik Lihat Kondisi Korban Truk Trailer di Bekasi, Foto Kecelakaan Maut Disebarkan

Istimewa

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Namun Onny tidak mengetahui secara detail permasalahan yang ada di kantor suaminya. Sebab, selama iniIwan Budi tidak maukeluarga terlibat masalah yang ada di kantor.

"Kalau permasalahannya apa saya tidak dahulu secara mendalam. Saya juga ibu rumah tangga jadi tidak tahu," tuturnya.

Terkait motor yang ditemukan, Onny belum bisa memastikan apakah motor yang ditemukan di TKP adalah motor yang digunakanIwan Budisaat berangkat kerja. "Saya belum bisa memastikan motornya benar atau tidak," ujarnya.

Menurutnya,Iwan Budi hilang saat berangkat kerja pada Rabu (24/8/2022) lalu. Dikatakan Ony, awalnyakeluarga tidak terpikir bilaIwan Budi tidak pulang karena hilang.

Hal tersebut, sambung Ony, karena Iwan biasa kerja lembur setiap akhir bulan. "Kalau akhir bulan biasanya ada lemburan. Jadi kami berpikirnya ada lemburan saja," kata dia.

Dia mulai curiga ketika menelpon istri teman suaminya saat dini hari. Ternyata suami-suaminya telah berada di rumah. "Baru sadar beliau tidak di kantor ketika mendapat informasi dari kantornya," ujarnya.

Bahkan dirinya mendapat rekaman CCTV keberadaan suaminya saat berangkat kerja. Terakhir terdeteksi di depan kantor kecamatan Gajahmungkur. "Terakhir ponsel tidak aktif sekitar pukul 07.30," tandasnya.

Diketahui Iwan Budi dinyatakan hilang sehari sebelum memenuhi panggilan terkait kasus korupsi. Saat itu Iwan berstatus sebagai saksi kasus dugaan korupsi hibah aset tanah Pemkot Semarang.

Baca Juga: Status Bharada E Tetap Jadi Saksi, Jenderal yang Bikin SBY Turun Tangan Sentil Bukti Kunci Bisa Langsung Bicara dari TKP, Foto Mesra Brigadir J Diviralkan

Kompastv

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Ditreskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Subagyo membenarkan kabar hilangnya Iwan saat diundang Ditreskrimsus untuk dimintai keterangan.

Kemudian pada Kamis 8 September lalu, ditemukan jasad dan juga sepeda motor yang hangus terbakar. Jasad tersebut ditemukan dalam kondisi hangus terbakar tanpa kepala.

Onny, istri Iwan pegawai Bapenda Kota Semarang yang hilang mengaku, kabar penemuan jenazah di Marina, pertama kali didengar dari Yosep adiknya, setelah mendapat telepon polisi.

"Pertama yang dapat kabar adik. Kemudian keluarga diberitahu. Kami berharap itu bukan pak Iwan (suaminya)," kata Onny, sambil terisak.

Terkait penemuan mayat korban pembunuhan dan mutilasi di Marina, saat ini Polrestabes Semarang dan Polda Jateng masih terus menyelidiki. Pelaku yang bertindak keji memenggal dan membakar tubuh korban, membuang mayat dilahan kosong dan tertutup ilalang.

Setelah penemuan mayat korban pembunuhan dan pembakaran, polisi kembali menggelar olah tempat kejadian. Polisi memberi keterangan terkait penemuan mayat dilokasi penemuan mayat dan motor yang sudah terbakar.

Istimewa

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

Dari keterangan polisi, keluarga mengaku ada beberapa kesamaan antara identitas korban yang ditemukan dengan identitas Iwan. "Ada yang sama. Jenis motor Vario plat merah dan nomer plat sama. Kami berharap itu bukan pak Iwan (suaminya)," kata Onny, sang istri.

Untuk memastikan jika korban adalah orang yang sama dengan begawai Bapenda sekaligus suaminya. Keluarga menunggu hasil trs DNA yang dilakukan Polda Jateng.

"Kita masih menunggu hasil tes DNA. Polisi akan lakukan tes DNA di rumah. Jadi keluarga tidak boleh keluar rumah atau ke Polrestabes atau Polda," kata Onny.

Baca Juga: Begini Kondisi Anak Kopda Muslimin, Ibunya Ditembak Orang Bayaran Sang Ayah di Depan Mata, Foto Wajahnya Saat Berjumpa KSAD Jenderal Dudung Disorot

Istimewa

Istri Iwan Budi pegawai Bapenda Semarang bilang suaminya sengaja rahasiakan masalah ini dari keluarga. Foto wajahnya beredar.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya