Ketawa-tawa Sambil Cover Lagu Anji, Tri Suaka Auto Kicep Usai Andika Kangen Band Bawa Pengacaranya, Foto Panggungnya Panen Hujatan

Senin, 25 April 2022 | 11:20
Instagram

Tri Suaka cover lagu Anji sambil tertawa-tawa. Tapi, penyanyi dadakan ini auto kicep usai Andika Kangen Band turun tangan bawa pengacaranya.

Fotokita.net - Nama Tri Suaka sedang menjadi gunjingan netizen seantero Tanah Air. Penyanyi yang berasal dari jalanan ini memang kerap mengcover lagu milik musisi papan atas. Tri Suaka pernah tertawa-tawa sambil mengcover lagu Anji. Namun, dia auto kicep usai Andika Maesa dari Kangen Band turun tangan bawa pengacaranya.

Aksi Tri Suaka dan Zinidin Zidan memparodikan gaya bernyanyi Andika Kangen Band dan Rizal Armada menuai kritik tajam dari publik. Alih-alih menghibur, perilaku Tri Suaka dan Zinidin Zidan malah dianggap arogan dan tidak menghargai gaya serta karya penyanyi lain.

Nama Tri Suaka sontak jadi gunjingan di dunia maya usai video dirinya mengcover lagu Kangen Band dinilai menghina gaya nyanyi Andika Mahesa, vokalis band tersebut. Perilaku penyanyi yang mengawali kariernya sebagai pengamen jalanan itu, disebut netizen sebagai sesuatu yang tak pantas dilakukan.

Tri Suaka dinilai sombong. Padahal selama ini ia menjadi besar dan terkenal karena mengcover lagu-lagu dari musisi lain. Nah, belakangan Tri Suaka mengcover lagu milik Andika Kangen Band yang menjadi viral hingga panen hujatan.

Sebelum Tri Suaka menyampaikan permintaan maaf, Zinidin Zidan sudah lebih dulu mengambil tindakan. Lewat Instagram, ia memasang wajah memelas sambil berharap maaf dari Andika Kangen Band dan Rizal Armada. "Kami nggak ada niat menjelekkan abang-abang," ungkap Zinidin Zidan.

Melalui video yang diunggah di akun Instagram-nya @xdjtrisuaka, Tri Suaka menyampaikan penyesalannya atas konten video tersebut.

"Saya ingin meminta maaf dengan bang Andika Kangen band dan juga Kangen band khususnya dan juga bang Rizal Armada, dengan adanya video Tri memparodikan gaya bernyanyi," kata Tri Suaka mengawali videonya.

Baca Juga: Diancam Bayar Rp 1 Miliar, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Buru-buru Ambil Sikap Begini, Foto Sang Artis Dadakan Diserbu Musisi Papan Atas

Tak jauh berbeda dengan video permintaan maaf dari Zinidin Zidan, Tri juga mengatakan tidak berniat menyinggung siapapun dalam video tersebut. "Semoga aja dengan adanya video ini, abang-abang memaafkan kesalahan Tri," ucap Tri Suaka.

"Mungkin Tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyindir perasaan, tapi Insya Allah Tri tidak ada keinginan buat mengejek ataupun berniat buruk di konten itu, karena itu yang rekam orang," sambungnya.

Tri Suaka juga meminta maaf pada penggemar Kangen band atas perilakunya yang dianggap telah memperolok Kangen Band. "Tri juga respect sama karya-karyanya abang, semoga dengan adanya video ini abang memaafkan kesalahan Tri," ujar Tri.

"Buat para fans Kangen band, siapapun yang melihat video ini maafkan kesalahan saya, semoga ini jadi pelajaran buat saya pribadi," imbuhnya.

Baru-baru ini, netizen membagikan tangkap layar berupa tarif manggung Tri Suaka di media sosial. Tarif manggung Tri Suaka bahkan disebut sangat mahal dan tidak sebanding dengan karyanya. Bahkan netizen kemudian membandingkan tarif manggung Tri Suaka dengan band legendaris asal Yogyakarta Sheila On 7.

Netizen pun dibuat terkejut dengan tarif yang dipasang oleh Tri Suaka sekali manggung yakni Rp 50 juta per jam.

Sontak saja, netizen kembali memberikan kritikan dan sindiran pedas terkait tarif manggung Tri Suaka. Salah satu akun Twitter @jembercoret, membagikan pengalamannya saat mengundang band papan atas Sheila On 7, pada Sabtu (23/4/2022).

Hal itu ia lakukan setelah melihat foto tangkap layar tarif manggung Tri Suaka, yang dinilai sangat tinggi untuk sekelas penyanyi baru. Akun tersebut pun membandingkan tarif dan permintaan khusus Tri Suaka saat manggung, dengan band Sheila On 7.

Baca Juga: Sempat Ricuh dan Saling Dorong, Satpol PP Kaget Setengah Mati Ternyata Orang yang Mereka Tangkap Adalah Vokalis Band Sejuta Umat Ini: Mirip Gembel Beneran, Sih!

Instagram

Tri Suaka cover lagu Anji sambil tertawa-tawa. Tapi, penyanyi dadakan ini auto kicep usai Andika Kangen Band turun tangan bawa pengacaranya.

Pasalnya, akun itu pernah menjadi salah satu panitia yang mengurus kedatangan Sheila On 7 untuk tampil di Jember. Akun yang tak diketahui nama aslinya ini mengatakan, raiders untuk band SheilaOn 7 tidak seribet Tri Suaka.

Ia pun menyebut, Sheila On 7 datang ke Jember menggunakan mobil ke Yogyakarta. “Waktu di Aston, rombongan SO7 tiba magrib. Tau nggak, SO7 dari Jogja mobilan, Cuma 2 mobil. Tanpa protocol bandara, penjemputan bandara kayak gini,” tulis akun@jembercoret.

Saat datang, Sheila On 7 dan rombongan datang tanpa pengawalan sama sekali. “Pas tiba pun tanpa pengawalan. Ya dateng gitu aja kayak rombongan om om mau piknik ke Bali,” sambungnya. Bahkan, gaya pakaian Duta vokalis Sheila On 7 pun saat datang sangat sederhana.

“Mas Duta cuma pake kaos kutung warna ijo, ama sandalan jepit. Asli kayak orang mau nongki. Mas Adam turun dari mobil langsung nyalain rokok Samsu. Asli kayak bukan artis,” ceritanya.

Untuk permintaan saat konser pun, akun tersebut mengatakan permintaan Sheila On 7 tidak sebanyak seperti Tri Suaka. Duta Sheila On 7, kata akun tersebut, hanya meminta makan nasi sebelum manggung lantaran ia dan rombongannya terakhir makan nasi di tempat kerabat Duta.

“Bayangin, SO7 mampir rumah budhenya Mas Duta sambil numpang makan. Ini yang penyanyi masih tahun kapan kok sampek minta pijat refleksi di raiders,” tambahnya.

Yang menarik, akun tersebut pun sangat kagum saat Sheila On 7 makan di rumah makan layaknya orang biasa, tanpa mau disediakan ruangan privat oleh tim panitia. Bahkan, band tersebut tidak meminta makanan neko-neko saat selesai manggung.

Baca Juga: Diciduk Satpol PP Karena Dikira Gelandangan, Rupanya Vokalis Band Sejuta Umat Ini Pernah Terima Tawaran Jadi Artis Settingan. Honornya, Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah!

Instagram

Tri Suaka cover lagu Anji sambil tertawa-tawa. Tapi, penyanyi dadakan ini auto kicep usai Andika Kangen Band turun tangan bawa pengacaranya.

Sheila On 7, lanjutnya, hanya meminta ditemani makan rawon. “Aku minta ruang khusus di lantai 2, maksudku biar makan nggak ke ganggu. Tapi mas Duta ndak mau. ‘Udah nggak papa di bawah aja sini mas, santai’,” ujarnya.

Akhirnya, Sheila On 7 makan di ruangan yang bercampur dengan pengunjung lain, tanpa merasa risih. “Mas Duta, Mas Brian Cuma minta minum teh panas. Mas Eross sama Adam jahe panas,” bebernya.

Yang membuat akun tersebut terkejut, saat membayar makanan band SheilaOn 7 harganya tidak sampai Rp 200 ribu. “Pas aku bayar lho cuma abis 180 ribu gaesss. Itu juga udah sama krupuknya, sumpah ini,” ungkapnya.

Itu sebabnya, akun tersebut merasa sangat terkejut saat melihat tarif, raiders dan permintaan khusus Tri Suaka saat manggung. Ia menilai tarif itu tidak sebanding dengan karya yang dilakukan oleh Tri Suaka sebagai penyanyi baru di dunia musik Tanah Air.

“Makanya aku agak gmana gitu liatin raidersnya artis cover satu ini. Udah cari duit dari lagu orang, tapi soknya setengah mati. Down to earth dong bro,” ucapnya.

Menurutnya, kesederhanaan band Sheila On 7 adalah salah satu kunci kesuksesan band tersebut yang masih bertahan dan dielu-elukan hingga saat ini. “Kesederhanaan inilah kunci sukses band sekelas Sheila On 7 hingga terus dicintai penggemarnya, tanpa haters,” pungkasnya.

Sontak saja cuitan akun tersebut itu langsung ramai disukai, dibagikan dan dikomentari oleh netizen. Kini tengah beredar video yang memperlihatkan tarif manggung Tri Suaka. Dalam video itu terlihat, tarif manggung Tri Suaka sebesar Rp 50 juta untuk satu jam saja.

Selain tarif manggungnya, isi permintaan Tri Suaka saat manggung di suatu daerah pun menjadi sorotan public. Bahkan dalam rincian tarif manggung Rp 50 juta itu belum termasuk biaya perjalanan dan tim dari Tri Suaka.

Baca Juga: Ditaksir Aktor Ganteng Hingga Diterawang Nikah dengan Duda Kaya, Rupanya Pedangdut Kondang Ini Malah Ketangkap Kamera Umbar Sikap Jutek: 'Tendang Tangan Sang Bintang Tamu'

“Fee perform TRI SUAKA 50jt (1jam). Belum termasuk Raiders,” isi dalam video yang diunggah oleh akun gossip, Minggu (24/4/2022). Tri Suaka pun meminta tempat penginapan atau hotel berbintang 4 atau 5. “Hotel smooking room (bintang) 4/5 twin bed. 1 suite, 3 deluxe.”

Tri Suaka juga meminta tiket pesawat pulang-pergi untuk timnya delapan orang. Dalam video itu juga tertera permintaan khusus dari Tri Suaka saat manggung, yang harus disiapkan di kamar hotelnya.

Permintaan khusus itu mulai dari rokok Surya 1 slop, buah-buahan, minuman, hingga snack. Namun, netizen nampak salah fokus dengan salah satu permintaan khusus Tri Suaka yakni pijat refleksi.

Tarif manggung Tri Suaka ini pun kini beredar di media social, baik di Twitter, Instagram hingga TikTok. Bahkan, tagar Tri Suaka menjadi trending topic di Twitter dengan cuitan lebih dari 23,4 ribu.

Banyak netizen yang merasa sangat kecewa dengan sikap Tri Suaka yang seolah mengejek cara Andika Kangen Band bernyanyi.

Tri Suaka memang senang mengcover lagu milik musisi papan atas. Beberapa waktu lalu, dia tertawa-tawa sambil mengcover lagu milik Anji, mantan vokalis band Drive. Di foto yang beredar, Tri Suaka terlihat berpose bersama Anji.

Kini, Tri Suaka auto kicep usai Andika Kangen Band turun tangan.Dikutip dari YouTube KH Infotainment, Sabtu (23/4/2022), Andika Kangen Band diwakilkan oleh kuasa hukum, Mario Andreansyah, buka suara soal video parodi.

Baca Juga: Foto Anji Ngobrol Sama Deddy Corbuzier Ramai Dibahas, Suami Wina Natalia Ungkap Tabiat Asli Coki Pardede

Pihak sang vokalis langsung melayangkan somasi terbuka bagi dua musisi pendatang baru tersebut. "Kami dari kuasa hukum saudara Andika Kangen Band menyampaikan somasi terbuka. Terhadap Tri Suaka atas viralnya parodi," kata Mario.

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum Andika Kangen Band turut menyinggung soal cara Tri Suaka dan Zidan terkenal. Tri Suaka dan Zinidin Zidan memang sering meng-cover berbagai lagu milik musisi Tanah Air.

Oleh karena itu, pihaknya ingin mereka bisa menghargai dan menghormati karya musik orang lain. "Maka dari itu, tolong hargai dan hormati karya-karya musik orang lain. Dari karya musik orang lain inilah, anda bisa terkenal dan bisa dikenal di masyarakat," lanjutnya.

Wayan juga mengungkapkan, cara Tri Suaka dan Zinidin Zidan bernyanyi dinilai merendahkan Andika Kangen Band. Lantaran dalam video, keduanya bernyanyi sambil tertawa seolah mengejek sang vokalis.

Mendapati itu, Andika Kangen Band tak terima dan mengambil tindakan tegas. "Mereka menyanyikan dengan tubuh yang melecehkan, mengolok-olok, sambil tertawa," terang Wayan.

"Jadi itu membuat seolah melecehkan klien kami. Atas hal tersebut, secara tegas kami sampaikan, klien kami sangat keberatan," tambahnya.

Atas surat somasi tersebut, Andika mengingatkan kepada Tri Suaka dan Zinidin Zidan untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi 3 x 24 jam. Sekaligus meminta keduanya untuk minta maaf pada Andika Kangen Band.

Baca Juga: Foto Artis yang Hamil Anak Anji Manji di Luar Nikah Disorot, Ini Alasan Mantan Kekasih Roger Danuarta Buat Pengakuan Mengejutkan ke Deddy Corbuzier

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya