Ini Kronologi Ujang Sarjana Pedagang Pasar Bogor yang Ditangkap Karena Tolak Pungli, Foto Keponakannya Memelas di Depan Jokowi Viral

Jumat, 22 April 2022 | 10:47
Instagram

Pedagang Pasar Bogor ditangkap polisi gegara tolak pungli. Foto keponakannya yang histeris di depan Jokowi viral di media sosial.

Fotokita.net - Pedagang Pasar Bogor bernama Ujang Sarjana ditangkap polisi karena menolak pungutan liar (pungli) di tempatnya berjualan. Keponakannya mengadukan masalah itu kepada Presiden Joko Widodo yang mengunjungi Pasar Bogor. Foto keponakan pedagang Pasar Bogor memelas di depan Jokowi viral di media sosial.

Jokowi mendatangi Pasar Bogor usaimenyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, Kamis (21/42022). Ketika itu, Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Di sela kunjungan, Jokowi sempat meninjau dan membagikan souvenir kepada pedagang di Pasar Bogor. Di saat itu, ada pria dan wanita berpakaian merahmenyampaikancurahan hati (curhat)ke Jokowi dan terekam dalam video yang viral di media sosial.

Pedagang di Pasar Bogor curhat terkait maraknya pungli di sana. Bahkan keluarga mereka ada yang ditahan polisi lantaran menolak pungutan liar (pungli) yang dilakukan preman. "Bapak, di sini banyak pungli, Pak," kata pria tersebut kepada Jokowi.

Jokowi lalu menghentikan langkahnya. Dia memperhatikan dan mendengarkan curhat pria dan wanita tersebut sembari mengayunkan tangan ke bawah meminta kduanya untuk tenang.

Pria dan wanita tersebut secara histeris terus bicara ke Jokowi soal dugaan pungli yang marak terjadi di Pasar Bogor.

Mereka juga mengatakan pihak keluarganya ditangkap polisi karena menolak pungli yang dilakukan preman. "Tolong, Bapak, Om kami menolak pungli, ditangkap polisi," kata wanita tersebut.

Baca Juga: Foto Tampang Koordinator Pungli di JICT Tanjung Priok yang Dicokok Polisi

Pramono tampak mencatat curhat dari kedua orang tersebut.

"Yang dipenjara siapa?" tanya Pramono.

"Om saya," jawab wanita tersebut. "Mana mau Lebaran, anaknya ada empat. Bapak, mohon bisa bantu kami, Bapak," sambung wanita itu.

Jokowi memperhatikan catatan yang dibuat Pramono di saat pria dan wanita tersebut terus menyampaikan curhatnya. Jokowi juga memberi jempol ke atas kepada pria dan wanita tersebut. "Ya, sudah (dicatat)," ucap Jokowi.

Setelah ditelusuri, pedagang Pasar Bogor yang ditangkap polisi gegara tolak pungli bernama Ujang Sarjana. Rupanya, pedagang buah di Pasar Bogor ini ditahan karena dituding melakukan pengeroyokan. Foto keponakannya yang memelas di depan Jokowi viral di media sosial.

Itu setelah video dua pedagang buah di Pasar Bogor menangis histeris mengadukan nasib Ujang Sarjana kepada Presiden Jokowi yang tengah melakukan kunjungan di pasar tersebut.

Dalam video itu, dua pedagang yang merupakan keluarga Ujang Sarjana itu dengan menangis histeris meminta pertolongan kepada Presiden Jokowi.

Rupanya, Ujang Sarjana telah menjalani persidangan perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kota Bogor, pada Kamis (7/4/2022) lalu. Ujang Sarjana didakwa atas kasus dugaan pengeroyokan. Begini kronologi Ujang Sarjana pedagang Pasar Bogor yang ditangkap gegara tolak pungli.

Baca Juga: Sudah Kantongi Bukti Video Pungli, Bobby Nasution Ogah Ladeni Debat Lurah Sidorame Timur Hingga Langsung Pecat Anak Buahnya: Telepon BKD, Suruh Ganti Bapak Ini

Instagram

Pedagang Pasar Bogor ditangkap polisi gegara tolak pungli. Foto keponakannya yang histeris di depan Jokowi viral di media sosial.

Kuasa hukum Ujang Sarjana, Emiral Rangga Tranggono menyatakan, peristiwa yang dialami kliennya itu bermula pada 26 November 2021 sekitar pukul 02.00 WIB.

Saat itu, Ujang Sarjana didatangi sejumlah orang yang diduga preman yang memaksa para pedagang membeli air minum kemasan yang dijual orang tersebut.

Emiral bahkan mengungkap, berdasarkan kesaksian pedagang lainnya, sekelompok orang itu melakukan pemaksaan sambil membawa senjata tajam.

Untuk menjual air minum kemasan itu, mereka selalu mengintimidasi dan mengancam para pedagang. Hal itu ditolak Ujang Sarjana dan juga banyak pedagang lainnya yang berujung pada percekcokan mulut.

Akan tetapi Emiral menegaskan bahwa saat itu tidak terjadi pemukulan atau pengeroyokan. “Saya menginformasikan berdasarkan informasi pedagang,” bebernya.

Namun anehnya, dua bulan berselang, tepatnya pada 2 Desember 2021, ada laporan ke Polsek Bogor Tengah terhadap Ujang Sarjana.

Dalam laporan itu, Ujang Sarjana dituding melakukan pengeroyokan terhadap dua orang, yakni Ade Agus Susanto alias Komeng dan Ardiansyah.

Baca Juga: Dipuji Jadi Pahlawan Buat Wanita Lewat Foto Ini, Juragan 99 Sudah Dibidik Anak Buah Jokowi, Netizen: Bikin Deg-degan

Instagram

Pedagang Pasar Bogor ditangkap polisi gegara tolak pungli. Foto keponakannya yang histeris di depan Jokowi viral di media sosial.

Emiral menyatakan, dalam BAP, Ujang Sarjana juga sudah membantah tuduhan pengeroyokan atau pemukulan. “Tapi kasusnya terus bergulir hingga berkas dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,” ujar Emiral.

Emiral menduga, dalam kasus ini, telah terjadi kriminalisasi terhadap Ujang Sarjana. “Dimana korban (pemerasan dan pungli) malah dijadikan tersangka. Dan sebaliknya, tersangka seolah jadi korban,” tegas dia.

Pihaknya juga mempertanyakan sikap kepolisian yang malah menjadikan kliennya sebagai tersangka. “Padahal Ujang Sarjana pedagang buah-buahan itu adalah korban tapi malah dijadikan tersangka,” tandas Emiral.

Polres Bogor Kota memberi penjelasan terkait aduan pedagang me Jokowi soal pungli. Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti dan memintai keterangan dua pedagang yang mengadu ke Jokowi.

"Terima kasih atas informasi yang disampaikan dan terhadap pemberi informasi telah kami lakukan pemeriksaan atas keberatan yang disampaikan kepada Bapak Presiden. kami akan menindaklanjuti dengan audit investigasi," kata Susatyo dikonfirmasi Kamis (21/4) malam.

Susatyo menyebut perkara yang diadukan pedagang ke Jokowi itu sudah ditangani sejak Desember 2021 lalu. Perkara tersebut, kata Susatyo, adalah perkara pengeroyokan terhadap sesama pedagang.

"Sebagai informasi perkara ini ditangani oleh kepolisian pada bulan Desember 2021 atas pengeroyokan terhadap sesama pedagang," katanya. Ia menyebut keberatan atas penanganan perkara tersebut juga sempat diuji melalui mekanisme praperadilan. Namun kasus kemudian tersebut tetap berlanjut.

"Keberatan atas penanganan perkara ini juga telah diuji melalui mekanisme praperadilan. Kami akan memberikan atensi khusus terhadap perkara ini," tegas Susatyo.

Baca Juga: Menantu Jokowi Diperiksa Polisi? Ternyata Sosok Ini yang Tantang Indra Kenz Beri Sedekah ke Bobby Nasution, Foto Jejaknya Belum Dihapus

Instagram

Pedagang Pasar Bogor ditangkap polisi gegara tolak pungli. Foto keponakannya yang histeris di depan Jokowi viral di media sosial.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya