Kondisi Jenazah Anak Ridwan Bikin Syok Satu Indonesia, Begini Ungkapan Penyesalan Kekasih Eril Gegara Sering Protes, Unggah Foto Momen Spesial Almarhum

Kamis, 09 Juni 2022 | 21:33
Instagram

Begini ungkapan penyesalan kekasih Eril yang sering protes ke almarhum. Kondisi jenazah anak Ridwan Kamil bikin syok satu Indonesia.

Fotokita.net - Kondisi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss bikin syok satu Indonesia. Begini ungakapan penyesalan kekasih Eril, Nabila Ishma Nurhabibah gegara sering protes. Nabila mengunggah foto momen spesial almarhum.

Kepolisian Bern telah memberikan pernyataan resmi terkait penemuan jenazah Eril sejak hilang pada Kamis (26/5/2022) di Sungai Aare. Jenazah Eril ditemukan setelah 2 pekan hilang.

Dalam keterangan resminya, polisi mengungkapkan adanya penemuan jasad seorang laki-laki pada Rabu (8/6/2022), pukul 06.50 waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB, di Bendungan Engehalde. Polisi setempat menyebut jasad pria itu merupakan WNI.

Pada Kamis (9/6/2022) polisi memberikan keterangan resmi berbunyi, "Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern. Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

Jenazah Eril ditemukan polisi di Bendungan Engehalde. Polisi menyebutkan Eril anak Ridwan Kamil meninggal dunia gegara tenggelam setelah mengalami keadaan darurat."Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," begitu bunyi keterangan pihak kepolisian Swiss yang tercantum di situs web mereka.

Polisi Swiss mendapat laporan pada Rabu, 8 Juni 2022, bahwa ada seorang pria tak bernyawa di Bendungan Engehalde, Bern. Hasil forensik memastikan jenazah tersebut ialah Eril yang dilaporkan hilang dua minggu lalu.

Baca Juga: Ditulis Sebelum Hanyut di Sungai Aare, Begini Pesan Terakhir Eril Buat Sang Kekasih, Foto Surat Anak Ridwan Kamil Bikin Nyesek

"Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," begitu bunyi laporan polisi.

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan proses penemuan jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22). Muliaman mengungkapkan jasad yang ditemukan polisi setempat terkonfirmasi adalah jenazah Eril berdasarkan tes DNA."Pada hari Kamis 9, Juni 2022, siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau anada Eril," kata Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022). Jenazah Eril akan diserahkan ke keluarga. Penyerahan jenazah ke keluarga telah diputuskan oleh pengadilan setempat.Pada Kamis (26/5/2022) kabar menghilangnya Eril dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga. Eril disebut hilang saat berenang di Sungai Aare."Kronologisnya Eril berenang di Sungai Aare, Bern, bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," kata pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman, kepada wartawan, Jumat (27/5/2022). "Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," imbuhnya.Polisi Swiss melakukan pencarian di hari pertama dengan menyusuri lokasi di sekitar sungai. Pencarian dilanjutkan esok harinya karena kondisi suhu dan arus sungai.Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan pihak KBRI Bern sudah berkoordinasi dengan kepolisian Swiss. "KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian," ujar Jubir Kemlu Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Engkau Anugerah Terindah yang Pernah Aku Terima, Hati Kekasih Eril Terkoyak Usai Memendam Rindu, Ungkapan Duka Mengalir Lewat Foto Kenangan

Instagram

Begini ungkapan penyesalan kekasih Eril yang sering protes ke almarhum. Kondisi jenazah anak Ridwan Kamil bikin syok satu Indonesia.

Faizasyah mengatakan pencarian sudah dilakukan sejak Kamis (26/5). Pencarian akan dilanjutkan lagi hari ini. "Upaya pencarian langsung dilakukan pada 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," jelasnya.Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan upaya pencarian terus dilakukan di hari ketiga. Untuk pencarian itu, telah dibentuk tim SAR yang terdiri atas sekitar 20 personel."Pihak kepolisian menyampaikan mereka telah membentuk tim SAR yang langsung menyisir seluruh area potensial di sepanjang Sungai Aare. Tim SAR yang berjumlah sekitar 20 orang terdiri atas unsur polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran," kata Muliaman saat konferensi pers, Sabtu (28/5/2022)."Jadi memang khusus ada polisi sungai karena memang Sungai Aare ini sungai yang sangat populer, terutama pada musim semi dan musim panas dan musim libur sekolah. Mereka banyak berkumpul di sepanjang sungai ini. Jadi setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu," tambahnya.Tim SAR kembali melanjutkan pencarian Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Pencarian hari keempat ini difokuskan di area antara 2 pintu air terdekat lokasi hilangnya Eril."Rencana pencarian besok (Minggu) akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Saudara Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde," demikian keterangan KBRI Bern yang dikutip dari situs kemlu.go.id, Minggu (29/5/2022).Eril dinyatakan meninggal dunia. Pernyataan tersebut disampaikan langsung keluarga Eril pada Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: 'Ayo Pulang Ril Jumat Gue Sidang', Hati Kakak Pacar Eril Remuk Sudah Buat Janji Begini, Foto Bareng SBY dan Bu Ani Bikin Bangga Gubernur Jawa Barat

Instagram

Begini ungkapan penyesalan kekasih Eril yang sering protes ke almarhum. Kondisi jenazah anak Ridwan Kamil bikin syok satu Indonesia.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, sesungguhnya semua makhluk bernyawa akan merasakan kematian," kata Erwin Muniruzaman, selaku perwakilan keluarga, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6).

Sebelum kondisi jenazah anak Ridwan Kamil terungkap, kekasih Eril, Nabila Ishma Nurhabibah menyebutkan permintaan terakhir almarhum sebelum hanyut di Sungai Aare.

Dalam beberapa tahun belakangan, anak Ridwan Kamil menjalin hubungan asmara dengan perempuan berhijab yang tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini.

Lewat akun Instagram miliknya, Nabila memajang foto Eril yang sedang duduk sendiri di sebuah distro. Di foto itu, Eril terlihat tersenyum menghadap kamera. Nabila Ishma memberikan pesan menyentuh bagi sang kekasih yang sudah begitu dia rindukan. “You will always be my home. So, please come home, Ril (Kamu akan selalu jadi rumahku. Jadi, pulanglah ke rumah, Ril),” tulis perempuan cantik yang juga berprofesi sebagai model iklan ini pada Kamis (2/6/2022).

Sejak hilang kontak, Nabila Ishma beberapa kali mengunggah foto kenangannya bersama Eril. Selain itu, dia juga menuliskan kesannya terhadap Eril melalui Instagram Story. Salah satunya, foto Nabila dan Eril yang diambil secara selfie. Keduanya tersenyum ceria di depan kamera.

"Ini sudah seminggu Eril, di mana kamu sekarang? Aku sangat merindukanmu,” tulis perempuan dengan seabrek prestasi dalam foto tersebut.

Baca Juga: Bisa Diseret ke Polisi? Foto Ini Bukti Ramalan Rara Pawang Hujan Meleset, Eril Ditemukan Pada Jam Segini

Kesedihan semakin menyelimuti Nabila Ishma. Sebab, kekasihnya sudah menulis surat pesan terakhir yang ditulis sebelum hanyut di Sungai Aare. Foto surat anak Ridwan Kamil ini diunggah Nabila Ishma melalui Instagram Story.

Surat berisi pesan mendalam ditulis Eril sebagai bagian dari hadiah ulang tahun Nabila Ishma yang jatuh pada 8 Mei lalu. Begini pesan terakhir Eril buat sang kekasih:

"HBD yang ke-21 yaa Nbaila-koe. Semoga kedepannya kamu bisa lebih bahagia, banyak senyum, banyak duit, dan yang paling penting banyak yang sayang," tulis Eril dalam surat terakhir kepada kekasihnya.

"Jangan sedih kalau semua ga sesuai yang kamu harepin. Pasti yang terbaik bagi kamu akan datang pada waktunya. Awas aja kalau jarang senyum. Love."

Dalam surat terakhir itu, Eril membubuhkan tanda tangannya dan menyisipkan tanda cinta bagi sang kekasih. Nabila Ishma mengunggah foto surat anak Ridwan Kamil berserta foto kebersamaan mereka.

Lewat foto unggahan lainnya, Nabila Ishma juga menuliskan pesan terakhirnya kepada sang kekasih.

"Hai A Erill..

Baca Juga: Ayahnya Bangun Kolam Renang Rp 1,5 Miliar, Eril Pilih Angkat Kaki dari Rumah Dinas Gegara Alasan Ini, Istri Ridwan Kamil Unggah Foto Terakhir Sebelum Musibah

Instagram

Begini ungkapan penyesalan kekasih Eril yang sering protes ke almarhum. Kondisi jenazah anak Ridwan Kamil bikin syok satu Indonesia.

Dulu aku sering protes karena kamu selalu terlalu baik sama orang orang. Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu.

Sungguh, kejadian ini benar benar menjadi luka yang sangat dalam untuk aku ril. Tapi dibalik itu juga jadi luka yang manis karena aku juga menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir.A eril, selama ini kita selalu berusaha mencari kebahagiaan kita bersama. Tapi sekarang, kalau memang kamu sudah menemukan kebahagiaan kamu, aku ikhlas dan aku akan tetap melanjutkan mencari kebahagiaan aku disini.Aku sayang kamu ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku. I love you ril, you wil always have a place in my heart. You’re gonna live forever in me????."

Setelah mengunggah foto surat berisi pesan terakhir anak Ridwan Kamil yang bikin nyesek, Nabila Ishma memberikan kesan atas kepergian sang kekasih untuk selamanya. Selamat jalan Eril!

Baca Juga: Cara Ridwan Kamil Tegur Eril di Medsos Bikin Baper, Penyebabnya Anak Atalia Pamer Foto Senang-senang Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma