Lahir di New Yok, Alasan Eril Malas Diajak Liburan ke Singapura Bikin Syok, Anak Ridwan Kamil Unggah Foto Pelesir Semasa Cilik

Sabtu, 04 Juni 2022 | 17:25
Facebook

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

Fotokita.net - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sudah dinyatakan meninggal dunia karena tenggelam setelah terseret arus deras Sungai Aare, di kota Bern, Swiss. Eril yang lahir di New York City pada tahun 1999 ternyata paling malas apabila diajak liburan ke Singapura. Anak Ridwan Kamil pernah mengunggah foto pelesir semasa cilik bersama sang ibu dan adiknya.

Eril sudah terbiasa liburan ke luar negeri. Maklum, ayahnya, Ridwan Kamil sempat menempuh pendidikan pasca sarjana atau S2 di Amerika Serikat. Bahkan, ayah Eril sempat bekerja di New York selagi kuliah di negara Paman Sam.

Ingin memgikuti sang ayah, Eril mulai menjajaki kuliah di luar negeri. Swiss menjadi negara tujuan Eril dan keluarga Ridwan Kamil. Selagi ayahnya mengurus pekerjaan sebagai Gubernur Jawa Barat di London, Inggris, Eril datang terlebih dulu ke Bern, ibu kota Swiss.

Selama di Bern, Eril tak sendirian. Dia ditemani sang ibunda, Atalia Praratya dan adiknya, Camillia Laetittia Azzahra atau Zara. Pada Kamis (26/5/2022) yang cerah, Eril pelesir keliling kota bersama ibu dan adiknya. Mereka juga ditemani temannya yang sudah lebih dulu tinggal di Bern.

Melihat panorama alam Sungai Aare yang membelah kota Bern, hasrat Eril dan adiknya mencicipi aliran air dingin tampaknya sudah tak tertahankan. Ditemani rekannya, Eril dan Zara menceburkan diri ke sungai yang terlihat memiliki aliran deras.

Namun, keputusan mereka berenang di Sungai Aare menjadi pangkal masalah. Eril hanyut. Tubuhnya terseret arus sungai Aare yang cukup deras ketika dia mencoba naik ke daratan. Adik Eril dan rekannya berhasil selamat setelah mendapatkan pertolongan dari warga Bern.

Sayangnya, Eril tak memiliki kesempatan yang sama. Dia gagal menaiki daratan. Tangannya terlepas terseret arus deras. Warga Bern sempat mendengar teriakan tolong terlontar dari mulut Eril. “Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah,” terang pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman.

Baca Juga: Ditulis Sebelum Hanyut di Sungai Aare, Begini Pesan Terakhir Eril Buat Sang Kekasih, Foto Surat Anak Ridwan Kamil Bikin Nyesek

Mendapatkan kabar Eril hilang di Sungai Aare, tim Search and Rescue (SAR) dan polisi Swiss segera turun tangan. Mereka bergerak cepat menggelar operasi pencarian. Tim SAR mencari anak Ridwan Kamil dengan berbagai metode, mulai dari darat, perahu, selam hingga drone.

Ridwan Kamil yang berada di Inggris segera menyusul ke Bern begitu mendapatkan kabar putra sulungnya hilang ditelan arus sungai Aare. Begitu tiba, Ridwan Kamil langsung ikut mencari anaknya yang baru lulus dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Namun, pencarian Eril yang sudah digelar lebih dari sepekan belum membuahkan hasil. Eril belum juga ditemukan. Salah satu kendala pencarian Eril adalah keruhnya air sungai Aare.Dalam proses pencarian, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ikut menyusuri sungai Aare. Momen orangtua mencari putranya yang hilang membawa kesan mengharukan bagi netizen.Melihat foto keluarga Ridwan Kamil yang ikut mencari Eril, netizen banyak mengirimkan doa. Mereka berdoa agar orangtua dan keluarga Eril diberikan ketabahan menghadapi musibah ini. Setelah melewati satu pekan, Ridwan Kamil dan keluarga sudah mengikhlaskan Eril yang tak kunjung ditemukan.

Facebook

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan surat imbauan. Dalam surat imbauan yang beredar luas itu, MUI meminta agar masyarakat khususnya yang muslim turut mendoakan Eril dengan melakukan salat gaib di masjid atau musalanya masing-masing.“Oleh karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan salat gaib atas (nama) almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada hari Jumat, 3 Juni 2022 di setiap musala/masjid," tulis keterangan Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe'i, Kamis (2/6/2022).

Bagi Eril tinggal di luar negeri bukanlah sebuah kendala. Sedari lahir, Eril sudah terbiasa tinggal di luar Indonesia. Laki-laki kelahiran 25 Juni 1999 mulai melihat dunia dari sebuah Rumah Sakit khusus warga miskin di New York City, Amerika Serikat.

Baca Juga: Semoga Didengar Sang Anak, Ridwan Kamil Kumandangkan Adzan di Sungai Aare, Pacar Eril Sebut Permintaan Khusus Lewat Foto Ini

Facebook

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

Eril lahir di New York lantaran ayahnya, Ridwan Kamil sedang menempuh pendidikan S-2. Ia lahir saat sang ayah sedang menjalani pendidikan S2 Master Urban Design di University of California.

Kisah lahirnya Eril di kota paling sibuk seantero jagat ini pernah diceritakan langsung Ridwan Kamil.

Saat menceritakan proses kelahiran Eril, Ridwan kamil sedang menghadiri kegiatan penandatanganan kesepahaman bersama antara Pemprov Jabar dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terkait Pelayanan Penyelenggaraan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia asal Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, akhir Maret 2022 lalu.

Sebelum Eril lahir di New York, Ridwan Kamil mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat kelalaian HRD yang lupa mengurus visa kerjanya. Kesedihan semakin menyelimuti Ridwan Kamil lantaran saat keputusan PHK itu datang pada saat Atalia Praratya sedang hamil 8 bulan.Masalah tak berhenti sampai di situ. Ridwan Kamil tak bisa buru-buru pulang ke Indonesia lantaran aturan wanita hamil 8 bulan dilarang naik pesawat. Ujung cerita, Ridwan Kamil nekat terus bekerja di New York tanpa mengantongi visa kerja. Ketika Eril lahir, Ridwan Kamil bercerita, bahwa saat itu biaya persalinan di Rumah Sakit di New York mencaoai Rp 70 juta.Dalam kebingungannya itu, demi mendapatkan jaminan persalinan, dengan terpaksa Atalia harus melahirkan Eril di sebuah Rumah Sakit khusus warga miskin di New York. "Anak pertama Gubernur Jabar akhirnya lahir dengan status warga miskin kota penerima bansos,” sebut Ridwan Kamil.Setelah pulang ke Indonesia, Eril menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hikam, Bandung sejak SD-SMP. Setelah lulus, Eril melanjutkan ke SMA negeri 3 yang menjadi sekolah favorit di wilayah Bandung.

Baca Juga: Engkau Anugerah Terindah yang Pernah Aku Terima, Hati Kekasih Eril Terkoyak Usai Memendam Rindu, Ungkapan Duka Mengalir Lewat Foto Kenangan

Instagram

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

Sekalipun sudah menjadi anak gubernur saat ia SMA, Eril tetap santai menjalani kesehariannya. Eril terlihat mengendarai sepeda saat berangkat ke sekolah. Ia juga dikenal luwes dan aktif dalam berkegiatan.

Lulus dari SMA Negeri 3 Bandung, Eril berhasil duduk di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung. Dia terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2017. Prestasi Eril ini membuat bangga sang ayah. Maklum, Ridwan Kamil juga tercatat sebagai mahasiswa ITB. Bahkan, nenek Eril juga lulusan kampus bergengsi Tanah Air ini.

Selain berprestasi dalam hal akademis, Eril juga aktif bergabung mengikuti organisasi di kampus. Belum berhenti sampai di situ, kekasih Nabila Ishma Nurhabibah ini juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Seperti saat pandemi Covid-19, ia ikut turun membagikan bantuan ke pasar tradisional dan orang-orang yang membutuhkan. "Buat organisasi relawan @jaberzillenial, berawal karena ingin punya organisasi yang mewadahi anak muda untuk membantu masyarakat terutama saat masa pandemi Covid-19 yang gapunya banyak pilihan," tulis Eril tentang organisasi yang digagasnya. Selain memiliki jiwa sosial tinggi dan berprestasi, Eril juga punya hobi seni yaitu bermain saksofon. Ia juga mulai berbisnis dengan menyewakan mobil antik untuk foto pre-wedding atau pernikahan, bahkan ia menyatakan siap jadi supirnya jika tidak berhalangan. Sebelum pergi melancong ke Swiss, asisten pribadi Eril, Hendar Zaehanan mengungkap ada sikap yang berbeda dari putra sulung Ridwan Kamil. Hendar juga menemukan kejanggalan dari Eril. Ia merasa aneh dengan sikap diamnya Eril yang tak biasa.“Pas mau berangkat ke Pakuan dulu ambil koper, pas turun mobil bawa koper dia enggak pernah 'A Endar bantuin'. Dia bawa sendiri, jalannya nunduk. Enggak pernah jalannya lihat kanan kiri. Dia enggak ngomong," ceritanya dilansir dari YouTube Intens Investigasi, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Takdir Allah Sudah Ditetapkan, Keluarga Ridwan Kamil Buat Persiapan Bersama Ustaz Adi Hidayat, Suami Atalia Praratya Unggah Foto Eril Terpekur di Masjid

Instagram

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

Meski majikannya tak kunjung ditemukan, batin Hendar merasakan Eril masih ada di kamarnya. "Berasa di atas di kamar lagi senda gurau. Enggak ada batasan sama saya. Waktu mau berangkat juga agak aneh enggak seperti hari-hari biasa,” ungkap Hendar.Setiap siang dan malam Hendar menunggu kabar baik Eril. Ia berharap Eril dapat ditemukan dan keluarganya dikuatkan untuk menghadapi musibah ini.Sedari masih bersekolah di Pondok Pesantren Darul Hikam, Eril sudah aktif bermain media sosial. Ketika itu, Eril juga aktif bercerita melalui akun Facebook miliknya.

Di akun Facebook yang kini sudah tidak lagi aktif sejak beberapa tahun belakangan, Eril pernah membagikan foto dirinya bersama idolanya, Ariel NOAH. Foto ini diunggah pada tahun 2009. Foto Eril dan Ariel NOAH ini membuat sahabatnya heboh.

Lalu, Eril juga mengunggah foto dia dan adiknya berlibur ke Singapura. Rupanya, Eril mengaku malas diajak pelesir ke negeri Singa. Sebab, dia mengaku tidak betah selama berlibur di Singapura. Dia sempat mengunggah foto bersama adiknya, Zara di sebuah anak tangga di wilayah Tanjong Pagar.

Pada 31 Desember 2009, Eril mengunggah status di akun Facebook miliknya. "Males di Singapura sumpek." Rupanya, Eril liburan ke Singapura bersama keluarganya untuk menghabiskan waktu pergantian tahun.

Ketika kembali ke Bandung, Eril begitu bersemangat. Bahkan, dia seperti bisa melepaskan beban saat berlibur di Singapura. Dia kembali mengunggah status yang menunjukkan kelegaannya telah melewati liburan di negara seupil itu.

Lahir di New York, ternyata Eril paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya terkuak melalui status FB miliknya. Foto anak Ridwan Kamil pelesir semasa cilik kini tinggal kenangan.

Baca Juga: Ditanya Rasanya Punya Adik Adopsi, Respons Eril Anak Ridwan Kamil Bikin Syok, Hatinya Meleleh Gegara Foto Ini

Facebook

Eril anak Ridwan Kamil lahir di New York City. Rupanya dia paling malas diajak liburan ke Singapura. Alasannya bikin syok.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya