Irjen Ferdy Sambo Akhirnya Bicara Perbuatan Anak Buahnya, Keluarga Sentil Sikap Istri Mantan Kadiv Propam di Momen Penting Brigadir J, Foto Buktinya Diunggah

Kamis, 04 Agustus 2022 | 13:21
Tribun

Keluarga menyentil sikap istri mantan Kadiv Propam di momen penting Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara perbuatan anak buahnya.

Fotokita.net - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo angkat bicara mengenai kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi di rumah dinasnya. Dalam pernyataannya saat mendatangi Bareskrim Polri, Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara soal perbuatan anak buahnya yang bikin jabatannya dicopot.

Jenderal bintang dua itu mendatangi Bareskrim Polri untuk memenuhi panggilan penyidik terkait kasus kematian Brigadir J. Kata Sambo, pemeriksaan kali ini adalah yang keempat kalinya.

Irjen Ferdy Sambo bicara perbuatan anak buahnya yang terjadi di rumah dinas, pihak keluarga sentil sikap istri mantan Kadiv Propam Polri di momen penting Brigadir J. Foto buktinya diunggah pihak keluarga almarhum di akun media sosial.

Pengusutan kasus kematian Brigadir J terus berjalan seiring tekanan publik yang sudah tidak sabar ingin melihat ujung dari insiden baku tembak sesama polisi itu.Bharada Richard Eliezer alias Bharada E sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Polisi mengenakan sangkaan Pasal 338 juncto Pasal 54 dan 56 KUHP.

"Dengan persangkaan Pasal 338 juncto Pasal 55 dan/atau 56 KUHP," sebut Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian yang berbicara di depan wartawan saat menggelar jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (3/8) malam.

Andi menyebutkan, tim khusus bentukan Kapolri masih terus mengembangkan kasus tersebut. Bharada E sendiri nantinya masih akan diperiksa sebagai tersangka. "Pemeriksaan belum selesai, masih dalam pengembangan terus," tukas Andi.

Setelah penetapan Bharada E sebagai tersangka, Irjen Ferdy Sambo akhirnya muncul ke publik. Dia mau bicara soal perbuatan anak buahnya. Pernyataan ini dilontarkan saat Sambo memenuhipanggilan Bareskrim Polri.

Baca Juga: Ternyata Surat Tugas Bharada E Bukan Jadi Ajudan, Ketahuan Dapat Pistol dari Sosok Ini, Foto Sosoknya Sampai Dicari

Dari pengamatan wartawan yang sudah menunggunya, Sambo tiba di lobi gedung Bareskrim Polri pukul 09.55 WIB, Kamis (4/8/2022). Saat muncul di depan wartawan, Sambo sempat menyampaikan permohonan maaf kepada Polri.

Sambo juga turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir Yoshua. Dia berharap publik tidak memberikan asumsi terkait kasus ini. "Saya hadir memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri. Pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang keempat. Saya sudah memberikan keterangan kepada penyidik Polres Jaksel, Polda Metro Jaya, sekarang yang keempat di Bareskrim Polri," papar Ferdy Sambo.

"Selanjutnya saya juga intinya menyampaikan permohonan maaf kepada institusi terkait peristiwa yang terjadi di rumah dinas saya di Duren Tiga," ujar Sambo.

Permintaan maaf juga disampaikan Sambo kepada Polri. Selain itu, Sambo menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir Yosua.

"Kemudian yang kedua, saya selaku ciptaan Tuhan menyampaikan permohonan maaf kepada institusi Polri. Demikian juga saya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir Yoshua. Semoga keluarga diberikan kekuatan. Namun semua itu terlepas dari apa yang telah dilakukan Yosua kepada istri dan keluarga saya," terang Ferdy Sambo yang akhirnya bicara soal perbuatan anak buahnya.

Dia berharap masyarakat tidak membuat asumsi dan persepsi yang membuat kasus ini simpang siur. Sambo meminta masyarakat bersabar. Dia berharap masyarakat tidak membuat asumsi dan persepsi yang membuat kasus ini simpang siur. Sambo meminta masyarakat bersabar.

"Selanjutnya saya harapkan kepada seluruh pihak-pihak dan masyarakat untuk terus bersabar dan tidak memberikan asumsi, persepsi, simpang siurnya peristiwa di rumah saya.

Saya mohon doa agar istri saya segera pulih dari trauma dan anak-anak saya juga bisa melewati kondisi ini sekian dan terima kasih," tutup Sambo mengakhiri pernyataannya kepada publik setelah bungkam hampir sebulan dari peristiwa berdarah itu.

Baca Juga: Kasus Brigadir J Kian Terang, Kiriman Pesan WA di Ulang Tahun Ajudan Irjen Ferdy Sambo Jadi Sorotan, Keluarga Pamerkan Foto Buktinya

KompasTV

Keluarga menyentil sikap istri mantan Kadiv Propam di momen penting Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara perbuatan anak buahnya.

Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara soal perbuatan anak buahnya di rumah dinas, keluarga sentil sikap istri mantan Kadiv Propam Polri di momen penting Brigadir J. Foto buktinya diunggah pihak keluarga di akun media sosial.

Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat kecewa karena menurutnya banyak orang yang menghakimi bahwa almarhum anaknya melakukan pelecehan seksual terhadap istri Irjen Ferdy Sambo sehingga berujung penembakan.

Samuel menyebutkan, tuduhan tersebut menjadi pukulan berat bagi keluarga. "Ini menjadi pukulan berat. Ada pepatah menyampaikan fitnah lebih kejam dari pembunuhan," kata Samuel kepada wartawan dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Rabu (3/8/2022).

Samuel mengatakan, keluarga merasa terpukul dan sakit hati. Terlebih lagi, Brigadir J seolah-olah sudah dihakimi melakukan pelecehan padahal belum ada keputusan pengadilan.

"Belum ada keputusan pengadilan, anak kami dikatakan mencabuli. Jadi ini kami Hutabarat kurang terima," ucap dia. Sementara itu, Samuel menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menginstruksikan kepada jajarannya agar kasus kematian Brigadir J dibuka selebar-lebarnya.

Dia turut berterima kasih kepada Menko Polhukam Mahfud MD yang telah merespons kasus ini sejak awal. "Sampai Pak Mahfud mengatakan kalau mencari tikus, dalam suatu lumbung, jangan lumbungnya dibakar. Kalau kami maknai, ini artinya sudah sangat mendalam bagi kita semua," papar Samuel.

Dalam foto yang diunggah Roslin Emika, kerabat Brigadir J, ajudan Irjen Ferdy Sambo terlihat berdiri di depan kue ulang tahun. Tulisan di kue itu juga ramai dibahas oleh netizen. Foto buktinya bisa dilihat di artikel Fotokita.net ini.

Baca Juga: Sebelum Insiden Brigadir J Terjadi, Irjen Ferdy Sambo Sudah Punya Niat Begini, Foto Mantan Kadiv Propam di Magelang Jadi Bukti

Facebook

Keluarga menyentil sikap istri mantan Kadiv Propam di momen penting Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara perbuatan anak buahnya.

Dalam keterangan foto kiriman WA buat Brigadir J yang diduga berasal dari istri Irjen Ferdy Sambo, Roslin Emika menuliskan curahan hatinya.

"Apalah arti semua pemberian dan ucapan ini nakku. Klo kamu hanya di jadikan sebagai penyelamat bagi mereka tapi kamu nggak berharga di mata mereka.

Tubuh mu disiksa,ditembaki dengan dalih apa ni sehingga kamu mendapatkan penderitaan yang segitu tragis nya. Kamu dianggap sebagai anak dan ajudan yg terbaik tapi mana buktinya. Semuanya hanya manis di bibir."

"Klo memang dari hati yang paling dalam perkataan ini kami mohon buat Bu Putri berikan kesaksian yang jujur karena anda ada di TKP agar Roh anak kami tenang jangan sampai darah nya menjerit kepada Tuhan untuk meminta keadilan."

Adapun kiriman pesan WA di hari ulang tahun Brigadir J yang diduga berasal dari istri Irjen Ferdy Sambo berbunyi seperti begini. Pesan WA itu ditulis dalam bahasa Inggris.

"This is my massage in your birthday... Today hopefully whatever you wish n pray for will come true. I hope that hope will also bring happiness. And I'm so gratefull to have you as a bodyguard, friend n family. You're such a great staff.Hope your birthday is a special as you are. Happy birthday my great bodyguard SUA."

Banyak netizen yang menyoroti isi kiriman pesan di hari ulang tahun Brigadir J. Mereka banyak yang bertanya arti kalimat "my great bodyguard SUA." Kalimat ini juga ditulis di atas kue ulang tahun seperti dalam foto yang dipamerkan keluarga Brigadir J.

Akun Alio Jes bertanya, "SUA dikalimat terakhir itu artinya apa kk ?" Netizen lainnya coba menjawabnya.Dewi Putri Purba membuat respons, "Ailo Jes nama panggilan nya kurasa kak josua, jd SUA." Lalu, ada akun El La yang menimpali, "menurutku Kalimat terakhir SUA itu adalah yosua."

Baca Juga: Pangkatnya Lebih Tinggi dari Brigadir J, Ajudan Irjen Ferdy Sambo Ini Ngumpet di Balik Kulkas Saat Bharada E Balas Tembakan, Begini Foto Sosoknya

Facebook

Keluarga menyentil sikap istri mantan Kadiv Propam di momen penting Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akhirnya bicara perbuatan anak buahnya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya