Foto Kebebasan Angelina Sondakh Dinantikan, Mertua Adjie Massaid: 'Dia Jadi Mualaf Saya Dicemooh'

Rabu, 02 Maret 2022 | 12:04
Tribunnews

Angelina Sondakh bakal bebas di bulan Maret. Namun, mertua Adjie Massaid justru ungkap kekecewaannya. Salah satunya, soal pindah agama.

Fotokita.net - Artis sekaligus politikus Angelina Sondakh dikabarkan segera bebas di bulan Maret atau April 2022. Foto kebebasan istri mendiang Adjie Massaid ini sudah dinantikan publik. Namun, ayahnya justru mengungkapkan kekecewaan, "Waktu dia jadi mualaf saya dicemooh..."

Siapa yang tak kenal dengan sosok cantik yang pernah menjadi jawara kontes Puteri Indonesia? Ya, wanita cantik bernama Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau lebih dikenal sebagai Angelina Sondakh adalah seorang artis, politisi dan model di Indonesia.

Angie begitu dia biasa disapa, mulai dikenal usai mewakili provinsi Sulawesi Utara dan terpilih menjadi pemenang pada kontes kecantikan nasional, yaitu Puteri Indonesia 2001. Angie selanjutnya terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia periode 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat.

Angelina Sondakh kemudian menikah dengan Adjie Massaid pada 29 April 2009 dan berakhir setelah Adjie meninggal dunia pada 5 Februari 2011. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Keanu Jabaar Massaid.

Tak lama kemudian Angelina Sondakh menjadi tersangka kasus korupsi dan suap terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang. Angelina Sondakh dipenjara atas kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) sejak 2012 silam.

Mantan istri alm Adjie Massaid itu ditahan sejak 21 November 2013 dan divonis 10 tahun penjara. Dia ditahan setelah terlibat kasus korupsi Wisma Atlet sejak tahun 2013. Kabar baik tersebut pun disambut bahagia sekaligus haru oleh Angelina Sondakh.

Pasalnya, ia tak percaya bakal segera menghirup udara bebas setelah sekian lama di bui. Bahkan saking tak sabar, ia mengaku belakangan ini susah tidur nyenyak.

Baca Juga: Siap Bikin Foto Lebaran di Rumah, Ternyata Angelina Sondakh Gampang Nangis di Bui Gegara Masalah Sepele Ini

Kabar dirinya akan segera bebas itu nampaknya sudah sampai di telinga narapidana lain. Lantaran sudah begitu lama di lapas, bahkan narapidana lain sampai sedih dan menangis bakal segera berpisah dengan Angelina Sondakh.

Pasalnya selama di sana, wanita yang akrab disapa Angie ini sudah dianggap sosok yang paling dituakan. Sosok Angelina Sondakh belakangan ramai jadi perbincangan publik lantaran sebentar lagi bakal bebas dari penjara.

Foto kebebasan Angelina Sondakh memang sudah dinantikan publik. Namun, atas kesalahan yang dibuat Angie, sang ayah Lucky Sondakh mengungkapkan kekecewaannya. Mertua Adjie Massaid itusempat mendapat cemoohan imbas putrinya terjerat kasus korupsi.

Memiliki profesi sebagai akademisi yang meluluskan banyak orang, kakek dari Keanu Massaid tersebut justru dinilai gagal mendidik anak. Lucky Sondakh mengaku malu, lantas bagaimana sikapnya terhadap sang putri yang kini segera bebas?

Ayah Angelina Sondakh yakni Lucky Sondakh buka suara menjelang kebebasan sang putri dari balik jeruji besi. Angelina Sondakh dikabarkan akan bebas pada Maret minggu kedua. Hal ini diungkapkan oleh kuasa hukumnya yakni Krisna Murti, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Lucky membeberkan kondisinya saat Angelina Sondakh terjerat kasus Wisma Atlet. Ia mengaku dirinya sering mendapatkan cemooh dari rekannya sesama akademisi. Sehingga tak jarang cemoohan itu membuat dirinya malu, karena dirinya dinilai gagal mendidik sang putri.

"Saya dicemooh, loh gimana sih? katanya akademisi hebat, Anda meluluskan banyak orang, orang lain mampu kamu didik tapi kok anak kamu gagal," kata dia, seperti dikutip dari YouTube Keema Entertaiment, Senin (28/2/2022).

Baca Juga: Pengasuh Gala Minta Netizen Stop Sebarkan Foto Kecelakaan Vanessa Angel, Umi Pipik Merinding Lihat Perbuatan Istri Bibi Andriansyah Bareng Angelina Sondakh Saat di Dalam Bui

Kolase

Angelina Sondakh bakal bebas di bulan Maret. Namun, mertua Adjie Massaid justru ungkap kekecewaannya. Salah satunya, soal pindah agama.

Lucky Sondakh mengungkapkan rasa kecewanya saat sang anak tersandung kasus tersebut. Lucky mengaku sempat menasehati Angelina Sondakh saat sang anak memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Lucky mengaku kecewa karena nasihatnya soal dunia politik tak digubris oleh sang anak.

"Nasehat politik saya kepada dia (Angelina Sondakh) tak pernah digubris, kemudian anak saya menghadapi petaka kasus Hambalang," kata Lucky dikutip dari YouTube Keema Entertaiment, Senin (28/2/2022).

Kasus yang sedang dihadapi sang anak ternyata sempat membuat dirinya malu. Lucky mengaku malu karena dirinya mendapat cemoohan dari rekan sesama akademisi. Bahkan tak jarang dirinya harus mendapat cibiran ketika Angelina Sondakh terjerat kasus tersebut. Ia dinilai gagal sebagai ayah karena tak mampu mendidik sang anak dengan baik.

Meski berhasil meluluskan banyak orang sebagai seorang pendidik di sebuah perguruan tinggi. Lucky Sondakh mengaku sang putri banyak memiliki prestasi yang sudah diraih. Termasuk kata dia, saat Angelina Sondakh memutuskan untuk merintis dunia model hingga mampu menjadi Puteri Indonesia 2001 mewakili Sulawesi Utara.

Tapi ia tetap merasa gagal mendidik sang anak karena dinilai tak mampu memelihara integritas saat terjun ke dunia politik. "Dia tidak memelihara integritasnya. Dia memang sukses banyak hal, tapi dari segi integrity dinilai gagal," kata dia.

Meski mengaku kecewa tapu Lucky mengaku sayangnya seorang ayah terhadap anaknya tak akan pernah hilang dalam keadaan apapun. "Sebetulnya saya kecewa, tapi you're always in my mind, in my eyes, in my heart. Kamu tetaplah anak yang saya kasihi," kata dia.

Lucky Sondakh mengungkapkan meski ada kekecewaan yang dia rasakan, sebagai ayah dia tetap menyayangi dan mengasihi Angelina Sondakh. 10 tahun menanti Angelina Sondakh keluar dari penjara sebentar lagi akan terwujud.

Baca Juga: Satu Indonesia Tertipu, Angelina Sondakh Bebas Pada Tahun Ini, Begini Faktanya

Facebook

Angelina Sondakh bakal bebas di bulan Maret. Namun, mertua Adjie Massaid justru ungkap kekecewaannya. Salah satunya, soal pindah agama.

Dilansir dari channel YouTube Mudji Massaid, Keema Entertainment, Lucky Sondakh mengungkapkan 3 kekecewaannya terhadap Angelina Sondakh.

"Ada 3 kekecewaan, pertama kekecewaan karena nasihat-nasihat politik saya kepada dia, dia tidak gubris. Nasihat saya ke dia itu, 'Angie be careful. Masuk politik itu bukan hanya seperti domba di tengah serigala, tapi domba di tengah-tengah serigala berbulu domba,'" buka Lucky Sondakh dilihat pada Rabu (2/3/2022).

"Kemudian akhirnya dia menghadapi petaka karena kasus Hambalang Wisma Atlet. 'Benar kan Papa bilang? Benar apa salah?' (Angie bilang) 'Iya Pa.' Sebetulnya saya kecewa dengan kamu. Tapi saya nggak bisa untuk memarahi kamu. Kamu tetap adalah anak yang kami kasihi," tuturnya.

Ketika Angelina Sondakh terjerat kasus korupsi, Lucky Sondakh mengaku dapat banyak dicemooh. Sebagai akademisi, Lucky Sondakh disebut gagal mendidik anak sendiri.

"Waktu dia terjerembab sebagai politisi karena kasus korupsi, saya dicemooh kawan-kawan saya, akademisi, rekan-rekan saya di Manado. 'Loh gimana sih katanya akademisi hebat. Katanya guru, katanya pendidik, katanya rektor, katanya dekan. Anda meluluskan orang lain. Orang lain banyak kamu didik, tapi kok anak kamu gagal.' Gagal kenapa karena dia tidak memelihara integritasnya," jelas Lucky Sondakh.

Kekecewaan kedua yang Lucky Sondakh rasakan adalah ketika Angelina Sondakh memilih jadi mualaf. Lucky Sondakh meminta maaf mengungkapkan ini, tapi menegaskan bukan berarti dia membenci.

"Kekecewaan kedua karena dia jadi mualaf. Maaf ya. Tentu orang tua menginginkan anaknya. Jangan disalahkan saya ya, bukan saya benci ya, tapi pahamilah. Saya dongkol dong, dongkol karena kamu ini stabil, orang-orang minta nasihat ke saya, konsultasi ke saya untuk langkah-langkah politiknya, saya memberikan advice-advice moral dalam bidang politik. Kok kamu lebih dengar orang lain serigala berbulu domba. Papa kecewa," ungkapnya.

Baca Juga: Foto Wisuda SD Bikin Terharu, Anak Bungsu Adjie Massaid Cuma Mau Ini Saat Angelina Sondakh Bebas dari Bui

Facebook

Angelina Sondakh bakal bebas di bulan Maret. Namun, mertua Adjie Massaid justru ungkap kekecewaannya. Salah satunya, soal pindah agama.

"Waktu dia jadi mualaf saya dicemooh oleh saudara-saudara saya karena Papa saya pendeta dan saya memimpin gereja 16 tahun dan menjadi tokoh petinggi. Jadi wajar dong kalau mereka marah ke saya," lanjutnya.

Banyak dari saudara-saudara Angelina Sondakh di Manado meminta Lucky Sondakh untuk mengucilkan ibu satu anak itu. Akan tetapi, hal itu tak dilakukan Lucky Sondakh.

"Kekecewaan ketiga saat dia mendapat putusan kurang fair. Saya kira Angie, ya dia bukan dewa.

Terima saja itu sebagai politik. Publik tiga kekecewaan ini membuat saya berpikir apakah saya harus kucilkan Angie atau gimana?" kata Lucky Sondakh.

Mertua mendiang Adjie Massaidlantas mencari jawaban tersebut. Sampai akhirnya dia mendapat jawaban Tuhan saja maha pemaaf. Apalagi ini adalah buah cintanya sendiri.

"Saya berkontemplasi, perenungan yang dalam saya datang ke saudara-saudara saya. Kita saja mengampuni musuh-musuh kita, kenapa kita tak mengampuni anak kita sendiri.

Saya beritahu mereka tidak ada yang bisa memisahkan mereka dari kasih terhadap anak kita. Apa pun yang terjadi dengan dia, dia adalah anak saya yang saya cintai," tandas Lucky Sondakh, ayah Angelina Sondakh.

Baca Juga: Bikin Merinding Umi Pipik, Vanessa Angel Dapat Pesan Ini dari Angelina Sondakh Usai Berjumpa di Dalam Bui

Facebook

Angelina Sondakh bakal bebas di bulan Maret. Namun, mertua Adjie Massaid justru ungkap kekecewaannya. Salah satunya, soal pindah agama.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya