Bukan Hanya Perintah Tembak Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Iming-imingi Ini ke Anak Buahnya, Foto Pengacara Bharada E Bikin Heboh

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:25
Kolase

Irjen Ferdy Sambo bukan hanya perintah tembak Brigadir J tapi juga iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

Fotokita.net - Irjen Ferdy Sambo tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J ternyata iming-imingi ini ke anak buahnya. Ferdy Sambo juga diketahui memberi perintah kepada Bharada Richard Eliezer atau Bharada E untuk menembak Brigadir J. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

Perubahan pengakuan Bharada E sudah merusak skenario yang disusun Irjen Ferdy Sambo. Awalnya, peristiwa berdarah itu terjadi karena Bharada E terlibat baku tembak dengan Brigadir J. Bharada E menyampaikan kesaksian ini saat dia diperiksa Komnas HAM pada Selasa (26/7/2022).

Rupanya, angin berubah dengan cepat. Bharada E mengubah pengakuannya. Ajudan eks Kadiv Propam Polri itu membongkar fakta sebenarnya. Bukan hanya beri perintah tembak Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh di jagat maya.

Setelah melihat mantan atasan langsungnya ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Bharada E akhirnyaterang-terangan mengakui dirinyalah yang menembak Brigadir Yoshua. Namun dia menegaskan dirinya melakukan itu atas perintah atasannya, Irjen Ferdy Sambo. Dia juga menyebutkan, tak ada adu tembak seperti yang dia sampaikan pada berita acara pemeriksaan (BAP) sebelumnya.

"Ya, dia diperintah oleh atasannya," kata pengacara Bharada E, Deolipa Yumara kepada wartawan yang meminta konfirmasinya pada Minggu (7/8/2022).

Deolipa awalnya mengatakan Bharada E yang lebih terbuka juga ada hubungannya dengan pergantian pengacara, namun itu bukan penyebab tunggal. Sebab, Bharada E juga mengalami tekanan masa lalu.

"Ya, mengubah keterangan ada kaitannya dengan pergantian pengacara juga. Ada kaitannya dengan masa lalu juga, tekanan-tekanan masa lalu," katanya.

Selain itu, Deolipa juga menyinggung skenario masa lalu. Dia tak menjelaskan lebih lanjut soal skenario masa lalu tersebut.

Baca Juga: Dipecat Bharada E, Pengacara Deolipa Yumara Curiga Isi Surat Cabut Kuasa Kliennya, Foto Kabareskrim Polri Disentil

Tribunnews

Irjen Ferdy Sambo bukan hanya perintah tembak Brigadir J tapi juga iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

Namun setelah Irjen Ferdy Sambo tersangka, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyinggung bahwa Sambo membuat skenario ada tembak menembak yang menewaskan Brigadir J. "Kemudian skenario-skenario masa lalu yang dia alami," kata Deolipa.

Deolipa juga mengatakan Bharada E lebih terbuka karena menyadari tindakannya dan kini ingin membuat kasus terang benderang.

"Jadi ketika kemudian dia sudah tidak lagi seperti itu. Dia kembali ke wilayah baru mulai kemarin, hari Sabtu (6/8/2022) dia mulai sadar bahwasanya dia harus melakukan tindakan sebenar-benarnya dan seterang-terangnya apa yang dialaminya. Apa yang dilakukannya, apa yang didengarnya," papar Deolipa.

Deolipa juga mengaku pihaknya berbincang dari hati ke hati dengan Bharada E. Dia mengingatkan soal kepatuhan kepada Tuhan.

"Kita ajarkan dia mengenai doa supaya Tuhan berkenan kepada apa yang dia lakukan, dia mulai sadar. Ketika dia mulai sadar akhirnya dia merasa plong nyaman dia berdoa sama Tuhan," ucapnya.

"Cuma kemudian untuk kepentingan hukum dia meminta kepada kami untuk mengajukan permohonan perlindungan hukum dan dia bersedia menjadi justice collaborator," ujarnya.

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto memberikan penjelasan lain bagaimana Bharada E membuka tabir kasus tersebut. Namun Agus menilai keterbukaan Bharada E bukan karena pengacaranya.

"Bukan karena pengacara itu dia mengaku," kata Agus kepada wartawan, usai jumpa pers di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Begini Alasan Kabareskrim Murka ke Pengacara Bharada E, Foto Deolipa Yumara Jadi Sorotan

Tribunnews

Irjen Ferdy Sambo bukan hanya perintah tembak Brigadir J tapi juga iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

Komjen Agus mengatakan Bharada E tergugah mengakui penembakan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jaksel usai Timsus Polri mendatangkan orang tua Bharada E sehingga dengan cara itu Bharada E akhirnya membuat pengakuan sendiri.

"Apa yang dilakukan oleh timsus menyampaikan kepada dia kasih orang tuanya didatangkan, adalah upaya membuat dia untuk tergugah bahwa ancamannya cukup berat, jadi jangan tanggung sendiri. Sehingga dia secara sadar membuat pengakuan," tutur Agus.

"Jadi jangan tiba-tiba orang ditunjuk sebagai pengacara untuk mendampingi pemeriksaan terus dia ngoceh di luar, seolah-olah pekerjaan dia, itu kan nggak fair," tambahnya.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menegaskan punya alat bukti untuk menjerat Ferdy Sambo. Sekalipun jika Irjen Ferdy Sambo tidak mengakui perbuatannya.

"Jadi begini rekan-rekan pengakuan tersangka kan kita tahu semua, syukur ini tersangka bunyi, ngomong," ujar Andi Rian kepada wartawan dalam konferensi pers di Mako Brimob, Kelapa Dua pada Kamis (11/8/2022).

Andi Rian menegaskan tidak ada masalah jika Irjen Ferdy Sambo tidak mau mengakui apa yang telah ia lakukan. Andi Rian menyebut sudah punya bukti yang siap dibawa ke pengadilan.

"Kalau nggak ngomong sekalipun tidak masalah, kita sudah punya alat bukti untuk memberikan sangkaan terhadap yang bersangkutan dan siap untuk kita bawa ke pengadilan," beber Andi Rian.

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menuliskan sepucuk surat pengakuan dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Dalam surat itu Ferdy Sambo mengakui telah merekayasa kasus penembakan Brigadir J.

Baca Juga: Ternyata Bukan Pengacara Deolipa Yumara, Sosok Ini Bikin Hati Bharada E Meleleh, Foto Irjen Ferdy Sambo Sampai Digeruduk

Tribunnews

Irjen Ferdy Sambo bukan hanya perintah tembak Brigadir J tapi juga iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

Surat tersebut kemudian dibacakan oleh pengacaranya, Arman Hanis di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022). Ferdy Sambo memulainya dengan menyampaikan permintaan maaf atas polemik yang terjadi di Duren Tiga, lalu dilanjutkan dengan pengakuan rekayasa kasus Brigadir J.

"Izinkan saya sebagai manusia yang tidak lepas dari kekhilafan secara tulus meminta maaf dan memohon maaf sebesar-besarnya khususnya kepada rekan sejawat Polri beserta keluarga serta masyarakat luas yang terdampak akibat perbuatan saya yang memberikan informasi yang tidak benar serta memicu polemik dalam pusaran kasus Duren Tiga yang menimpa saya dan keluarga," ujar Arman menyampaikan pesan Irjen Ferdy Sambo.

Selanjutnya Irjen Ferdy Sambo menyebutkan perlakuannya itu demi menjaga dan melindungi muruah keluarganya. Dia mengatakan sangat mencintai keluarganya.

"Saya adalah kepala keluarga dan murni niat saya untuk menjaga dan melindungi marwah dan kehormatan keluarga yang sangat saya cintai," kata dia.

Permintaan maaf kemudian kembali disampaikan Irjen Ferdy Sambo. Terutama kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang terdampak akibat rekayasa tersebut.

"Kepada institusi yang saya banggakan, Polri, dan khususnya kepada bapak Kapolri yang sangat saya hormati, saya memohon maaf dan secara khusus kepada sejawat Polri yang memperoleh dampak langsung dari kasus ini saya memohon maaf," ucapnya.

Foto pengacara Bharada E bikin heboh publik usai mengungkap sejumlah fakta soal Bharada E. Deolipa menyatakan Bharada E diperintah oleh atasannya untuk menembak Brigadir J. Deolipa juga memastikan atasan yang dimaksud bukan lah dari kalangan sesama ajudan. Kliennya ini diperintah langsung oleh atasannya. Deolipa kembali mengungkap cerita lain.

Kata Deolipa, Ferdy Sambo menjanjikan uang untuk kliennya. Janji itu disampaikan Ferdy usai peristiwa penembakan. Namun janji tersebut tidak direalisasikan. "Misalnya ada iming-iming uang setelah terjadinya peristiwa pidana. Bukan sebelumnya. Uangnya tidak dikasih, dijanjikan saja," ujar Deolipa, dikutip akun Youtube Liputan6 SCTV, Rabu (10/8/2022). Foto pengacara Bharada E akhirnya bikin heboh di jagat maya.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Diduga Ribut dengan Istrinya Sebelum Brigadir J Tewas, Begini Cara Pengacara Bikin Bharada E Ungkap Fakta Sebenarnya, Foto Terkininya Dirahasiakan

Tirto

Irjen Ferdy Sambo bukan hanya perintah tembak Brigadir J tapi juga iming-imingi ini ke anak buahnya. Foto pengacara Bharada E bikin heboh.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya