Air Mata Atalia Basahi Dada Ibunda, Ungkapan Duka Gisel Buat Eril Tuai Sorotan, Posting Foto Keluarga Ridwan Kamil di Tepi Sungai Aare

Sabtu, 04 Juni 2022 | 23:05
Dudi Sugandi

Duka atas kehilangan Eril telah menyelimuti Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ungkapan duka juga meluncur dari Gisel hingga tuai sorotan.

Fotokita.net - Air mata istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya membasahi dada sang ibunda. Atalia yang baru kembali dari Swiss memeluk erat ibundanya yang sudah menunggu cerita musibah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Ungkapan duka cita terlontar dari Gisella Anastasia buat Eril menuai sorotan. Gisel memposting foto keluarga Ridwan Kamil di tepi Sungai Aare.

Pencarian Eril anak Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare di kota Bern sudah melewati satu pekan. Hingga kini, tubuh Eril belum juga dapat ditemukan tim SAR dan kepolisian Swiss. Bahkan, pencarian intensif itu juga sudah melibatkan polisi maritim dan pemadam kebakaran. Namun, upaya pencarian masih belum membuahkan hasil.

Pencarian Eril juga digelar dengan beberapa metode seperti berjalan menyusuri sungai, perahu, penyelam, dan juga drone.

Ridwan Kamil hanya memiliki perpanjangan masa cuti hingga tanggal 4 Juni. Kang Emil, begitu dia biasa disapa, sudah harus kembali bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Itu sebabnya, Kang Emil serta istri dan anaknya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara memutuskan kembali ke Tanah Air.

Sebelum pulang, Ridwan Kamil dan keluarga besarnya mengambil keputusan besar nan berat, Mereka menyatakan Eril telah meninggal dunia karena tenggalam. Eril terseret arus deras Sungai Aare pada Kamis (26/5/2022) siang waktu Swiss.

Melalui paman Eril, Elpi Nazmuzzaman memberikan pernyataan duka cita secara resmi kepada awak media. Dia mengawali dengan kalimat Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, serta menyebut bahwa keluarga sudah ikhlas dengan status Eril apapun keadaannya (hidup ataupun meninggal dunia). "Saat ini keluarga sudah konsultasi dengan ulama, tentang status syahid akherat, kami ikhlas apapun kondisi nanti ponakan kami," katanya.

Sementara itu, kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, menyebut bahwa orangtua Eril telah ikhlas dan meyakini putranya sudah wafat berpulang ke rahmatullah. "Ridwan Kamil dan Atalia sudah mengikhlaskan dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia," kata Erwin paman Emmeril Kahn Mumtadz.

Baca Juga: Lahir di New Yok, Alasan Eril Malas Diajak Liburan ke Singapura Bikin Syok, Anak Ridwan Kamil Unggah Foto Pelesir Semasa Cilik

Dalam kesempatan itu, Erwin juga meminta maaf kepada seluruh pihak jika ada kesalahan dari anak Ridwan Kamil dan Atalia Kamil itu. "Kami selaku keluarga besar Emmeril memohon maaf apabila terdapat kesalahan yang pernah dilakukan keponakan kami, Emmeril," kata Erwin.Tak hanya itu, Erwin pun meminta keihklasan semua warga untuk melaksanakan salat gaib untuk mendoakan Emmeril. "Kami mohon kesediaannya dan keikhlasannya untuk semua warga untuk mengikuti salat gaib setelah salat Jumat, guna mendoakan keponakan kami (Emmeril) yang kami yakini sudah wafat dalam kondisi Insya Allah syahid," kata Erwin.

Saat tiba di Bandung, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya sudah ditunggu keluarga besar dan sahabat. Mereka terlihat saling memberikan dukungan kuat. Namun, suasana duka begitu kental menyelimuti kedatangan Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan Zara.

Sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @jabarquickrespone pada Sabtu (4/6/2022). menggambarkan suasana yang menyelimuti kedatangan keluarga Ridwan Kamil. Dalam video terlihat, air mata Atalia membasahi dada sang ibunda, yang duduk di sebuah kursi. Setelah berpelukan erat, keduanya terlihat berbincang hangat.

Di sebelah ibunda Atalia, Ridwan Kamil telah bersimpuh di pangkuan nenek Eril. Tanpa kuasa menahan tangis, Ridwan Kamil tampak beberapa saat bersimpuh di pangkuan sang ibunda. Ridwan Kamil yang selalu terlihat ceria begitu terpukul dalam musibah yang menimpa anak pertamanya.

Air mata Ridwan Kamil tumpah di pelukan sang ibunda, Hj Tjutju Sukaesih. Momen Ridwan Kamil menangis di pangkuan ibundanya tentu menjadi momen yang sangat mengiris hati.Bagaimana tidak, Ridwan Kamil yang terus mencoba tegar meski hati tengah terpukul dan remuk karena kehilangan Emmeril atau Eril, namun ketika bertemu sang ibunda, Ridwan Kamil sudah tak mampu lagi menahan air matanya.

Baca Juga: Ditulis Sebelum Hanyut di Sungai Aare, Begini Pesan Terakhir Eril Buat Sang Kekasih, Foto Surat Anak Ridwan Kamil Bikin Nyesek

Instagram

Duka atas kehilangan Eril telah menyelimuti Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ungkapan duka juga meluncur dari Gisel hingga tuai sorotan.

Saat itu, Ridwan Kamil yang identik menggunakan kacamata pun melepas barang tersebut sebelum berlutut dan memeluk sang ibunda. Di pelukan ibundanya, Ridwan Kamil melampiaskan kesedihannya setelah kehilangan Emmeril dengan cara menangis.

Setelah itu, Atalia dan Ridwan Kamil terlihat duduk di atas lantai sembari bercerita kepada ibunda. Video itu juga menunjukkan deretan karangan bunga yang memberikan ungkapan duka atas kepergian Eril anak Ridwan Kamil untuk selama-lamanya.

"Tiada yang dapat menggantikan kekuatan cinta kasih orangtua kepada anaknya. Hangatnya pelukan dan senyuman mereka begitu menenangkan. Dekapannya menghanyutkan kita pada ketenangan dalam riuhnya hingar bingar dunia. Cinta kasih mereka adalah obat pelipur lara yang sungguh menakjubkan," tulis akun @jabarquickrespone.

"Doa kami, semoga Bapak @ridwankamil , Ibu @ataliapr beserta keluarga senantiasa diberikan ketabahan dan ketegaran. Dokumentasi momen kepulangan Bapak Ridwan Kamil dan keluarga saat tiba di rumah dinas Gedung Pakuan kota Bandung,"Momen penuh kesedihan ini langsung dibanjiri dengan ucapan belasungkawa dan dukungan dari para netizen. "Liat di post siapapun pasti nangis,Ya Allah kehilangan itu sakit,yg kuat kang Emil teh Lia,doa kami menyertai ananda Eril,¨ ujar seorang netizen.

"Ngeliat ketabahan beliau sekeluarga malah bikin air mata gabisa buat ga netes ya Allah. Memang keluarga yang hebat, kuat, tegar. Allah tau manusia mana yang sanggup menerima ujiannya?" tulis netizen lainnya. "semoga jasad a eril segera ketemu Aamiin Ya Rabb," sebut netizen lain.Pada sejumlah foto-foto kepulangan Ridwan Kamil yang dibagikan Biro Adpim Jabar, tentu saja masih sangat terasa kental suasana duka citanya.

Baca Juga: Aa Gym Terangkan Soal Syahid Akhirat, Malaikat Bertanya Begini Ke Orang yang Mati Tenggelam, Foto Ridwan Kamil Hanyutkan Setangkai Bunga Bikin Mewek

Instagram

Duka atas kehilangan Eril telah menyelimuti Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ungkapan duka juga meluncur dari Gisel hingga tuai sorotan.

Adapun Ridwan Kamil yang baru turun dari mobil jemputan pun tampak tertunduk lesu sambil menahan tangis setelah menerima kenyataan bahwa putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril diyakini telah meninggal dunia di sungai Aare.Tak hanya itu, Erwin yang menyambut kepulangan Ridwan Kamil dan keluarga langsung memeluk erat orang nomor satu di Jawa Barat itu. Adapun Ridwan Kamil membalas pelukan yang diberikan sang kakak, dengan wajah tertunduk sambil menahan air matanya agar tak tumpah alias menangis.Langkah demi langkah menuju rumah dilakukan Ridwan Kamil. Tak ada kata-kata yang terucap dari mulut Ridwan Kamil, ia lebih memilih diam sambil terus berjalan menuju mobil jemputannya yang hendak mengantar ia dan keluarganya pulang ke rumah.

Air mata Atalia membasahi dada sang ibunda, ungkapan duka cita juga meluncur dari Gisella Anastasia atau Gisel buat Eril anak Ridwan Kamil. Namun, ungkapan duka Gisel menuai sorotan dari netizen. Dia mengunggah foto keluarga Ridwan Kamil di tepi Sungai Aare.

"Turut mengirimkan doa untuk putra tercinta Bapak @ridwankamil dan Ibu @ataliapr .Juga teruntuk Bapak, ibu, dan keluarga senantiasa diberi keikhlasan, damai sejahtera dan penghiburan dari Tuhan YME karena tidak ada sepatahkatapun dari kami yg bisa mengurangi rasa kehilangan yg dialami saat saat ini. Doa kami selalu menyertai????," tulis Gisel dalam keterangan foto keluarga Ridwan Kamil di tepi Sungai Aare, Swiss.

Ungkapan duka cita Gisel buat Eril menuai sorotan dari netizen. Akun @arsi_widianto menulis, "Amin Dalem bgt ucapan belasungkawa nya ????????????????"

Lalu, akun @ag_us6520 ikut menuliskan ungakapan duka, "Semoga keluarga mampu ikhlas menerima cobaan ini,Allah punya rencana yang terbaik untuk keluarga Almarhum , Aamiin."

Namun, akun @fariz_rifasjeans malah menemukan fakta tanpa sengaja terkait Sungai Aare, "AARE : Atalia, Azzahra, Ridwan, Emmeril… kok bisa pass yaa????."

Baca Juga: Takdir Allah Sudah Ditetapkan, Keluarga Ridwan Kamil Buat Persiapan Bersama Ustaz Adi Hidayat, Suami Atalia Praratya Unggah Foto Eril Terpekur di Masjid

Instagram

Duka atas kehilangan Eril telah menyelimuti Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ungkapan duka juga meluncur dari Gisel hingga tuai sorotan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya