Nangis di Pusara Adjie Massaid, Ternyata Angelina Sondakh Punya Harta Segini, Foto Sujud di Kaki Orangtua Tersebar

Kamis, 03 Maret 2022 | 13:51
Facebook

Angelina Sondakh menangis tersedu di atas nisan Adjie Massaid. Foto mantan politikus Partai Demokrat sujud di kaki orangtua disorot.

Fotokita.net - Angelina Sondakh menangis tersedu-sedu di atas pusara suamianya, Adjie Massaid. Angelina yang baru bebas dari hukuman 10 tahun penjara ternyata punya harta segini. Foto sujud di kaki orangtuanya tersebar luas di media sosial.

Angelina Sondakh menyandang status sebagai tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2012. Ketika itu, Angelina Sondakh dinyatakan bersalah atas kasus suap anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atas perbuatannya, Angelina Sondakh dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun serta denda Rp500 juta subsider 6 bulan penjara. Angelina Sondakh sendiri awalnya dijadwalkan bebas pada April 2022.

Namun menurut keterangan Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM, perempuan 44 tahun mendapat cuti sehingga keluar lebih awal. "Alhamdulillah, saya sudah dinyatakan bebas," ucap Angelina Sondakh.

Namun menurut keterangan Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM, perempuan 44 tahun mendapat cuti sehingga keluar lebih awal. Demikianlah sederet potret kebebasan Angelina Sondakh setelah mendapat hukuman 10 tahun penjara. Penuh haru dan tangis air mata!

Angelina Sondakh mengucap terima kasih kepada Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM atas pembinaan yang mereka berikan selama di penjara.

"Terima kasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan program-program luar biasa. Program pembinaan kami ikuti setiap hari untuk menambah ilmu. Sehingga kami keluar sebagai masyarakat yang bisa berguna," ujar Angelina Sondakh di Lapas Perempuan Kelas IIA, Pondok Bambu, Jakarta, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Bebas, Foto Rumah Mewah Angelina Sondakh Jadi Omongan Tetangga

Bukan hanya itu, Angelina Sondakh juga memberi apresiasi kepada petugas lapas yang memperlakukannya dengan sangat baik selama jadi warga binaan. "Kepada seluruh Kalapas, dari saya masuk sampai terakhir alhamdulillah pembinaannya luar biasa. Saya juga berterima kasih kepada seluruh petugas yang telah menjaga saya selama 10 tahun," tutur Angelina Sondakh.

Sebelum meninggalkan lapas, momen haru tersaji ketika Angelina Sondakh berpelukan untuk pamit dengan para petugas yang mendampingi proses kebebasannya. Angelina Sondakh juga sempat mencium tangan beberapa petugas lapas sebelum masuk ke mobil yang membawanya pergi.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Demokrat itu dijadwalkan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta, Pondok Bambu, Duren Sawit, Kamis (3/3/2022) pukul 09.00 WIB.

"Informasinya, besok pagi sekitar pukupl 09.00 WIB (Angelina keluarnya)," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun melalui pesan tertulis, Rabu (2/3/2022).

Terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Rika Aprianti mengatakan, Angelina akan menjalani cuti menjelang bebas (CBM) selama tiga bulan.

Artis yang kemudian terjun ke dunia politik itu harus menjalani hukuman penjara setelah terbukti menerima suap. Angelina terlibat kasus suap anggaran di Kemenpora dan Kemendikbud untuk proyek Wisma Atlet.

Sebelumnya Angelina Sondakh terbukti menerima suap Rp 2,5 miliar dan 1,2 juta dolar AS. Angelina Sondakh ditahan sejak 27 April 2012.

Baca Juga: Foto Kebebasan Angelina Sondakh Dinantikan, Mertua Adjie Massaid: 'Dia Jadi Mualaf Saya Dicemooh'

Facebook

Angelina Sondakh menangis tersedu di atas nisan Adjie Massaid. Foto mantan politikus Partai Demokrat sujud di kaki orangtua disorot.

Dia harusnya baru bisa bebas pada 27 April 2022 apabila hukuman denda dan uang pengganti dibayar lunas. Namun, Angelina Sondakh tak membayar uang pengganti sebesar Rp 4.538.027.278 dari total yang dibebankan hakim Rp 13.354.000.000.

Akibatnya, ia mendapat hukuman tambahan 4 bulan 5 hari. Dia baru bebas murni pada Agustus 2022. Kendati demikian, Angelina Sondakh mendapatkan pemotongan remisi dasawarsa selama 3 bulan. Remisi ini diberikan kepada setiap napi yang menjalani pidana 10 tahun penjara.

Sosok Angelina Sondakh dikenal bukan hanya saat menjadi anggota DPR RI saja. Dia sempat berkiprah di dunia entertainment dan meraih gelar Puteri Indonesia pada 2001.

Pada 2004, dia terjun ke dunia politik dengan menjadi Wasekjen Partai Demokrat dan terpilih sebagai anggota DPR RI 2004-2009. Setelahnya dia kembali terpilih untuk periode keduanya sebagai anggota DPR RI. Pada 2012 dia terjerat kasus korupsi di KPK.

Pada saat berkarier di dunia politik itu, Angelina Sondakh melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Terungkap, dia pernah dua kali melapor. Pertama, pada 2003 saat menjadi calon anggota DPR RI dengan jumlah kekayaan Rp 798 juta. Lalu pada 2010 dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan.

Berikut rincian harta kekayaannya pada 2010:

Harta tidak bergerak berupa tanah seluas 1.000 M2 di Bandung; tanah dan bangunan 144 meter persegi dan 85 meter persegi di Tangerang; dan tanah serta bangunan 316 meter persegi serta 160 meter persegi di Jakarta Timur. Total nilai asetnya Rp 2.825.824.000.

Baca Juga: Siap Bikin Foto Lebaran di Rumah, Ternyata Angelina Sondakh Gampang Nangis di Bui Gegara Masalah Sepele Ini

Facebook

Angelina Sondakh menangis tersedu di atas nisan Adjie Massaid. Foto mantan politikus Partai Demokrat sujud di kaki orangtua disorot.

Kemudian selain aset tanah, Angelina Sondakh juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin berupa BMW X5 2005, Honda CR-V 2008, Kijang Innova 2008,

Motor BMW 2007, alat transportasi lain merk Bombardier, Hyundai Trajet 2002, dan Toyota Vios 2003 dengan nilai total Rp 1.184.000.000.

Harta bergerak lainnya di antaranya uang Rp 165.000.000, surat berharga Rp1.210.000.000, giro dan setara kas Rp 770.617.388.

Sehingga total harta yang dimiliki Angelina Sondakh saat itu senilai Rp 6.155.441.388 dan 9.628 dolar AS. Meski demikian, hartanya tersebut berdasarkan laporan pada tahun 2010. Belum diketahui berapa harta kekayaannya sekarang.

Usai dinyatakan bebas hari ini, Angelina Sondakh langsung bergegas menuju sebuah apartemen yang telah disewa oleh pihak keluarga, mengingat kediamannya saat ini sedang dalam proses renovasi.

Saat tiba di apartemen, tangisan Angelina Sondakh pecah usai disambut pihak keluarga hingga terkejut melihat pertumbuhan Keanu Massaid. Angelina Sondakh tak kuasa menahan air mata saat kembali melihat Keanu untuk pertama kalinya usai bebas dari penjara.

Mantan istri almarhum Adjie Massaid itu mengaku terkejut dan tak menyangka ketika melihat tinggi badan putra semata wayangnya sudah bertumbuh. "Aduh Ya Allah, tinggi banget ya sekarang," kata Angelina Sondakh dari kanal YouTube Keema Entertainment.

Baca Juga: Pengasuh Gala Minta Netizen Stop Sebarkan Foto Kecelakaan Vanessa Angel, Umi Pipik Merinding Lihat Perbuatan Istri Bibi Andriansyah Bareng Angelina Sondakh Saat di Dalam Bui

Facebook

Angelina Sondakh menangis tersedu di atas nisan Adjie Massaid. Foto mantan politikus Partai Demokrat sujud di kaki orangtua disorot.

Selama berada di penjara, Angelina Sondakh mengaku tak mempunyai banyak waktu untuk bertemu dengan Keanu yang merupakan putra semata wayangnya dari hasil pernikahannya dengan almarhum Adjie Massaid.

Ketika pemenang Puteri Indonesia 2001 itu masih berada di dalam penjara, dia hanya bisa bertemu dengan Keanu pada jadwal kunjungan yang telah ditentukan oleh pengelola lembaga pemasyarakatan (LP).

Berada di dalam penjara selama hampir sepuluh tahun membuat wanita kelahiran New South Wales, Australia, 28 Desember 1977 itu merasa sangat menyesal karena telah membuat putranya sangat bersedih.

Dia juga menyampaikan permohonan maafnya di depan Keanu karena telah meninggalkannya selama bertahun-tahun akibat dipenjara karena tersandung kasus suap Wisma Atlet Hambalang. "Mami minta maaf Nak, udah ninggalin Keanu bertahun-tahun," ujarnya.

Ketika Angelina Sondakh berada di dalam penjara, Keanu diasuh oleh kakek dan neneknya meski telah berusia lanjut karena sang ayah telah meninggal dunia.

Selain diasuh oleh kakek dan neneknya, Keanu juga diasuh oleh sopir pribadi Angelina Sondakh yakni Ignasius. Saat Angelina Sondakh tiba di apartemen yang telah disewa oleh keluarganya dan bertemu Keanu, dia meminta sang anak untuk berterimakasih kepada kakek dan neneknya yang telah mengasuh selama ini. "Kamu harus bilang makasih sama Oma Opa," tuturnya.

"Mami...," ucap Keanu memeluk erat Angie dikutip dari tayangan live streaming channel youtube Keema Entertainment. "Kamu tinggi banget sih nak," kata Angie mengetahui tinggi badan Keanu yang sudah melebihinya.

Baca Juga: Foto Wisuda SD Bikin Terharu, Anak Bungsu Adjie Massaid Cuma Mau Ini Saat Angelina Sondakh Bebas dari Bui

"Iyaa ma," jawab Keanu. orangtuanya sudah duduk di kursi, Angie sujud di depannya. "Angie minta maaf,' katanya kepada orangtuanya. Sang ayah. Lucky Sondakh lalu mengucap syukur.

Akhirnya obrolan santai pun dimulai. Angie bertanya ke Lucky mengenai perkembangan Keanu. "Sekarang dia sudah fokus belajar," kata Lucky. "Udah pinter nyuruh-nyuruh opa nih. Tapi seneng opa," ungkap Lucky.

Keanu yang ikut duduk bersama kakek neneknya ditanya Angie mau liburan ke mana. Bocah usia 13 tahun itu mantap menjawab. "Ke Bali aja mam," katanya disambut senyuman Angie.

Wanita yang akrab disapa Angie itu berjalan perlahan menuju makam mantan suaminya yang meninggal pada tahun 2011 akibat serangan jantung. Tangis Angie pun pecah saat dirinya memeluk nisan bertuliskan nama Adjie Massaid.

"Aku minta maaf kalau aku tinggal. Maafin aku," tangis Angie sambil terus mengusap nisan bertuliskan nama mantan suaminya.

Nampak pula kehadiran Aaliyah Massaid dan Keanu yang saling menguatkan diri melihat Angie terus menangis di makam sang ayah. "Papa Adjie ini Keanu udah gede," kata Angie usai membaca surat Yasin.

Angie pun berjalan ke luar makam sambil mengucapkan salam terakhir pada Adjie Massaid. "Aku udah pulang ya, sekarang anak-anak bisa sama aku," pungkas Angelina Sondakh sambil mencium nisan sang mantan suami.

Baca Juga: Foto Terkini Nikita Mirzani Disorot, Netizen: Sumpah Kaya Angelina Jolie

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya